Keuangan

Walau Kelihatannya Biasa Arisan Bisa Jadi Tabungan Masa Depan

Warisan menjadi salah satu kegiatan yang identik dengan kaum hawa. Dalam kegiatan ini para anggotanya akan menggalang dana baik dalam bentuk uang, emas, kebutuhan rumah tangga hingga perhiasan seperti permata atau berlian. Setelahnya akan diundi siapa yang akan mendapatkan hasil dana tersebut dan setiap anggota akan mendapatkan giliran untuk menerima hasil arisan tergantung hasil undiannya.ssetiap anggota hanya berkesempatan mendapatkan satu kali undian dan bagi yang sudah pernah menerima hasil arisan akan terus mengikuti arisan ini hingga semua anggota yang belum pernah mendapatkan arisan ini habis tak tersisa.

Sejarah Munculnya Arisan

Arisan pada awalnya adalah budaya dari China yang muncul lebih dari seribu tahun yang lalu. Adanya perdagangan internasional yang juga melibatkan bangsa China kala itu membawa budaya arisan masuk ke Indonesia. Terlebih Indonesia sendiri sangat kental dengan nilai gotong royong dan kekeluargaan sehingga arisan mudah sekali diterima di tanah air.  Arisan pada zaman Nabi Muhammad dahulu belum dikenal dan kegiatan mualamalah ini dinyatakan mubah hingga ditemukan dalili yang mampu menjawabnya. Arisan menjadi haram apabila ada unsure kezholiman didalamnya seperti arisan brondong yang mana menggilir laki – laki untuk dijadikan pemuas nafsu belaka.

Kelebihan dari Arisan

Jangan pernah menganggap remeh arisan biarpun sederhana namun arisan bisa jadi salah satu andalan dalam simpananmu di masa depan. Ada beberapa keuntungan jika anda menyukai kegiatan satu ini diantaranya sebagai berikut :

  • Modal Investasi Paling Murah

Jika anda ingin melakukan investasi namun terhambat karena masalah dana maka arisan bisa jadi solusinya. Pasalnya modal dalam arisan tidak memiliki batasan minimal atau maksimum sebab tergantung dari keputusan yang dibuat oleh anggotanya. Bisa saja iuran yang ditetapkan oleh arisan hanya sekitar Rp.1.000 atau malah benilai jutaan tergantung dari kesepakatan anggotanya.

  • Yang Menjadi Hasil Arisan Tak Hanya Dalam Bentk Uang

Jangan salah menilai bahwa hasil iuran hanya dalam bentuk uang sebab kini ibu rumah tangga bisa juga arisan dengan menggalang dana dalam bentuk barang. Anda bisa mengikuti arisan gula, minyak, beras bahkan hasil tani. Beberapa kalangan menengah keatas menggunakan arisan perhiasan, saham atau emas yang dijadikan hasil arisan. Ini artinya semua kalangan sangat tertarik dalam kegiatan arisan karena mampu memberikan mereka keuntungan.

  • Simpanan Terjaga

Dengan mengikuti arisan maka simpanan anda akan terjamin kelancarannya. Pasalnya anda dituntut untuk memenuhi iuran sesuai waktu yang ditentukan. Selain itu tak ada biaya lainnya yang perlu anda keluarkan seperti halnya di bank yang memotong simpanan anda untuk biaya administrasi.

  • Bisa Jadi Dana Darurat Disaat Genting

Kelebihan dari arisan ini ialah bisa anda jadikan dana darurat disaat yang mendesak. Dengan bermusyawarah dengan anggota mungkin saja anda bisa diberi kesempatan untuk menjadi pemenang atas arisan tersebut pada waktu yang anda mau jika semua anggota sepakat untuk menerima hasil tersebut. arisan sendiri berkonsep kekeluargaan sehigga tidak ketat akan peraturan dan segala masalah bisa diselesaikan dengan cara bermusyawarah.

  • Sarana Bersosialisasi

Untuk lebih dekat dengan lingkungan baru maka tak ada salahnya jika anda mencoba ikuti arisan yang ada di komplek tempat tinggalmu. Selain menjalin silahturahmi anda juga berkesempatan untuk membangun networking yang mungkin dimasa depan akan membantu bisnis anda.

Biarpun banyak kelebihan dari arisan ini namun karena sifatnya sangat fleksibel dari aturan hukum tak ada payung hukum yang akan membantu anda apabila terjadi masalah dimasa depan. Berminat ikut arisan ?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top