Peluang Usaha

Unik dan Menarik, Inilah Bisnis Musiman yang Muncul Pada Masa Lebaran

jual-beli-uang-baru

Hari Raya Idul Fitri memang selalu menjadi agenda penting masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Bahkan begitu pentingnya momen yang terjadi selepas bulan Ramadhan ini membuat muncul serangkaian peluang usaha yang menarik untuk dijalankan. Tidak hanya bisnis yang populer dan umum, tapi ada juga beberapa bisnis musiman yang muncul pada saat perayaan hari besar agama Islam tersebut. Bicara soal bisnis musiman memang seringkali menghadirkan beberapa jenis usaha yang unik. Bisnis musiman di masa lebaran sendiri ada beberapa usaha yang terbilang sangat unik. Meski terlihat konyol, tapi toh usaha tersebut selalu ada dan dijalankan beberapa orang untuk mendapatkan keuntungan. Nah berikut ini adalah beberapa bisnis musiman yang unik dan menarik yang bisa dijalankan pada masa lebaran.

  1. Jual-Beli Uang Baru

Pertama, bisnis musiman dan unik pada masa lebaran yang bisa Anda jalankan adalah bisnis jual beli atau penukaran uang baru. Bisnis yang satu ini memang sangat terdengar unik dan menarik. Pasalnya usaha ini dilakukan dengan cara menjual uang. Bagaimana mungkin menjual uang untuk mendapatkan uang? Hal ini memang hanya mungkin terjadi di Indonesia. Peluang usaha yang muncul dari permintaan masyarakat membuat bisnis selalu nampak dan eksis setiap jelang lebaran. Kebutuhan masyarakat akan uang baru untuk diberikan pada anak-anak kecil sebagai hadiah THR memang membuat bisnis ini kemudian banyak dijalankan orang. Untuk menjalankan bisnis ini tentu Anda harus memiliki modalnya yakni uang baru yang bisa Anda peroleh dari bank. Nah setelah memilikinya, Anda bisa menjual uang baru ini kepada orang-orang yeng membutuhkan. Keuntungan dari bisnis ini bisa Anda peroleh dari selisih uang lebih dari nilai uang yang Anda jual.

  1. Jual Bungkus Ketupat

Ketupat memang kudapan yang selalu menjadi andalan masyarakat pada masa lebaran untuk disantap bersama keluarga dan kerabat. Begitu populernya ketupat membuat menu ini membuka peluang usaha bagi beberapa orang. Bukan hanya menjual ketupat secara keseluruhan bersama dengan isinya yang telah dimasak, tapi muncul juga peluang usaha berjualan bungkus ketupat. Dengan membeli bungkus ketupat maka konsumen tinggal mengisinya dengan beras dan dimasak hingga menjadi ketupat. Membuat bungkus ketupat memang tidak mudah. Dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus hingga tercipta bungkus ketupat yang khas dan menarik. Nah dari banyaknya orang yang tidak bisa membuat bungkus ketupat inilah maka produk ini selau laris manis diburu para pembeli jelang lebaran. Bila Anda memang punya keterampilan membuat bungkus ketupat maka Anda bisa membuka bisnis musiman yang satu ini.

  1. Jasa Pembantu Infal

Saat lebaran memang tak sedikit pembantu atau asisten rumah tangga yang mudik ke kampung halaman. Dari sini maka banyak keluarga yang kebinggungan karena tidak ada asisten rumah tangga yang bisa membantu mereka. Dari kebutuhan asisten rumah tangga pada masa lebaran inilah kemudian muncul peluang usaha jasa pembantu infal. Jasa pembantu infal adalah jasa menjadi asisten rumah tangga untuk sementara waktu pada masa lebaran untuk menggantikan pembantu yang mudik ke kampung halaman. Untuk mengambil peluang usaha ini Anda tak harus menjadi asisten rumah tangga, tapi Anda bisa menjadi agen penyalur pembantu infal. Tawarkan saja pada beberapa rumah tangga pada masa lebaran yang membutuhkan jasa pembantu infal. Karena peminat jasa pembantu infal ini biasanya kebanyakan ada di daerah perkotaan maka Anda harus gencar melakukan promosi atau marketing di perkotaan.

  1. Jasa Penitipan Hewan

Terakhir, bisnis musiman yang unik dan menarik yang muncul pada masa lebaran adalah jasa penitipan hewan. Hampir sama dengan jasa pembantu infal, jasa penitipan hewan juga akan banyak diminati pada masa lebaran. Bedanya, bila jasa pembantu infal dibutuhkan karena asisten rumah tangga yang mudik ke kampung halaman, maka jasa penitipan hewan ini diperlukan karena pemiliknya yang akan mudik. Membawa hewan peliharaan dalam perjalanan mudik memang akan merepotkan. Maka dari itu para pemilik hewan peliharaan ini akan membutuhkan jasa penitipan hewan. Nah dari sini maka Anda yang tidak mudik dan ingin mendapatkan keuntungan bisa membuka jasa penitipan hewan. Karena banyak dari pemilih hewan peliharaan yang berada di kota, maka bisnis ini akan berpeluang sukses bila dijalankan di perkotaan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top