Tips

Untuk Anda Seorang Pemalas, Cobalah Belajar dengan 5 Cara Jitu Ini!

Belajar itu suatu kewajiban, apalagi saat menghadapi tes atau ujian esok hari. Mungkin bagi beberapa orang dari kalangan pelajar atau mahasiswa menganggap belajar itu merupakan hal yang sangat membosankan dan menjenuhkan. Bahkan, tidak jarang juga ada yang menunda-nunda dan ujungnya malah tidak belajar sama sekali saking begitu malasnya. Begitulah rasanya malas belajar yang sering menghantui mood para pelajar atau mahasiswa, terutama di saat menjelang ujian atau tes. Nah, bagi Anda yang sering malas dan tidak kunjung bangkit semangat untuk belajar. Yuk, coba 5 tips belajar untuk mengatasi malas yang berlebihan dalam ulasan berikut ini.

  1. Singkirkan Gadget atau Televisi dari Hadapan Anda, Terutama Saat Sedang Fokus Belajar

Gadget dan televisi merupakan salah satu musuh terbesar dalam waktu belajar. Hal ini dikarenakan, gadget dan televisi menjadi benda yang paling ampuh untuk mengalihkan pandangan dan fokus belajar Anda. Pasalnya, segala sesuatu yang terhubung dengan sosial media dan internet dapat membunuh perhatian. Oleh karena itu, singkirkanlah gadget dan televisi dari pandangan Anda saat belajar. Kalaupun ingin memakai gadget, sebaiknya gunakan pada waktu yang tepat dan dalam keadaan penting saja. Dengan cara seperti ini, dijamin Anda akan lebih fokus dan menyerap apa yang sedang dipelajari.

  1. Cari Tempat Belajar yang Nyaman dan Tidak Bising

Agar Anda bisa belajar dengan fokus tanpa terganggu oleh apapun, maka carilah tempat belajar yang nyaman dan tidak bising. Dengan mendapatkan tempat yang nyaman, Anda akan menyerap pembelajaran dengan cepat dan fikiran Anda juga akan berputar lebih jernih untuk menangkap apa yang sedang dipelajari. Jika Anda tidak merasa nyaman di meja belajar, maka carilah tempat yang menurut Anda nyaman seperti kursi santai. Selain itu, memilih pakaian yang nyaman dan tidak terlalu kaku juga bisa mendukung semangat Anda untuk belajar dengan lebih nyaman dan santai. Ingat, jangan pernah memilih tempat belajar yang memiliki banyak gangguan dan pengalih perhatian seperti teras depan rumah yang dekat dengan jalan ramai yah.

  1. Mendengarkan Musik yang Menunjang Konsentrasi Anda Saat Belajar

Berikutnya, tips untuk mengatasi malas yang berlebihan saat belajar yaitu mendengarkan musik yang menunjang konsentrasi belajar. Bagi Anda yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada baiknya memperhatikan ini. Sebab, tidak semua musik yang didengarkan sambil belajar bisa meningkatkan fokus belajar Anda. Apalagi, kebanyakan pelajar atau mahasiswa lebih suka suasana tenang saat belajar. Namun, ada juga beberapa dari mereka lebih suka mendengarkan musik sambil belajar yang dianggap dapat meningkatkan moodnya. Nah, bagi para pendengar musik saat belajar sebaiknya dengarkanlah musik instrumen tanpa vokal untuk menghindari pengalih perhatian oleh musik. Dengan begini, pikiran Anda akan tetap fokus belajar dan daya tangkap pun lebih kuat.

  1. Jika Tubuh dan Pikiran Sudah Terasa Capek, Maka Jangan Coba Memaksakannya untuk Terus Belajar

Kalau Anda sudah berhasil belajar dengan fokus dalam waktu yang berjam-jam, Anda berhak kok mendapatkan istirahat untuk mengembalikan daya pikiran. Ada banyak hal yang bisa dilakukan selama beristirahat, seperti bergerak atau berjalan-jalan santai untuk menjernihkan pikiran dan mencerna semua pelajaran tadi. Ingat, Anda manusia bukanlah robot. Jadi, kondisikan dengan sangat baik antara belajar dan beristirahat yang cukup.

  1. Tidur yang Cukup untuk Membuat Kondisi Otak Jadi Kian Membaik

Tips belajar untuk mengatasi malas yang terakhir, yaitu tidur yang cukup setiap harinya. Apabila sistem belajar Anda dilakukan semalaman sampai begadang dan bertemu pagi demi mencerna semua pelajaran, maka ini merupakan hal yang fatal. Buatlah jadwal belajar yang sedemikian rupa supaya Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelum ujian datang. Bahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa tidur yang cukup memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan daya ingat manusia. Melihat baiknya manfaat tidur yang cukup, berarti Anda harus lebih mengelola waktu dengan baik antara belajar dan tidur.

Demikian 5 tips belajar untuk mengatasi malas yang berlebihan. Cara di atas memang terlihat mudah untuk dilakukan, namun pada dasarnya semua ini kembali pada diri kita sendiri yang mengaturnya. Karena, setiap orang pasti memiliki cara masing-masing untuk membuat dirinya fokus belajar. Jadi kenalilah diri sendiri, kemudian praktekkan ke dalam hidup sehari-hari Anda untuk belajar lebih fokus dan menghindari kemalasan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top