Bisnis Online

Waspadai, 6 Teknik Promosi di Medsos yang Akan Buat Produk Anda Tidak Laku

promosi-media-sosial

Saat menjalankan bisnis, Anda tentu membutuhkan promosi agar produk Anda banyak dikenal dan diminati. Salah satu media promosi yang sering dijalankan para pebisnis sekarang ini adalah media sosial. Dengan menjamurnya pengguna media sosial, maka memang banyak orang yang kemudian tertarik menjalankan promosi via media sosial. Tapi ternyata promosi media sosial ini bisa menjadi bumerang bagi bisnis Anda bila tidak menjalankannya dengan hati-hati. Kenapa? Sebab ada beberapa teknik promosi via media sosial yang ternyata dapat membuat produk bisnis Anda tidak laku. Nah berikut ini adalah beberapa teknik promosi via media sosial yang harus diwaspadai karena dapat membuat produk tidak laku.

  1. Bikin Konten Menyesatkan

Teknik pertama yang seharusnya Anda hindari pada penerapan teknik promosi di media sosial adalah membuat konten yang menyesatkan. Saat memposting sesuatu entah itu yang berkaitan dengan produk (hard sell) atau informasi umum (soft sell), maka usahakan untuk membuat penjelasan yang sebenar-benarnya. Jangan sampai sembrono dengan membuat konten atau postingan yang salah dan menyesatkan. Sebab bila Anda ketahuan membuat konten atau postingan yang tidak benar dan menyesatkan, maka hal ini akan berimbas pada kepercayaan konsumen pada produk bisnis Anda. Jadi saat memposting konten pastikan dulu keabsahan atau kebenaran data atau informasi yang diberikan.

  1. Promosi Setiap Saat

Biasanya pebisnis baru yang menjalankan teknik promosi via media sosial ini akan bersemangat dengan melakukan postingan atau promo yang bertubi-tubi. Tentu saja cara berpromosi seperti ini tidaklah benar. Sebab promosi yang bertubi-tubi setiap saat akan membuat konsumen cepat bosan dan kemudian lama-lama akan jengkel. Saat konsumen sudah dalam tingkat jengkel maka akan membuat mereka menjadi hilang rasa pada produk Anda. Jika sudah demikian, jangan tanya lagi minat mereka membeli produk Anda, karena sudah pasti mereka sudah tidak berminat. Maka supaya konsumen tidak bosan dan terus tertarik dengan produk bisnis Anda, maka pastikan melakukan promosi secara berkala.

  1. Beli Followers

Berikutnya, teknik promosi di media sosial yang bisa membuat produk Anda tidak laku adalah dengan membeli followers. Di media sosial seperti Instagram dan Twitter, followers memang memiliki peranan penting untuk menarik konsumen. Sebab dengan jumlah followers yang besar, maka sebuah akun bisnis di media sosial akan bisa dipercaya oleh konsumen. Sayangnya sekarang followers ada yang bisa didapatkan dengan cara membeli. Nah teknik membeli followers untuk menaikkan kepercayaan konsumen ini sebenarnya sebuah blunder. Pasalnya, akan ada dampak buruk bisa terjadi seperti hilangnya pembeli saat teknik ini berlangsung beberapa waktu.

  1. Menjelek-jelekkan Produk Lain

Di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat dan sengit, tak jarang kemudian beberapa pengusaha menjelek-jelekkan bisnis yang menjadi kompetitornya. Tentu saja cara seperti ini bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan baik secara langsung atau pun melalui media sosial. Sebab promosi yang dilakukan dengan menjelek-jelekkan bisnis lainnya akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda sendiri. Jadi apa yang Anda ungkap mengenai kejelekan bisnis orang lain akan membuat hal tersebut berbalik pada bisnis Anda.

  1. Terlalu Sering Gunakan Hard Selling

Promosi di media sosial memang tidak harus selalu atau melulu dijalankan dengan menawarkan produk bisnis beserta kelebihannya. Promosi hard selling seperti ini memang boleh, tapi jangan melakukannya terlalu sering. Sebab bila Anda terlalu mering mempromosikan produk Anda secara langsung maka akan membuat konsumen bosan dan kemudian tidak tertarik. Maka dari itu cobalah selingi promosi hard selling Anda dengan soft selling atau promosi yang bersifat lunak dan halus. Promosi soft selling sendiri biasanya didahului dengan informasi-informasi umum yang menarik.

  1. Promosi Acak dan Tidak Tertarget

Terakhir, promosi yang seharusnya Anda hindari saat menjalankan teknik promosi di media sosial yaitu melakukannya secara acak dan tidak tertarget. Promosi yang seperti ini memang tidak efektif karena hanya akan menghabiskan waktu saja. Ketika promosi ini berjalan tidak efektif maka apa yang Anda harapkan yaitu membuat konsumen banyak membeli di toko Anda akan sirna. Jadi agar promosi di media sosial ini berjalan efektif maka pastikan Anda melakukannya dengan fokus dan tertarget.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top