Tips

Tips Sukses Jalankan Usaha Co-Working Space, Coba Yuk!

sukses-usaha-coworking-space

Seiring besarnya permintaan masyarakat yang membutuhkan ruang bekerja nyaman, agar memiliki kesempatan untuk mengembangkan jaringannya. Maka, bisnis co-working space atau ruang kerja bersama muncul sebagai salah satu solusi yang tepat bagi para pekerja Indonesia. Bisnis co-working space, sedang marak digunakan oleh para pekerja lepas atau freelancer dan para pebisnis rintisan atau start up. Dengan adanya co working space, para pekerja pun dapat bekerja dengan nyaman dan mereka bisa memiliki kesempatan untuk melakukan kerja sama dengan pekerja yang lain.

Tidak hanya itu saja, akibat kondisi perkotaan yang kian padat dan sangat sulit menemukan lahan baru untuk digunakan sebagai kantor tentu hal ini menyebabkan co working space kian dilirik. Melihat keuntungan co working space, apakah Anda memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis co working space juga? Jika iya, yuk simak tips sukses mengembangkan bisnis co working space berikut ini.

  1. Tentukan Lokasi yang Tepat

Tips pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuka bisnis co working space adalah merencanakan atau menentukan lokasi yang tepat secara matang. Hal ini dikarenakan, penentuan lokasi yang tepat tentu akan mendukung aktivitas bisnis Anda untuk lebih berkembang. Biasanya, lokasi co working space yang memiliki prospek cerah adalah lokasi yang berdekatan dengan lokasi bisnis. Sebab, dekatnya lokasi usaha yang memiliki banyak bisnis akan memudahkan para pekerja yang ada di dalam co working space untuk melakukan meeting atau pertemuan. Selain itu, tempatkan juga lokasi usaha Anda dekat jantung kota agar lebih mudah diakses oleh banyak orang.

  1. Ketahui Target Pasar dan Pahami Teknik Promosinya

Setelah menentukan lokasi yang tepat, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengetahui target pasar yang dibidik. Pada umumnya, pasar yang akan menggunakan co working space adalah para pekerja lepas atau freelance dan pebisnis start up. Hal ini, berarti merekalah yang akan menjadi target pasar Anda. Setelah Anda mengetahui target pasar yang dibidik, maka Anda harus memahami cara promosi yang baik dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan para pengguna. Jika Anda tidak memahami cara promosi yang baik dan memahami bagaimana cara memenuhi kebutuhan para pengguna, tentu Anda akan kesulitan untuk melakukan promosi karena Anda tidak tahu siapa yang harus mengenal usaha Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui target pasar agar promosi usaha yang Anda jalankan tidak gagal total.

  1. Memahami Kebutuhan Para Member

Berikutnya, tips sukses mengembangkan bisnis co working space yang harus Anda perhatikan adalah memahami apa saja kebutuhan para member. Sebenarnya, cara mengidentifikasi kebutuhan para member cukup mudah untuk diterapkan. Carayang pertama, Anda harus memahami rentan usia yang menjadi pengguna co working space. Selanjutnya, Anda harus memahami apa pekerjaan mereka. Umumnya, para pekerja co working space adalah angkatan kerja baru yang masuk kedalam generasi milenial. Karena usia mereka relatif masih muda, maka hal ini membuat mereka membutuhkan tempat yang bukan hanya menjadi ruang untuk bekerja saja tetapi lebih dari itu. Melirik kebutuhan para pengguna co working space tersebut, maka buatlah ruangan kerja dengan dekorasi menarik dan nyaman. Di sini, Anda juga bisa menyediakan tempat bar sebagai tempat untuk mengobrol sambil minum kopi atau makan snack yang lezat. Jika dilihat dari segi pekerjaan, biasanya para pekerja freelance akan membutuhkan tempat untuk melakukan beberapa pertemuan dengan klien. Maka dari itu, Anda bisa menyediakan sofa yang nyaman agar mereka bisa menjamu klien-kliennya dengan baik.

  1. Fasilitas dan Penataan Ruangan

Tips sukses mengembangkan bisnis co working space selanjutnya yaitu menyediakan fasilitas dan penataan ruangan. Sebaiknya, fasilitas didalam suatu co working tidak hanya tersedia internet yang kencang saja. Tetapi, Anda juga harus menyediakan perabotan yang mendukung aktivitas kerja seperti meja dan kursi yang nyaman agar bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama. Tidak hanya itu, lengkapi juga fasilitas co working space dengan loker untuk digunakan para member sebagai tempat menyimpan barang-barang saat bekerja ditempat Anda. Selain fasilitas, tentu saja penataan ruangan harus Anda perhatikan. Dimana Anda harus membuat sebuah ruangan yang mempu mendatangkan suasana privat, karena sebagian member pasti akan membutuhkan ruangan yang lebih privasi untuk mereka bekerja seperti membuat ruangan yang nyaman dan tenang serta tidak memiliki gangguan diluar.

  1. Harga yang Kompetitif dan Menguntungkan

Terakhir, Anda harus menyediakan harga yang kompetitif dan menguntungkan. Para pelaku start up atau freelancer biasanya masih berada dalam tahap rintisan dan belum menghasilkan banyak pendapatan. Oleh karena itu, sebagai pemiliki co working Anda bisa memberi harga yang lebih murah namun bisa saling menguntungkan. Dengan demikian, bisnis co working Anda akan mejadi pilihan para start up dan freelancer.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top