Keuangan

Trik Jitu Mengatur Gaji Dibawah 3 Juta

Trik Jitu Mengatur Gaji Dibawah 3 Juta – Anda sering kehabisan uang pada pertengahan bulan atau bahkan sebelum akhir bulan hingga anda merasa gaji anda terlalu sedikit? Gaji dibawah 3 juta tidak bisa memenuhi semua kebutuhan anda? Sebetulnya masalah bukan terletak pada jumlah gaji yang anda terima namun kemampuan anda dalam mengelola gaji. Berapapun gaji anda, jika anda pintar mengelola anggaran yang anda miliki tentu anda bisa menghindari berbagai masalah keuangan di akhir bulan.

Berikut ini kami berikan trik jitu untuk mengatur gaji dibawah 3 juta. Jika anda memiliki gaji diatas 3 juta, anda tetap bisa memanfaatkan trik ini untuk mengatur gaji anda.

  • Rencanakan Anggaran Bulanan

presupuesto

Anda harus membuat rencana anggaran setelah anda menerima gaji tiap bulan. Rencana anggaran akan membantu anda dalam memetakan pengeluaran anda. Anda dapat memperkirakan uang yang akan anda keluarkan dalam satu bulan dengan menggunakan rencana anggaran. Anda dapat mencantumkan anggaran anda untuk biaya makan, biaya transportasi, komunikasi, belanja bulanan, hobi dan berbagai kebutuhan atau tagihan anda dengan meninjau pengeluaran anda beberapa bulan terakhir.

  • Lunasi Cicilan

ilustrasi-properti-rumah-140531-andri

Awal bulan setelah mendapat gaji, sebaiknya anda segera melunasi berbagai cicilan dan tagihan yang anda miliki seperti tagihan listrik dan air, telepon dan berbagai tanggungan kredit yang anda miliki. Hal ini penting dilakukan, dengan melunasi berbagai cicilan tersebut anda akan lebih tenang dan bisa mengatur sisa gaji untuk berbagai kebutuhan lainnya.

  • Buat Laporan Keuangan Harian

1353464-akuntansi-dan-keuangan-menghitung-dengan-kalkulator-fakultas-ekonomi-620x310

Anda perlu mencatat keuangan anda tiap hari, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran dengan begitu anda bisa mengontrol pengeluaran anda. Catatan tersebut dapat berisi jenis pengeluaran, tanggal dan nominalnya. Ketika tiba-tiba uang didompet anda menipis anda sudah memiliki data yang berisi riwayat pengeluaran anda, selanjutnya anda bisa mengerem pengeluaran sehingga keuangannya anda tetap terkontrol. Catatan ini juga bisa anda gunakan untuk membuat rencana anggaran bulan depan.

  • Sisihkan Sebagian Gaji Untuk Tabungan

ilustrasi-menabung-reksadana-tabungan-koin_20160120_101146

Disamping membuat rencana anggaran untuk berbagai kebutuhan, anda juga harus menyisihkan gaji untuk tabungan. Tabungan tentu akan sangat berguna bagi masa depan anda. Anda juga dapat memanfaatkan tabungan jika anda memiliki keperluan mendadak. Menyisihkan gaji untuk tabungan bisa anda lakukan diawal bulan saat gaji baru cair atau diakhir bulan dengan uang yang masih tersisa. Jika anda menyisihkan gaji diawal bulan anda dapat menekan berbagai pengeluaran yang tidak terlalu penting karena sebagian uang anda telah anda gunakan untuk menabung. Sebaliknya, jika menyisihkan gaji diakhir bulan, anda akan memiliki lebih banyak uang untuk berbagai kebutuhan namun uang yang tersisa untuk tabungan mungkin hanya sedikit.

  • Buat Beberapa Rekening Bank

1400228167

Buatlah minimal dua rekening bank. Rekening yang pertama bisa anda gunakan untuk transaksi sehari-hari seperti menerima gaji, membayar berbagai tagihan atau membeli berbagai kebutuhan yang diperlukan sementara rekening kedua dapat anda gunakan khusus untuk menabung. Memisahkan dua rekening yang berbeda membuat tabungan anda tetap utuh dan tidak terusik dengan berbagai kebutuhan anda. Anda tidak perlu membuat ATM dari rekening yang anda gunakan untuk menabung sehingga tabungan anda benar-benar tidak akan tersentuh kecuali untuk hal yang sangat mendesak dan penting.

  • Hindari Belanja Berlebihan dan Kredit Barang

292260_ilustrasi-kredit-mobil-_663_382

Hal yang paling penting agar anda tidak kehabisan uang diakhir bulan adalah menghindari belanja yang berlebihan. Anda juga harus menghindari kredit barang.

Kredit akan terasa ringan diawal namun anda harus membayarnya setiap bulan sehingga akan menambah pengeluaran anda dibulan berikutnya. Hindari cicilan barang yang tidak begitu anda perlukan. Jangan mudah tergiur dengan tawaran cicilan ringan atau hadiah tertentu.

Jika anda harus mengambil kredit, pastikan barang tersebut benar-benar anda butuhkan dengan bunga yang rendah tentunya. Begitu pula jika anda memiliki kartu kredit, gunakan kartu kredit dengan bijak.

  • Bandingkan Pengeluaran dengan Rencana Anggaran

pasak-1

Pada pertengahan bulan atau akhir bulan anda dapat membandingkan antara rencana anggaran dan pengeluaran yang tercatat pada catatan keuangan harian anda. Jika pengeluaran melebihi rencana anggaran anda dapat merevisi rencana anggaran pada bulan depan. Anda juga dapat mengontrol pengeluaran anda selanjutnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: