StartUp dan UKM

Tips Sukses Mengelola Bisnis Ukm Yang Kamu Jalankan

Keberhasilan seorang pebisnis UKM ditentukan oleh cara ia mengelola sebuah bisnis yang dijalaninya. Mengelola sebuah bisnis UKM adalah tanggung jawab penuh dari  seorang pebisnis itu sendiri. Terkadang kesalahan mengelola bisnis akan menyebabkan bisnis tersebut  tidak berkembang dengan baik. Resiko kerugian besar juga akan muncul jika cara pengelolaan bisnis UKM tidak berjalan.

Terkait dengan hal tersebut, seorang pebisnis harus mempunyai strategi penuh dalam mengelola bisnis agar keberhasilan dapat mudah diraih. Strategi bisnis juga menjadikan para pebisnis dapat mengurangi resiko buruk yang akan dialaminya saat membuka peluang usaha. Pasalnya sebuah peluang usaha akan lebih cepat berhasil jika ia menggunakan strategi berbisnis dibanding ia tidak menggunakan strategi sama sekali. Nah oleh karena itu jika anda memiliki bisnis UKM, anda wajib melakukan beberapa strategi di bawah ini agar bisnis yang anda kembangkan dapat berkembang pesat:

Perencanaan Program Kerja

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya pebisnis memiliki perencanaan program kerja. Perencanaan program kerja ini sangat penting dilakukan oleh para pebisnis UKM. Pasalnya perencanaan program kerja ini bertujuan untuk mengatur semua aktivitas usaha. Nah dengan begitu, Bisnis anda dapat berjalan dengan lancar dan terarah.

Perencanaan program kerja ini dapat anda dipersiapkan dengan matang dan sebaik mungkin. Anda dapat menentukan biaya yang diperlukan dalam kegiatan usaha. Di samping itu, dalam perencanaan program kerja anda dapat merancang tujuan usaha dan  kegiatan operasional setiap tahunnya. Hal yang paling terpenting dalam menyusun perencanaan program kerja adalah anda dapat mempersiapkan beberapa keperluan dalam mempersiapkan bisnis yang anda bangun.

Menyusun Laporan Keuangan

Mengelola keuangan adalah pokok penting dalam berbisnis. Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, para pebisnis harus dapat mengelola keuangan dengan baik. Jika perlu dalam menyusun laporan keuangan, pebisnis harus mempunyai buku khusus untuk arsip pembukuan keuangan. Pebisnis juga harus mampu membedakan dana untuk balik modal dan dana keuntungan sendiri.

Agar lebih mudahnya, pelajarilah semua cara merancang rencana anggaran biaya. Setelah itu, aturlah keuangan dengan rinci dan teratur. Di dalam buku keuangan, tuliskanlah semua laporan keuangan seperti modal awal, modal selanjutnya, biaya operasional, laba, dan dana cadangan. Dengan cara ini, anda dapat memantau perkembangan keuangan setiap tahunnya.

Sistem Managemen Pemasaran Yang Tepat Dan Strategis

Dalam membuka bisnis UKM, strategi pemasaran juga sangat penting diperhatikan, sebab strategi pemasaran dapat menentukan berhasil tidaknya suatu usaha. Dalam mengatur pemasaran produk, anda harus merancang waktu, tempat, biaya, dan target pemasaran.

Dalam pemasaran produk, anda dapat memanfaatkan teknologi digital. Teknologi digital ini sangat strategis digunakan untuk memasarkan produk. Manfaatkanlah smartphone anda untuk memasarkan produk. Anda dapat memasarkannya melalui akun instagram. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen.

Memantau Kualitas Produk Yang Dijual

Poin terakhir yang dapat anda perhatikan dalam mengelola bisnis UKM adalah memantau kualitas produk yang anda jual. Hal ini dapat menghindari resiko terjadi kerusakan produk. Sebab kerusakan produk sendiri, akan menyebabkan kerugian.

Dalam memantau kualitas produk, sebaiknya anda mementingkan kepuasan pelanggan. Jangan sampai ada produk yang rusak sedikitpun. Saat anda mengemas produk, perhatikan dengan teliti produk yang anda jual. jika terdapat sedikit kerusakan produk yang dijual ke pelanggan, maka akan membuat pelanggan kecewa.

Nah, itulah beberapa tips sukses mengelola bisnis UKM yang dapat anda coba. Saat menjalankan bisnis UKM, selalu pikirkan strategi yang tepat dalam mengembangkannya. Selalu tekuni bisnis yang anda jalankan dan jangan menyerah jika anda banyak rintangan yang menghadang dalam mengelola sebuah bisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top