Tips

Upayakan 5 Hal Ini dari Sekarang, Agar Anda Tidak Nganggur Setelah Lulus Kuliah!

Usai menuntaskan studi, setiap mahasiswa pasti berharap untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. Namun, hal tersebut seringkali tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Akan ada beberapa hal atau kendala yang mungkin terjadi, sehingga menjadikannya tidak kunjung diterima untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan. Minimnya pengetahuan dan pengalaman bekerja, menjadikan hal ini sebagai salah satu faktor penghalang mimpi seseorang untuk bekerja di perusahaan idaman. Bahkan tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang dilakukan semasa menjadi mahasiswa, sedikit banyak yang mempengaruhi perjalanan karir di masa depannya. Hal inilah yang bisa membuka peluang bagi seseorang untuk mendapatkan pengalaman, agar tidak syok saat terjun ke dunia kerja yang nyata. Nah, agar Anda tidak nganggur setelah lulus kuliah nanti. Sebaiknya, upayakan 5 hal ini dari sekarang.

  1. Bangun dan Perkuat Jaringan Pertemanan Sejak Anda Masih Berstatus Mahasiswa

Membangun koneksi yang luas, bisa berguna untuk melebarkan sayap di dunia professional saat Anda lulus nanti. Misalnya, memperbanyak teman di kampus. Pengalaman tidak hanya bisa didapatkan dari bangku perkuliahan saja, melainkan juga dari pengalaman orang lain yang bisa Anda serap. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk berteman dengan siapapun. Namun, akan lebih baik jika Anda menjalin hubungan dengan mereka yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang pekerjaan. Semakin banyak koneksi yang dibangun, maka Anda akan semakin berpeluang untuk mendapatkan banyak bantuan ketika sedang mengalami kesulitan. Termasuk, saat mengalami kesulitan mendapat pekerjaan.

  1. Biasakan Berorganisasi untuk Menumbuhkan Jiwa Semangat Berkegiatan

Tahukah Anda bahwa bergabung dan aktif di kegiatan organisasi, ternyata mampu memberikan jalan pintas untuk menuju kesuksesan. Saat berorganisasi, Anda akan terbiasa mengasah keterampilan ekstra personal, kemampuan negosiasi, keterampilan manajerial, kemampuan berkomunikasi, hingga memperluas teman dan koneksi. Apabila Anda terbiasa berorganisasi semasa menjadi mahasiswa, maka setelah lulus nanti Anda akan berkecenderungan untuk mengikuti kegiatan positif dengan harapan mengembangkan diri guna mengarah pada karir yang lebih professional. Dengan terbiasa berorganisasi seperti ini, Anda tidak akan mau membiarkan diri menganggur setelah lulus kuliah nanti. Bahkan, saat terjun ke dunia kerja pun Anda akan lebih terbiasa berkomunikasi serta melaksanakan tugas-tugas dengan disiplin dan penuh tanggung jawab.

  1. Miliki Karya Sebanyak Mungkin dan Buatlah Portofolio Sebagai Bentuk Perwujudan Kemampuan Anda Semasa Menjadi Mahasiswa

Selain IPK, portofolio juga bisa didapatkan dari prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Baik itu di bidang seni musik, lukis atau bahkan olahraga. Nah, portofolio ini pasti akan dilihat oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam merekrut calon karyawan yang melamar di perusahannya. Terlebih lagi jika kemampuan Anda tersebut berkaitan dengan posisi yang dilamar, pasti akan lebih berpeluang untuk diterima diperusahaan. Maka dari itu, milikilah karya sebanyak mungkin dan buat portofolionya sebagai bentuk perwujudan kemampuan Anda.

  1. Kembangkan Hobi dengan Serius, Karena Hobi Mampu Mendatangkan Rezeki

Setiap orang, pasti memiliki hobi atau kesukaan terhadap sesuatu yang kerap kali dilakukan untuk mengisi waktu luangnya. Bagi Anda yang memiliki hobi, apapun itu selama berbau positif. Sebaiknya, tekuni dan kembangkan lebih dalam agar bisa menjadi sumber penghasilan. Misalnya Anda hobi bernyanyi, maka kembangkanlah dengan menjadi penyanyi kafe atau membentuk band yang serius meniti karir sebagai band professional. Jika hobi Anda menulis, maka menjadi penulis artikel bisa ditekuni. Jangan salah, penghasilan yang bisa diraih oleh penulis artikel terbilang lumayan lho. Apalagi, waktunya yang fleksibel membuat Anda jadi bisa melakukan kewajiban lain sebagai mahasiswa.

  1. Jangan Hanya Terpaku Pada Jurusan yang Diambil, Lakukan Saja Dulu Pekerjaan yang Lain

Kebanyakan, mahasiswa hanya terpaku pada jurusan yang sedang ditekuni dibangku perkuliahan dalam melakukan pekerjaan. Padahal, hal ini bisa menjadi sebuah kendala baginya untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Memang, mempunyai keinginan untuk bekerja di instansi yang sesuai dengan jurusan itu sah-sah saja. Syukur kalau bisa terwujud dengan cepat, kalau tidak? Nah sembari menunggu pekerjaan yang diimpikan, sebaiknya lakukan saja dulu pekerjaan yang bisa dilakukan saat ini. Jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja, maka suatu saat nanti Anda akan lebih mudah mencari pekerjaan bahkan yang sesuai dengan keinginan. Lagipula, bekerja di luar instansi yang tidak sejalur bisa membuat wawasan dan pengalaman Anda jadi lebih bertambah bukan?

Sebenarnya, masih banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan untuk menambah potensi dalam membentuk karakter. Sehingga, kelak akan mencegah Anda dari aktivitas menganggur setelah lulus kuliah. Anda harus mempunyai rencana ke depan yang lebih matang, agar bisa lebih semangat dalam melaksanakan apapun termasuk untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang diimpikan. Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top