Tips

Tips Promosikan Diri di Dunia Kerja untuk Anda yang Introvert

promosi-diri-dunia-kerja-introvert

Dunia kerja yang semakin berkembang menuntut para pencari kerja untuk selalu berusaha keras meningkatkan skill dan potensinya. Mungkin bagi banyak orang yang sudah terbiasa dengan dunia luar yang penuh tantangan maka situasi ini tidak menjadi masalah. Tapi bagi seorang introvert maka dunia luar yang penuh tantangan bukanlah urusan biasa. Seorang introvert yang terbiasa hidup sendirian maka keadaan yang memaksanya untuk berinteraksi dengan banyak orang membuatnya tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, Anda yang memang bertipe seorang introvert bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk bisa mempromosikan diri dalam dunia kerja agar Anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang diimpikan.

  1. Kenali dan Menerima Diri Sendiri

Tips pertama mempromosikan diri di dunia kerja untuk Anda yang introvert adalah dengan mengenali serta menerima keadaan pada diri sendiri. Mengelak dengan melawan karakter diri memang bukan hal yang baik untuk diri sendiri. Pasalnya, Anda nantinya akan mendapati kesulitan yang besar bila Anda berpura-pura dengan tidak menampilkan diri Anda yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan Anda akan merasa tidak nyaman dengan apa yang Anda lakukan ketika berpura-pura menjadi orang lain. Maka dari itu langkah terbaik untuk mempromosikan diri di dunia kerja adalah dengan berdamai dengan diri sendiri dengan menerima kenyataan diri sebagai seorang introvert. Anda harus percaya diri dengan diri Anda sendiri yang introvert sebagai karakter yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Anda juga harus ingat bahwa tidak semau perusahaan mencari orang ekstrovert. Dengan perkembangan dunia yang semakin pesat, maka tak sedikit pula saat ini perusahaan yang mengandalkan orang introvert untuk memaksimalkan bisnisnya.

  1. Jangan Minder, Kenali Kekuatan Anda

Kebanyakan orang introvert yang dijumpai sering minder atau tidak percaya pada dirinya sendiri. Padahal bila mereka mendalami dirinya, maka sebenarnya ada kelebihan dan kekuatan yang ada pada diri mereka. Keunggulan dalam diri inilah yang sering tidak dipahami oleh mereka orang-orang introvert. Kekuatan dan kelebihan yang ada pada orang introvert ini adalah kemampuannya untuk melakukan analisis dan berpikir. Dengan kejeliannya untuk meneliti masalah secara detail maka orang introvert biasanya akan mampu menghasilkan analisis masalah yang akurat. Meski mereka jarang bicara tapi sekali berbicara mereka kana menyampaikan sesuatu yang tidak asal ucap. Mereka bicara berdasarkan data dan juga hasil analisis yang penuh pertimbangan. Dari kemampuan inilah maka saat ini tidak sedikit perusahaan yang merekrut orang-orang introvert untuk bekerja.

  1. Cari Posisi Pekerjaan yang Cocok

Orang introvert yang memiliki karakter tersendiri memang membuat tidak semua pekerjaan bisa optimal dikerjakannya. Meski demikian bukan berarti orang introvert tidak memiliki kesempatan mendapatkan pekerjaan. Sebab, ada beberapa bidang pekerjaan yang tepat bila kemudian diberikan pada orang introvert. Beberapa bidang pekerjaan yang tepat diambil oleh orang introvert yaitu analis, tim peneliti, surveyor dan lainnya. Tapi di luar pekerjaan tersebut, seorang introvert juga bisa melamar. Ini karena selama ini jarang didapati pekerjaan yang memberikan kualifikasi atau persyaratan yang melarang orang introvert untuk melamar pekerjaan. Tapi memang pekerjaan-pekerjaan tertentu yang disebutkan tadi yang memang lebih cocok dan optimal untuk diambil oleh para introvert.

  1. Keluar dari Zona Nyaman

Terakhir, tips bagi seorang introvert mempromosikan diri di dunia kerja adalah keluar dari zona nyaman. Seorang introvert yang sulit untuk berinteraksi dengan orang lain memang tidak boleh terus-menerus menjaga sifatnya. Tuntutan zaman yang terus berkembang, memang membuat siapa pun termasuk orang introvert perlu terus meng-upgrade diri. Untuk melakukan upgrade diri, orang introvert ini memang harus keluar dari zona nyaman. Zona nyaman sendiri merupakan area di mana seseorang merasakan kenyamanan pada apa-apa yang mereka miliki, termasuk pada sifat dan karakternya. Nah sifat dan karakter orang introvert yang cenderung nyaman sendirian harus perlahan-lahan Anda ubah. Dengan mengubah karakter diri maka itu artinya Anda harus bersiap keluar dari zona nyaman yang selama ini mungkin Anda selalu pertahankan.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan seorang introvert untuk mempromosikan diri di dunia kerja. Dengan menerapkan beberapa cara tadi maka Anda yang seorang introvert akan memiliki jalan untuk bisa menemukan pekerjaan dan karir yang mumpuni.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top