Tips

Yuk Ajarkan Anak Dalam Mengelola Keuangannya

Yuk Ajarkan Anak Dalam Mengelola Keuangannya – Sebagai orang tua mengajarkan tentang kehidupan kepada buah hati merupakan pelajaran yang berharga. Tidak hanya memberikan pengalaman hidup namun juga membentuk karakter diri pada sianak. Salah satu pelajaran kehidupan yang perlu anda ajarkan ialah mengenai pentingnya uang dan bagaimana cara mengelolanya. Jangan sampai anak anda memiliki sifat boros yang nantinya akan menyesatkan ia di masa depan.

Jika anak anda sudah terlanjur boros jangan khawatir ada kok cara untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan tersebut. Bila sifat boros bisa disembuhkan sejak dini tentu saja hal ini baik bagi masa depan buah hati untuk lebih menghargai uang kedepannya. Berikut tips yang bisa anda terapkan untuk menjauhkan sikecil dari sifat boros:

  • Celengan atau tabungan khusus untuk sikecil

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah memberikan celengan atau membuatkan tabungan anak. Mengajarkan buah hati pentingnya menabung akan membuat mereka paham akan konsep berhemat. Bila anda menggunakan celengan pilihlah celengan dengan karakter yang disukai sikecil agar menarik minat anak anda. Beberapa bank saat ini juga banyak menawarkan buku tabungan anak dengan desain yang tak kalah keren dan kreatif.

  • Jauhkan kartu kredit dan utamakan penggunaan uang tunai

Kecanggihan teknologi memang memberikan kemudahan dalam bertransaksi khususnya dalam hal pembayaran. Anda bahkan tak perlu menyimpan uang tunai di dompet cukup dengan bermodal kartu kredit saja. Sayangnya hal ini dapat membuat anda terlena dan melupakan bagaimana cara mengenalkan uang sebagai alat tukar. ketika pergi belanja dengan sikecil biasakanlah untuk menggunakan uang tunai ketimbang kartu kredit.

  • Ajarkan sikecil tentang daftar belanjaan mereka

Ada saatnya anda belanja bulanan maka kesempatan ini baik digunakan untuk mengajarkan sikecil untuk membuat daftar belanjaan mereka.  Dengan mengajarkan hal ini anak anda juga belajar bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mereka juga akan belajar untuk membuat keputusan sendiri.

  • Uang saku itu penting tapi jangan lupa mencatat

Uang saku itu memang penting agar sianak juga dapat mengenal fungsi uang sebagai alat tukar dalam bertransaksi. Berilah uang saku sewajarnya yang dibutuhkan sikecil dan jangan terlalu mengiyakan segala yang diminta anak agar tidak membuatnya menjadi anak yang manja. Ajarkan anak untuk mencatat pengeluaran mereka. Anda juga bisa menganggarkan uang saku bersama – sama sikecil agar ia paham tentang berapa uang yang dibutuhkannya.

  • Lakukan perbandingan harga

Anak biasanya gampang menirukan kebiasaan orang – orang terdekatnya seperti ayah dan ibunya. Mungkin ini terkesan kuno namun dengan belajar membandingkan harga anak anda akan belajar untuk tidak asal dalam berbelanja. Dengan membandingkan harga sikecil juga mengerti akan manfaat dan kekurangan dari barang itu sendiri.

  • Bermain game keuangan

Bagi anda yang memiliki sedikit waktu bersama anak bisa juga mencoba beberapa game tentang keuangan ini. Anak – anak biasa untuk bermain namun alangkah lebih baik jika bisa bermain sambil belajar. Anda bisa bermain monopoli, tycoon atau cashflow dengan sikecil sambil menjelaskan tentang bagaimana uang didapat dan dikelola seperti pada permainan tersebut.

Selain poin – poin diatas anda juga bisa membiasakan sikecil untuk berhemat dengan cara memasak makanan atau jajanan buah hati bersama. Selain itu penting untuk menghindari metode hadiah dan hukuman. Memberikan hadiah untuk prestasinya memang baik namun jangan diimplementasikan sebagai sebuah kebiasaan. Ajarkanlah konsekuensi secara alami dan logis seperti jika seseorang tidak makan ia akan kelaparan.

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: