Keuangan

Uang Hasil Bisnis Bisa Lenyap Karena Lakukan 5 Kesalahan Ini, Waspadai!

kesalahan-pengaturan-uang

Bagi pebisnis dan pengusaha, uang perusahaan merupakan salah satu hal yang harus selalu diperhatikan dengan seksama. Ini karena dari uang inilah perusahaan bisa berjalan dan terus eksis. Tapi bila uang perusahaan ini bermasalah maka Anda akan ada banyak hal sulit yang menerpa bisnis Anda. Begitu pentingnya masalah keuangan perusahaan ini bahkan kemudian muncul divisi keuangan tersendiri untuk mengelola finansial perusahaan. Tak jarang juga bahkan kemudian beberapa perusahaan menyewa finansial plamnner untuk bisa membuat keuangan perusahaan jadi lebih sehat. Tapi karena sebuah kecerobohan dan kesalahan dalam menjalankan bisnis, tak jarang pengusaha yang kemudian mengalami guncangan finansial bahkan kebangkrutan. Dari sinilah maka beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan lenyapnya uang bisnis ini haruslah dihindari dengan mengetahui penyebabnya berikut ini.

  1. Salah Pilih Teman Untuk Rayakan Keberhasilan

Pertama kesalahan yang bisa membuat uang bisnis lenyap adalah salah memilih teman untuk rayakan keberhasilan. Saat bisnis Anda meraih pencapaian tertentu, perayaan memang bisa menjadi momen yang bisa Anda lakukan bersama karyawan dan teman-teman untuk membuat semangat kembali meningkat. Sayangnya, ketika merayakan keberhasilan bisnis, tidak jarang pengusaha yang salah memilih dan mengajak teman. Alih-alih merayakan dengan penuh antuasias, perayaan keberhasilan dengan teman yang salah hanya menjadi pesta hura-hura tanpa makna. Perayaan yang seharusnya dijadikan sebagai ajang penuh syukur atas pencapaian, akhirnya membuat keuangan bisnis Anda jadi berantakan dan lenyap.

  1. Lupa Menyisihkan Uang Untuk Pajak

Saat bisnis Anda sudah mulai mencapai peningkatan maka sebaiknya Anda menaati peraturan dan hukum untuk membayar pajak. Karena sudah merupakan sebuah ketentuan yang diatur dalam undagng-undang maka sebagai warga negara yang baik, Anda sebagai pebisnis memang harus membayar pajak. Membayar pajak sendiri tidak hanya membuat Anda dan bisnis jadi aman dari hukum, tapi dengan membayar pajak maka Anda juga akan bisa membuat keuangan perusahaan lebih sehat. Pasalnya, bila Anda tidak membayar pajak maka memang akan ada sanki berupa denda besar yang akan bisa memberatkan perusahaan Anda ketika membayarnya. Bukan hanya denda yang besar, tapi sanksi pidana bisa jadi harus Anda dapatkan karena ketidaktaatan Anda membayar pajak.

  1. Lupa Menabung dan Berinvestasi

Berikutnya, kesalahan yang dapat membuat uang hasil bisnis lenyap adalah lupa untuk menabung dan berinvestasi. Seorang pebisnis memang perlu untuk menabung dan berinvestasi. Kegiatan menabung dan investasi ini sendiri dilakukan bukan hanya untuk berjaga-jaga bila terjadi keguncangan finansial. Tapi dengan menabung dan berinvestasi maka Anda juga bisa mengembangkan bisnis lebih maju lagi. Tapi bila seorang pebisnis tidak melakukan kegiatan menabung dan investasi maka hal ini bisa Anda bisa saja membuat uang hasil bisnis jadi lenyap. Ini karena Anda tidak memiliki dana cadangan jika terjadi keguncangan finansial. Pilihan menabung atau berinvestasi sendiri terserah Anda. Apapun pilihan Anda, yang pasti Anda harus menjalani kegiatan menabung atau berinvestasi ini dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

  1. Gemar Berhutang

Berhutang untuk keperluan bisnis yang mendesak mungkin bisa saja dimaklumi. Berhutang untuk bisnis pun sebenarnya juga harus Anda lakukan setelah melewati berbagai pertimbangan. Berhutang memang akan membuat Anda seketika mendapatkan banyak dana segar. Tapi bila hal ini Anda sering lakukan baik itu untuk keperluan bisnis dan pribadi maka hal ini akan membuat Anda kebingungan saat membayarnya. Bahkan bukan tidak mungkin pembayaran hutang ini membuat Anda harus mengorbankan uang bisnis dan akhirnya membuat uang perusahaan pun jadi lenyap.

  1. Menggunakan Uang Perusahaan untuk Keperluan Pribadi

Terakhir, kesalahan yang membuat uang bisnis Anda lenyap yaitu menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi. Uang perusahaan dan uang pribadi memang harus dipisahkan. Tujuan pemisahan uang ini tidak lain tidak bukan adalah untuk membuat Anda sebagai pebisnis bisa memantau perkebangan perusahaan. Tapi bila Anda kemudian mencampuradukkan uang perusahaan dengan uang pribadi maka hal ini bisa membuat Anda jadi tidak bisa mencermati perkembangan perusahaan. Tidak hanya itu saja, ketika Anda menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi, Anda akan membuat kas bisnis jadi berantakan. Dari sini bukan tidak mungkin nantinya uang bisnis jadi lenyap karena kebiasaan Anda menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top