Tips

Trik Lolos Wawancara Online Yang Wajib Anda Ketahui Wahai Para Fresh Graduate

Saat ini dengan adanya perkembangan era teknologi globalisasi yang sangat pesat, banyak para perusahaan memilih menggunakan sistem seleksi pekerja dengan cara wawancara online. Wawancara online ini bertujuan untuk memudahkan para pelamar pekerjaan yang bertempat tinggal jauh dari lokasi.

Wawancara online ini cakupannya lebih luas dibanding dengan wawancara biasa. Sebab dalam wawancara online semua orang dari berbagai daerah dapat bergabung dan mendaftar melalui jaringan yang disediakan perusahaan. Biasanya wawancara online ini menggunakan media skype. Nah jika anda adalah fresh graduate dan akan melakukan wawancara online, ada baiknya anda menyimak trik lolos wawancara online dibawah ini:

Percaya diri

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan saat menjalani wawancara online adalah menyiapkan mental dan percaya diri. Persiapkan mental anda sebaik mungkin dan jangan sampai anda grogi saat wawancara sudah dimulai. Jika perlu anda dapat melakukan latihan berbicara didepan cermin sesering mungkin untuk memudahkan anda agar tidak grogi saat wawancara berlangsung.

Yakinlah pada diri anda sendiri bahwa anda layak lolos dalam test wawancara kerja. Jangan pesimis dan tetap berlatih berbicara di depan umum agar nantinya anda tidak mudah grogi.

Menguasai materi

Sebelum wawancara berlangsung, ada baiknya anda mempelajari materi dan hal-hal yang menjadi prediksi yang akan ditanyakan dalam wawancara. Saat wawancara, jangan pernah menunjukkan titik kelemahan anda. Tunjukkan bahwa anda memiliki sifat positif dan layak untuk diterima di perusahaan tersebut.

Penguasaan materi dan cara penyampaian yang baik akan menjadi pertimbangan bahwa anda lolos dalam seleksi wawancara online. Jadi, persiapkan diri anda sematang-matangnya. Jangan sampai kegagalan muncul karena sebuah kesalahan kecil.

Periksa koneksi dan tempat untuk wawancara

Karena sistem wawancara ini bersifat online, salah satu hal pokok yang harus dipersiapkan adalah koneksi internet. Jaringan internet yang tidak stabil akan membuat anda merasa tidak nyaman saat melakukan wawancara. Hal ini juga akan mengganggu sistem teknis komunikasi antara pelamar pekerja dan orang yang mewawancarai.

Untuk itu, sebelum anda melakukan wawancara, pastikan koneksi internet anda stabil dan lancar. Di samping itu, siapkan juga tempat yang paling nyaman untuk melakukan wawancara online. Tempat yang nyaman dan kondusif juga memberikan kesan profesional dalam melakukan wawancara online.

Menjaga gestur tubuh

Mengapa gestur harus diperhatikan? Sebab, saat melakukan wawancara online penyesuaian gerak tubuh dan ketepatan berbicara sangat diamati oleh pewawancara. Jadi, anda harus memasang gestur tubuh sebaik mungkin saat berhadapan dengan pewawancara. Ketepatan berbicara juga harus diperhatikan untuk meyakinkan pewawancara bahwa anda layak untuk lolos.

Saat melakukan wawancara, tetaplah memasang wajah ramah dan selalu tersenyum disela-sela pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Hal ini membuktikan bahwa anda adalah calon pekerja yang  mempunyai kepribadian yang ramah dan santun.

Berpakaian sopan

Trik terakhir yang harus anda perhatikan adalah cara berpakaian. Cara berpakaian sangat penting diperhatikan dalam kegiatan berwawancara. Hal pertama yang dilihat pewawancara biasanya adalah penampilan. Nah, cara berpakaian yang baik juga menunjukkan kharakteristik pemakainya. Jadi, sebaik mungkin anda harus mempersiapkan pakaian yang resmi dan sopan. Yakinkan bahwa anda memiliki kepribadian positif lewat pakaian yang anda kenakan.

5 trik ini dapat anda terapkan saat anda melakukan test wawancara online. menjadi seorang fresh graduate juga harus mempertimbangkan pekerjaan yang akan dipilih. Jadi, sebelum terjun dalam dunia kerja anda harus mempersiapkan semua matang-matang. Jangan sampai kesalahan kecil membuyarkan semua impian anda! tetap optimis dan yakin bahwa anda layak untuk lolos test.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top