Tips

Toko Online Pribadi VS Marketplace, Lebih Untung Yang Mana?

Toko Online Pribadi VS Marketplace, Lebih Untung Yang Mana?- Teknologi yang semakin maju membuat dunia bisnis juga mengalami perubahan. Transaksi bisnis kini kian mudah dan cepat bahkan tanpa harus bertatap muka. Bisnis yang berhubungan dengan internet sering disebut dengan e-commerce yang mana mulai menarik perhatian publik sejak 2011. Hal ini juga ditunjukkan dari hasil survey yang diselenggarakan di Amerika Serikat bahwa penjualan dari e-commerce mampu mencapai $200 miliar hanya pada tahun tersebut. dengan ini membuktikan bahwa bisnis e-commerce tidak bisa dipandang sebelah mata terlebih perdagangan online melalui marketplace dan toko online.

Bagi anda yang masih bingung membedakan antara marketplace dan toko online maka simak ulasan berikut ini:

Marketplace

Marketplace sebenarnya memiliki tujuan yang sama seperti toko online yakni berdagang dengan menggunakan internet sebagai fasilitator. Di marketplace akan ada banyak penjual dalam satu situs yang menawarkan barang ke pada netizen.  Pihak penyedia marketplace hanya bertugas sebga pengawas dan fasilitator antara penjual dan pembeli yang bertransaksi di marketplace tersebut. beberapa marketplace yang anda kenali diantaranya ialah buka lapak, tokopedia, olx dan lain sebagainya.

Kelebihan menggunakan marketplace untuk bertransaksi dari sisi pembeli ialah terjaminnya ganti rugi atas barang yang diperjual belikan jika kondisi barang tidak sesuai maupun terjadi kesalahan pengiriman. Berdagang di marketplace memang memiliki banyak pesaing namun anda tak perlu repot berpromosi di media sosial. Webnya juga terjamin keren dan anda tak perlu membayar programer untuk membuat tampilan toko anda menarik. Anda cukup menyisihkan beberapa keuntungan anda untuk membayar biaya pengiriman serta marketplace yang anda gunakan.

Marketplace kini tidak hanya berfokus pada perdagangan barang saja namun juga jasa. Salah satu marketplaca dalam bidang jasa ialah Sribulancer yang mewadahi freelancer dari berbagai bidang mulai content writer, entry data hingga web design.

Toko Online

Toko online lebih cenderung bersifat individual shop yang mana hanya anda saja yang berdagang di website tersebut. toko online juga bisa dianalogikan dengan toko ritel yang mana penjual menjual secara grosir kemudian diperjualbelikan kembali. Pesaingnya juga sedikit dan anda lebih leluasa dalam berdagang online di toko online anda.

Anda juga perlu merekrut jasa programer untuk membangun situs toko online anda. Anda perlu memberikan gambaran bagaimana sebaiknya tampilan toko online yang anda pakai dan konten didalamnya.  Menggunakan toko online tentu perlu memperhatikan SEO sebagai faktor promosi toko online anda. Tak jarang toko online tersebut juga memiliki blog dengan artikel yang memuat konten ber SEO untuk meningkatkan rating toko online yang dimiliki.

Meskipun begitu kedua situs tersebut untuk mendapatkan kepercayaan konsumen perlu menjaga reputasi mereka di dunia maya. Reputasi memiliki nilai yang tak terhingga harganya sebab reputasi merupakan cerminan usaha anda. Selain reputasi anda perlu menjaga kualitas barang yang anda dagangkan, gunakan pula gambar yang jelas dan apik  untuk toko online maupun marketplace. Berikan deskripsi yang lengkap atas barang yang anda jual agar konsumen tidak kecewa bila tak sesuai harapan mereka.

Layani konsumen anda sepenuh hati dengan cara selalu responsif atas saran maupun kritik yang diberikan. Jangan lupa cantumkan contact person yang bisa dihubungi agar calon pembeli bisa lebih leluasa dalam berkomunikasi dengan anda terkait barang  maupun jasa yang  ditawarkan. Bagaimana anda lebih tertarik untuk berbisnis menggunakan marketplace atau hanya memakai toko online?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: