Tips

Usaha Franchise Tahan Lama? Bisa Kok. Terapkan Saja 4 Tips Suksesnya

Memiliki usaha yang sukses adalah impian semua orang, apalagi sebagai anak muda yang kreatif dan mandiri pasti menginginkan hal tersebut. Namun, untuk mencapai suatu kesuksesan itu tidaklah mudah di dapatkan begitu saja. Karena, untuk bisa mencapainya sering kali ada hambatan yang harus dihadapi. Salah satu faktor penghambatnya bisa jadi adalah minimnya pengetahuan serta keahlian dalam berbisnis.Maka untuk menghindari faktor penghambat tersebut, maka cobalah untuk memilih bisnis yang sesuai dan tepat. Pemilihan bisnis yang tepat ini juga berlaku pada bisnis franchise atau waralaba. Maka bagi Anda kaum wirausaha pemula yang ingin merintis dan menjalankan usaha franchise, agar bisa tahan lama di pasaran Anda wajib menyimak dan menjalankan tips suksesnya berikut ini.

  1. Pilihlah Brand yang Baik dari Franchisor

Pertama, tips menjadikan usaha Franchise tahan lama adalah memilih brand yang baik dari franchisor. Brand memang sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis, termasuk untuk usaha franchise atau waralaba ini. Dari pemilihan brand yang baik, usaha franchise Anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan banyak konsumen. Namun, Anda sebagai franchise tentu saja tidak hanya bisa mengandalkan brand yang sudah terkenal dari franchisor saja. Sebab Anda yang baru merintis bisnis franchise, pasti akan berhadapan langsung dengan para konsumen. Walaupun bisnis Anda memakai brand yang terkenal, namun jika pelayanannya tidak memberikan suatu kepuasan kepada para konsumen maka hal ini tentu akan berujung pada kesia-siaan. Dari kesalahan yang Anda buat tersebut, maka bisnis Anda bisa saja akan mengalami kerugian.

  1. Pilihlah Target Pasar yang Tepat Sasarannya

Tips kedua adalah memilih target pasar yang tepat sasarannya. Hal ini dikarenakan, tidak semua bisnis franchise itu dapat berjalan sukses dimana saja. Tetapi, untuk mendapatkan bisnis franchise yang lancar dan sukses memang diperlukan sebuah rencana yang matang. Salah satunya yaitu menentukan target pasar yang akan menjadi sasaran bisnis franchise yang Anda jalankan tersebut. Misalnya, target pasar Anda adalah kota kecil seperti pedesaan. Maka yang harus Anda lakukan adalah memilih produk franchise yang sesuai dengan penghasilan masyarakatnya. Namun, jika produk franshise Anda lebih cenderung pada gaya hidup orang kota maka Anda harus memilih pasar atau target pasar masyarakat perkotaan.

  1. Pilihlah Jenis Franchise

Berikutnya, tips membuat usaha franchise tahan lama yakni memilih jenis franchise dengan bijak. Setelah Anda bisa menentukan target pasar yang tepat sasaran, selanjutnya Anda bisa memilih jenis franchise yang akan di pasarkan. Untuk menjalankan bisnis franchise, sebenarnya tidak hanya produk makanan saja yang bisa dijalankan. Namun, ada banyak jenis franchise yang cukup menjanjikan seperti jenis franchise pelayanan pendidikan dan masih banyak lagi. Jika permintaan target pasar Anda lebih dominan makanan, maka Anda bisa membuka franchise makanan sesuai permintaan pasar Anda tersebut. Dengan demikian, usaha franchise Anda juga bisa laku terus dan tahan lama di pasaran.

  1. Pilihlah Usaha Franchise yang Sesuai dengan Passion

Tips keempat adalah memilih usaha franchise yang sesuai dengan passion. Dalam menjalankan usaha franchise, sebaiknya Anda memilih usaha franchise yang sesuai dengan passion Anda sendiri. Hal ini dikarenakan, passion memang akan berpengaruh dan menentukan bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis franchise tersebut. Setidaknya, keterkaitannya passion dengan bisnis Anda bisa merasa lebih senang, enjoy, percaya diri, bergairah dan semangat dalam menjalani bisnis franchise tersebut. Misalnya, Anda memiliki latar belakang pendidikan IT. Dengan mengambil franschise IT, Anda akan semakin mudah untuk menjalankan usaha seperti jual beli komputer atau jasa perbaikan alat elektronik dan lain-lain. Oleh karena itu, pilihlah usaha franchise yang sesuai dengan passion Anda sendiri agar bisnis franchise Anda bisa tahan lama.

Demikian tips menjalankan usaha franchise yang bisa tahan lama. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan lagi, maka jalankanlah bisnis franchise Anda tersebut dengan baik dan tekun. Dari ketekunan tersebut bisnis franchise Anda akan dapat berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: