Keuangan

Yuk Kenalan Dengan Bitcoin

bitcoin-grey-930x488

Apakah Anda pernah mendengar tentang Bitcoin? Di Indonesia sendiri masih ada beberapa kalangan atau orang yang kurang paham tentang bitcoin. Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar kata bitcoin namun tidak mengerti tentang bitcoin itu sendiri. Kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan tentang bitcoin yang fenomenal di kalangan peselancar dunia maya.

Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan sejak tahun 2009 silam. Mata uang virtual ini dikembangkan oleh seseorang dengan nama samara Satoshi Nakamoto. Dari namanya mungkin Anda berpikir bahwa dia adalah orang Jepang namun sampai saat ini belum diketahui siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto ini. Mata uang virtual ini secara umum memiliki fungsi yang sama dengan mata uang seperti rupiah, dollar ataupun yen. Namun bitcoin memiliki keterbatasan yaitu hanya bisa tersedia di dunia digital saja. Sekilas mungkin Anda berpikir bahwa bitcoin ini mirip dengan eGold, tapi keduanya tidaklah sama.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh bitcoin adalah transfer instant secara peer to peer, bisa transfer kemana saja, biaya transfer sangat murah, transaksi bersifat irreversible dan anonim, bitcoin tidak dikontrol oleh pemerintah ataupun lembaga dan jumlah bitcoin yang beredar juga terbatas.

Satu hal yang pasti, Anda harus memiliki koneksi internet jika ingin bertransaksi menggunakan bitcoin. Mekanismenya, Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi bitcoin di dalam PC, Laptop ataupun gadget. Setelahnya Anda harus membuat wallet di dalam aplikasi tersebut dan kemudian Anda akan memperoleh bitcoin addres. Untuk melakukan transfer pun Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Cukup buka aplikasi wallet lalu masukkan bitcoin address orang yang ingin Anda tuju dan juga jumlah bitcoin yang ingin Anda transfer lalu kirim. Mudah bukan?

Sejujurnya mekanisme ini mirip dengan Paypal ataupun Payoneer.  Perbedaanya bitcoin tidak memiliki perusahaan atau lembaga yang mengelola seperti pada Paypal atau Payoneer. Lalu bagaimana dengan transaksi, data keuangan pelanggan dan lain-lain? Jadi semua data yang ada dalam mekanisme bitcoin ini akan disimpan ke dalam komputer atau gadget yang dimiliki oleh pemilik wallet dan juga di seluruh jaringan peer to peer bitcoin yang ada di seluruh dunia. Bitcoin Anda pun tersimpan rapi dalam PC ataupun gadget Anda. jadi ketika ada pemilik wallet yang melakukan transaksi maka seluruh komputer atau gadget yang ada dalam jaringan bitcoin akan memverifikasi data yang ada sehingga tidak ada kecurangan yang terjadi.

Faktor-faktor yang membuat banyak orang mulai berbondong-bondong membeli dan menggunakan bitcoin adalah faktor privasi dan nilai tukar yang tinggi. Untuk faktor privasi, Anda sebagai pemilik wallet tidak perlu membagikan identitas pribadi kepada pihak ketiga. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa transaksi menggunakan bitcoin ini bersifat anonim sehingga Anda tidak perlu khawatir soal privasi.

Untuk masalah nilai tukar yang tinggi, sebenarnya bitcoin itu memiliki nilai tukar yang fluktuatif. Dimana saat permintaan tinggi maka harga bisa melambung dan sebaliknya. Tahun 2016 ini nilai tukar bitcoin pernah menyentuh angka Rp. 7.500.000,- sedangkan tahun lalu nilai tukar bitcoin hanya sampai angka Rp. 3.500.000,- . Perputaran uang Bitcoin di Indonesia masih berada di angka 3-5 milyar per harinya. Di Indonesia sendiri saat ini per bulan September 2016 ada sekitar 200.000 orang yang menjadi pengguna bitcoin. Memang masih belum sebanyak pengguna di Negara lain. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan semakin banyak orang Indonesia yang menjadi pengguna bitcoin. Anda tertarik untuk menjadi pengguna bitcoin? FYI, Anda dapat membeli bitcoin di situs exchanger seperti bitcoin.co.id (Indonesia), btcchina.com (China), mtgox.com (US & Jepang).

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: