Tips

Tips Mudik Irit, Kantong Aman Hati Senang

Mudik merupakan tradisi yang telah lama ada di di Indonesia.  Kendaraan yang digunakan untuk mudik juga beragam mulai drai kereta, bis, mobil, pesawat terbang hingga motor. Bagi orang perantauan kegiatan mudik merupakan hal yang paling dinanti saat bulan ramadhan. Kota – kota besar menjadi lebih lengang karena ditinggalkan oleh penghuninya. Kemacetan mulai berpindah ke daerah-daerah bahkan tak sedikit menimbulkan kecelakaan. Walau kelihatannya mudik merupakan kegiatan yang sederhana namun jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa menghabiskan banyak waktu, tenaga bahkan uang anda. Untuk menghemat dana mudik yuk terapkan beberapa poin berikut ini !

List Beban Dahulu

Sebelum merencanakan mudik penting bagi anda mempersiapkan daftar beban yang perlu dibayar saat mudik. Beberapa daftar beban tersebut  diantaranya ongkos transportasi, ongkos  konsumsi, ongkos penginapan  jika diperlukan , ongkos kesehatan dan dana darurat. Dana darurat diperlukan untuk jaga-jaga apabila saat mudik terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang memerlukan dana tertentu.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Selanjutnya pesan tiket transportasi untuk mudik jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah tiket habis saat menjelang lebaran. Selain itu  memesan tiket jauh hari juga bis menghemat ongkos transportasi  itu sendiri.  jangan lupa untuk memilih waktu yang tepat agar memperkecil  waktu sibuk dan kemacetan.

Jangan Membawa Banyak Barang

Saat mudik jangan membawa banyak barang jika ingin yaman diperjalanan. Bawalah barang secukupnya saja . Apalagi jika mudik dilakukan dengan mengendarai motor. Beban  yang terlalu banyak di kendaraan bisa memakan banyak tempat dan membuat anda tak nyaman saat berkendara. Perjalanan mudik melalui jalur darat membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang tidak hanya dalam hitungan jam namun juga  hitungan  hari sehingga perlu menyiapkan stamina yang maksimal.

Servis Kendaraan Sebelum Mudik

Tidak lupa untuk melakukan perawatan atau servis untuk kendaraan anda  agar tidak  rusak atau macet saat di perjalanan. Pastikan kendaraan dalam keadaan yang baik dan bisa digunakan untuk menempuh jarak yang jauh. Jangan forsir  kendaraan sepanjang hari, anda perlu mengistirahatkannya sehingga mesin tidak mudah panas dan macet saat dipakai.

Utamakan Transaksi Non Tunai

Kini untuk mendukung cashless banyak merchant yang menyediakan beragam promo cashback atau diskon. Saat  mudik utamakan untuk melakukan transaksi non tunai serta manfaatkan promo kartu kredit anda.

Siapkan Diri Anda

Tidak lupa yang tak kalah penting ialah mempersiapkan kondisi fisik. Jangan paksakan diri jika sudah lelah berkendara. Lebih baik segera menepi untuk beristirahat agar tetap fokus  saat menyetir nantinya. Jangan lupa membawa beberapa obat untuk penanganan pertama saat sakit. Pelajari rute mudik yang efektif agar tidak membuang waktu dan mempersingkat  jarak perjalanan.

Berdoa

Sebelum berangkat berdoa sejenak agar perjalanan anda pulang ke kampung halaman lancar dan aman. Selalu beri kabar dengan keluarga agar orang terkasih tidak cemas  dan berfikiran macam-macam. Tidak lupa untuk membawa oleh-oleh sesuai kemampuan anda untuk orang tersayang di rumah.

Jangan lupa membawa uang receh untuk angpao saat lebaran tiba. Anda bisa menukarkan uang receh di jalan pantura yang mana mobil keliling BI biasa berhenti dan menyediakan layanan penukaran uang.  Sisihkan beberapa uang THR untuk dana tabungan agar setelah lebaran kantong tak kosong. Saat mudik berhati-hati pula pada orang asing sebab marak terjadi kasus hipnotis dan penipuan. Nah, kini persiapan anda sudah siap, yuk segera berangkat mudik!

 

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top