Keuangan

Waspada! Bergaul dengan Tipe Orang Ini Bisa Bikin Anda Bangkrut

Manajemen keuangan yang baik memang sangat penting dan diperlukan, baik itu menyangkut kekayaan harta yang berlimpah maupun pas-pasan. Namun, didalam pengelolaannya banyak hal yang bisa mempengaruhi terutama dalam kehidupan Anda. Salah satu hal yang bisa mempengaruhi keuangan Anda, sehingga menjadi bangkrut atau tidak dapat terkelola dengan baik adalah teman sepergaulan. Jika Anda memiliki teman sepergaulan yang sama sekali tidak bisa membawa ke arah kebenaran, maka sebaiknya hindari saja. Karena, bergaul dengan tipe orang seperti itu resikonya akan membuat Anda menjadi kesulitan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Tanpa disadari, ada beberapa tipe orang yang dapat mengancam keuangan Anda sehingga membuat Anda bangkrut. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan mengenali tipe orang seperti apa saja yang patut Anda hindari sebagai teman bergaul dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ulasan tentang tipe orang yang bisa bikin Anda bangkrut dalam mengelola keuangan.

  1. Orang yang Suka Meminjam Uang

Pertama, tipe orang yang bisa membuat keuangan Anda bangkrut adalah orang yang suka meminjam uang. Berhati-hatilah dengan tipe orang seperti ini. Karena, pada umumnya mereka memiliki hari-hari penuh cerita tentang masalah keuangan yang tidak pernah kunjung membaik. Anda memang harus memiliki sikap empati, namun jika Anda terlalu berbaik hati dan tidak dapat memilah antara mana yang harus Anda tolong atau tidak. Maka, dalam keadaan seperti ini bisa saja Anda akan menjadi sasaran mereka untuk meminjam uang guna untuk menutupi kebutuhannya. Sesekali menolong memang boleh, tapi lama-kelamaan bisa memberi kerugian pada Anda. Belum lagi mereka yang tidak dapat melunasi semua utangnya. Padahal, di satu sisi Anda juga memiliki kebutuhan finansial yang harus dipenuhi.

  1. Matrealistis

Tipe orang kedua yang bisa membuat keuangan Anda bangkrut adalah matrealistis. Jika Anda ingin keuangan terkelola dengan baik, maka hindari sebisa mungkin bergaul atau berpasangan dengan orang matrealistis. Karena, tipe orang seperti itu cenderung tidak segan meminta uang kepada Anda guna untuk memenuhi kebutuhannya. Bahkan, mereka akan lebih tertarik pada kekayaan semata daripada tertarik pada kepribadian Anda. Orang dengan tipe matrealistis, juga cenderung konsumtif dan menyukai gaya hidup serba mewah dan praktis. Jika Anda memiliki teman yang memiliki tipe matre seperti ini, kemungkinan besar Anda juga akan tertarik pada gaya hidup mereka yang boros.

  1. Keluarga yang Tidak Bertanggung Jawab

Selain tipe matrealistis, Anda juga perlu mewaspadai orang-orang yang memiliki riwayat keluarga tidak bertanggung jawab. Biasanya, mereka yang tidak bertanggung jawab cenderung hanya meminta bantuan untuk finansialnya saja. Sebaliknya, ketika Anda membutuhkan bantuan finansial kepadanya mereka justru akan mengabaikan Anda begitu saja dan tidak mau memberikan pertolongan. Misalnya, ada orang yang telah diberi bantuan seperti pinjaman uang namun mereka pergi begitu saja dan tidak mau mengembalikannya.

  1. Pasangan yang Gila Shopping atau Belanja

Tipe selanjutnya yang dapat menjerat Anda kedalam masalah keuangan adalah pasangan yang gila shopping atau belanja. Tipe orang yang gila shopping atau belanja, akan sangat mudah meminta uang kepada Anda bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Dengan seperti ini, bukan hanya isi kantong Anda saja yang akan cepat terkuras habis tetapi juga waktu untuk menemani pasangan berbelanja. Jika Anda memiliki tipe pasangan yang gila shopping atau berbelanja, maka sebaiknya segera mengajak dia untuk berdiskusi terkait keuangan Anda. Jelaskanlah bahwa uang yang Anda miliki tidak hanya untuk berpoya-poya saat ini saja, tetapi juga untuk persiapan masa depan kalian berdua. Oleh karena itu, sangat penting sekali mengelola keuangan dengan berhemat sejak dini.

Mulai sekarang, jika Anda tidak ingin mengalami kerugian terutama masalah finansial. Maka, Anda harus lebih selektif dalam memilih teman sepergaulan. Bukan artinya Anda harus memilih-milih teman dan menjauhinya karena membenci, tetapi akan lebih baik jika Anda berteman dengan orang-orang yang baik dalam segi kepribadian maupun cara mengelola keuangan atau gaya hidup mereka. Untuk itu, ingatlah selalu bahwa gaji atau uang bulanan yang Anda miliki saat ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup bukan sekedar untuk memenuhi keinginan hidup semata. Demikian ulasan tentang tipe orang yang dapat membuat Anda bangkrut dalam keuangan, semoga bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: