Bisnis Online

Toko Online Anda Mulai Sepi? Jangan Panik Dulu, Lakukan 5 Cara Ini untuk Menarik Pembeli

toko-online-sepi

Dalam bisnis, konsumen yang datang dan membeli memang tidak bisa diprediksi. Dari sinilah kemudian seorang pebisnis online harus siap dengan kondisi ramai dan sepinya toko. Namun memang bila toko online terus-menerus sepi maka hal ini tentu sebuah masalah yang tak bisa didiamkan begitu saja. Ketika mendapati toko online yang terus-menerus sepi maka Anda memang harus segera bergerak mengatasinya. Sebab bila Anda membiarkannya terus-menerus maka hal ini bisa membuat bisnis Anda mati dan tak bisa bengkit lagi. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi toko online yang sepi serta menarik pembeli datang lagi.

  1. Gunakan Strategi SEO

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat toko online yang sepi menjadi ramai kembali adalah dengan menerapkan strategi SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah metode Anda untuk meraih trafik yang besar dengan cara mengoptimalkan mesin pencarian (search engine). Begitu besarnya pencarian yang dilakukan publik dengan mesin pencarian seperti Google, membuat strategi SEO ini memang manjur untuk membuat toko online kembali ramai. Untuk bisa menerapkan strategi SEO sendiri Anda harus bisa melakukan riset keyword, membuat konten berdasarkan keyword dan lainnya. Tapi tenang bila Anda binggung dan kesulitan untuk melakukannya maka Anda bisa menggunakan jasa pihak yang menawarkan optimasi SEO.

  1. Menggunakan Bantuan Influencer

Berikutnya, cara untuk mengatasi toko online yang sepi adalah dengan menggunakan bantuan influencer. Influencer atau orang-orang yang memiliki pengaruh dan mengajak orang memang akan sangat jitu untuk membuat toko online Anda yang sepi jadi ramai kembali. Beberapa influencer yang bisa Anda jadikan senjata untuk meramaikan kembali toko online ini adalah seperti artis, selebgram atau orang-orang yang ahli/pakar dalam bidang produk bisnis Anda. Dengan popularitas dan juga keahlian yang dimiliki maka orang-orang influencer ini memang akan mampu menarik banyak orang untuk datang ke toko online dan membeli produk bisnis Anda. Namun untuk menjalankan cara ini Anda harus mempersiapkan dana. Karena untuk mendatangkan para influencer ini dibutuhkan dana untuk membayarnya.

  1. Perbaiki Tampilan Toko Online

Penampilan toko online memang memiiki pengaruh yang sangat besar untuk bisa menarik konsumen. Bila toko online-mu memiliki tampilan yang tidak rapi dan tidak teratur maka visitor atau pengunjung yang merupakan calon pembeli akan malas berada lama-lama di toko online-mu. Maka dari itu untuk bisa membuat toko online Anda ramai pengunjung (visitor), maka Anda harus merombak ulang dan melakukan perbaikan tampilan toko online. Anda tak perlu membuat tampilan yang wah, tapi asal tampilan toko online rapi dan teratur serta mudah digunakan, maka itu sudah lebih dari cukup untuk bisa membuat toko online Anda kembali ramai.

  1. Target Hashtag yang Tepat

Tak jarang sepinya pembeli yang datang ke toko online Anda dikarenakan mereka tidak menemukan Anda di pencarian yang mereka lakukan dengan hashtag. Kode atau tagar hashtag memang telah menjadi sesuatu yang dipilih seseorang untuk mencari pencarian terutama di media sosial. Dengan mencantumkan kode hastag ini maka mereka akan langsung bisa mendapatkan apa yang mereka cari. Nah untuk itulah Anda yang ingin membuat toko online maka pastikan Anda membuat hashtag yang tepat dan juga sesuai dengan apa yang dicari orang.

  1. Berikan Promo

Terakhir, cara untuk bisa menarik pembeli supaya membuat toko online kembali ramai adalah dengan menggelar promo. Konsumen memang sangat senang dengan yang namanya promo. Saat ada promo maka publik pastinya akan tertarik dan akan mengunjungi toko online Anda untuk membeli. Tapi karena strategi ini sifatnya sementara karena tidak mungkin Anda setiap hari menggelar promo, maka Anda harus memikirkan jangka panjang setelah masa promo berakhir. Jadi cobalah menyusun strategi bagaimana pengunjung yang telah datang pada masa promo ke toko online Anda tetap terus membeli dari Anda. Mungkin Anda telah menerapkan beberapa strategi saat mereka berkunjung seperti merapihkan toko online. Cara ini juga bisa jadi pilihan karena pada akhirnya saat mereka berkunjung untuk mendapatkan promo dan ternyata melihat toko online Anda sudah rapi, maka mereka akan terus berkunjung dan membeli ke toko online Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top