StartUp dan UKM

Warung Kecil Bisa Kok Menarik Pembeli Datang, Caranya? Lakukan Penataan yang Tepat

penataan-warung-kecil

Para pemilik warung kecil seperti warung kelontongan seringkali mengeluhkan omsetnya yang terus menurun karena sepinya pembeli. Bila melihat fenomena minimarket yang bertebaran di mana-mana, memang membuat keberadaan warung kecil semakin terhimpit eksistensinya. Tapi sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin untuk bisa mendobrak mitos bahwa yang punya kekuatan paling besar adalah pemenangnya. Sebab, kita sebagai manusia bisa menggunakan akal kita untuk bisa membuat warung kecil ini juga mampu bersaing menarik pembeli datang. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa dijalankan adalah dengan melakukan penataan warung yang tepat agar terlihat menarik.

  1. Berikan Sentuhan Warna yang Cerah

Pertama, cara untuk melakukan penataan warung kecil agar dapat menarik pembeli datang adalah dengan memberikan sentuhan warna. Warna yang tepat untuk diterapkan pada warung supaya dapat menarik perhatian konsumen adalah warna-warna cerah. Warna-warna cerah ini memang memiliki kekuatan untuk dapat memberikan visualisasi yang mencolok serta menggembirakan dan menyenangkan. Jadi ketika Anda memberikan sentuhan warung Anda dengan warna-warna cerah maka orang yang melihatnya akan tertarik datang. Dan ketika mereka sudah tiba di warung Anda, maka perasaan senang dan gembira pun akan hadir dihati mereka dan akan memacu mereka untuk berbelanja. Warna-warna cerah yang bisa Anda gunakan untuk warung kecil Anda ini antara lain kuning, biru, dan warna-warna pastel. Hindari penggunaan warna gelap karena dapat membuat suasana warung Anda jadi berkesan membosankan.

  1. Atur Display Barang

Pengaturan barang-barang yang Anda jual di toko juga dapat mempengaruhi pembeli untuk datang. Lihat saja apa yang dilakukan minimarket dan supermarket dengan barang-barang daganganya. Mereka tentunya tidak sembarangan menata barang-barang tersebut. Mereka sangat detail men-display barang dengan tepat dan sesuai dengan kategorinya. Nah Anda yang memiliki warung kecil tentu bisa melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan minimarket dan supermarket. Display barang-barang yang dijual sesuai kategorinya dan juga tempatkan pada tempat yang tepat. Jika memungkinkan untuk dibuat konsep self service shopping seperti pada minimarket, Anda akan semakin memperbesar kesempatan untuk menarik pembeli.

  1. Hindari Kesan Kotor dan Berantakan

Siapa sih yang betah saat belanja di tempat yang kotor, jorok dan berantakan? Meski harga yang ditawarkan lebih murah, tapi dengan kebersihan dan kerapihannya yang tidak terjaga, pastinya akan membuat pembeli akan malas untuk mendatanginya. Maka dari itu Anda yang memiliki dan menjalankan usaha warung, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihannya. Jadi setiap pagi sebelum membuka warung, usahakan untuk melakukan bersih-bersih terlebih dahulu. Jadi ketika pembeli datang, mereka pun jadi betah berada di warung Anda dan jadi senang ketika berbelanja di warung Anda.

  1. Berikan Space yang Cukup untuk Pembeli Bergerak

Tak sedikit pemilik warung kecil yang menghiraukan hal ini. Mereka tidak memikirkan bagaimana kenyamanan para pembeli yang datang ke warungnya dengan membiarkan ruang sempit di ruang gerak pembeli. Walau warung Anda bersih dan rapi, namun bila kenyamanan dalam hal keleluasaan pembeli tidak tercapai, maka hal ini akan membuat siapa pun yang datang ke warung Anda jadi tidak betah. Nah untuk itulah usahakan sebisa mungkin Anda memberikan space yang cukup untuk bisa membuat pembeli yang datang leluasa bergerak. Pemberian ruang atau space yang cukup pada warung ini juga berguna bila warung Anda didatangi banyak pembeli. Dengan ruang atau space yang cukup maka meski ada banyak pembeli yang datang, tidak akan membuat beberapa dari mereka lantas tidak kebagian tempat dan akhirnya memutuskan pergi mencari tempat lain.

  1. Dekorasi dengan Konsep Tertentu

Terakhir, penataan yang bisa Anda lakukan terhadap warung kecil Anda untuk menarik banyak pembeli adalah mendekorasi dengan konsep tertentu. Bila Anda memiliki kemampuan desain interior atau eksterior, maka lakukan saja dekorasi dengan menggunakan konsep tertentu. Di tengah tren berfoto selfie yang semakin mewabah memang membuat beberapa tempat jualan kita jumpai didekorasi dengan konsep tertentu. Nah, Anda yang ingin bisa menarik banyak pembeli juga bisa melakukan hal ini. Jadi lakukan saja dekorasi yang menarik pada warung Anda dengan konsep-konsep tertentu yang Anda inginkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top