Lainnya

Tips & Trik Mengatur Waktu Antara Kerja Dan Rumah Tangga

Waktu adalah uang merupakan perumpamaan lama yang sering muncul disalah satu scene film atau perbincangan sehari – hari. Waktu sangatlah mahal bahkan tak ternilai harganya jika diukur dengan skala uang. Salah satu dari anda mungkin juga merasakan mahalnya waktu ini dalam beraktivitas sehari – hari khususnya bagi anda ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan. Kebutuhan sehari – hari yang perlu dipenuhi membuat wanita juga banyak yang bekerja. Beban yang dipikulpun juga terasa dua kali lipat beratnya.

Jikalau tak pintar membagi waktu antara keduanya maka tak heran jika salah satunya akan menemui kegagalan di masa depan. Disinilah seorang wanita karir yang juga sudah berumah tangga wajib memiliki trik dan tips untuk mampu memanagemen waktu yang dimilikinya. Untuk itu berikut tips dan trik yang bisa anda terapkan agar kedua hal yang berharga bagi anda ini mampu berjalan beriringan serta mampu menginspirasi yang lainnya.

Amankan Jadwalmu

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk memanajemen waktu anda antara bekerja dan keluarga ialah mengenali jadwal kegiatan. Tentu dalam aktivitas sehari – hari terdapat kegiatan yang amatlah penting dan tidak penting. Tulis jadwal kegiatanmu dan pilah mana yang sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda.

Hiraukan Skala Prioritas

Jangan lupakan skala prioritas dalam memilih agenda penting dan tidak. Jangan takut pula untuk menolak tawaran kegiatan yang memang tidak bisa anda hadiri. Teman atau kerabat anda pasti memahami alasan yang anda kemukakan jika memang tawaran yang diajuka kepada anda disampaikan secara mendadak.

Setting Waktumu

Ada baiknya juga untuk mensetting waktu anda misalnya saja anda menetapkan waktu 10-20 menit untuk membersihkan rumah. Mengorganisir waktu dengan mensetting akan membuat kegiatan anda tidak saling tumpang tindih dan lebih teratur.  Gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin serta belajarlah untuk multi tasking. Melakukan dua pekerjaan secara bersamaan akan memberikan waktu yang lebih untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Gunakan Teknologi dan Lakukan Persiapan

Kecanggihan teknologi juga dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya dalam hal belanja bisa dilakukan secara online. Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu pekerjaan anda. tidak lupa untuk melakukan persiapan untuk kegiatan yang sulit seperti misalnya menyiapkan sarapan untuk keluarga anda. rancanglah menu makanan sebelumnya sehingga anda tidak membuang waktu untuk menentukn menu sarapan anda serta dalam mencari bahan makanan.

Gunakan Jasa Orang Lain

Jika memang anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian atau membersihkan rumah maka gunakanlah jasa orang lain. Manfaatkan laundry maupun asisten rumah tangga. Anda bahkan bisa menyewa jasa cleaning untuk sehari dengan menggunakan aplikasi tertentu. Tak ada salahnya juga meminta bantuan suami jika sekiranya ia tidak sedang sibuk. Rumah tangga itu dibangun atas kepentingan dua pihak bukan salah satunya.

Sisihkan Waktu Untuk Berisitirahat

Biarpun kegiatan anda sangatlah padat namun jangan lupa untuk menyisihkan waktu demi istirahat. Kondisi yang prima mampu membantu menyelesaikan pekerjaan anda lebih cepat. Sesekali anda juga butuh olahraga bahkan berlibur bersama keluarga sehingga pikiran anda menjadi segar. Dikala sakit gunakan waktu anda sebaik mungkin untuk memulihkan diri dan jangan egois menggunakannya untuk bekerja.  Ada beberapa hal yang tidak bisa anda beli dengan uang yang anda hasilkan seperti kesehatan.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: