Peluang Usaha

Mau Bisnis Es Krim Sendiri? Pastikan Anda Menerapkan 6 Tips Ini

bisnis-es-krim

bisnis es krim/https://magazine.job-like.com/

Es krim merupakan salah satu kuliner favorit hampir setiap orang di belahan dunia ini. Dengan rasanya yang manis, lumer dengan sensasi dingin, membuat es krim memang sangat nikmat saat disantap. Dari banyaknya orang yang menyukai es krim maka semakin banyak juga para pengusaha yang mencoba peruntungannya dengan berjualan es krim. Berbisnis es krim sendiri ada dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu menjual produk es krim sendiri atau menjadi reseller dengan menjual produk es krim orang lain. Di sini akan dibahas bagaimana tips menjual atau berbisnis es krim dengan brand sendiri. Nah berikut beberapa hal dan tips yang perlu Anda pahami berkaitan dengan bisnis es krim tersebut.

  1. Tentukan Produk Es Krim yang Akan Anda Jual

Tips pertama menjalankan bisnis es krim sendiri adalah dengan menentukan produk. Es krim sendiri memang ada banyak variasinya. Ada es krim susu dan ada juga es krim buah serta yoghurt. Setelah menentukan jenisnya, selanjutnya Anda harus menentukan pilihan rasa yang akan dihadirkan. Hadirkan sebanyak mungkin pilihan rasa untuk produk es krim Anda agar semakin banyak konsumen yang ingin mencoba. Untuk proses penciptaan es krim ini, Anda harus memiliki resep tersendiri supaya tidak ada orang yang bisa menirunya. Resep khusus sendiri juga dapat membuat bisnis Anda memiliki ciri khas.

  1. Catat dengan Rinci Modal yang Diperlukan

Untuk menjalankan sebuah bisnis, termasuk usaha es krim, tentu ada modal yang perlu dipersiapkan. Kebutuhan modal untuk berbisnis es krim sendiri perlu Anda catat dengan baik perinciannya. Dengan merinci modal bisnis, Anda akan bisa melakukan pengaturan atau manajemen keuangan dengan baik, termasuk menyiapkan dana darurat yang memang bisa saja muncul.

  1. Ciptakan Merk dan Logo yang Menarik

Berikutnya, tips menjalankan bisnis es krim sendiri adalah dengan menciptakan merk atau brand serta logo bisnis. Sebuah bisnis memang harus memiliki nama dan logo. Untuk membuat nama atau brand dan logo sendiri Anda tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda membuat nama merk dan logo bisnis ini semenarik mungkin karena pasar es krim yang masuk dikalangan usia-usia muda. Setelah nama merk dan logo ini Anda dapatkan maka segera daftarkan ke pihak-pihak yang memiliki kewenangan agar Anda mendapatkan hak paten.

  1. Cari Tahu Supplier yang Menyediakan Bahan Baku Berkualitas

Untuk membuat es krim tentu Anda membutuhkan bahan-bahannya. Nah untuk keperluan tersebut, Anda harus bisa mencari supplier yang bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan. Tapi jangan hanya mencari supplier yang menawarkan harga murah saja. Sebab produk murah namun tidak berkualitas akan membuat konsumen pergi. Jadi pastikan Anda mencari supplier yang murah sekaligus mampu menghadirkan bahan baku yang berkualitas. Setelah Anda mendapatkan supplier dengan kriteria yang diharapkan, usahakan untuk selalu menjalin kerjasama yang baik. Sebab, kelangsungan bisnis Anda juga tidak akan terlepas dari para supplier tersebut.

  1. Rekrut Karyawan Terbaik

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda memang tidak bisa sendirian. Untuk itulah Anda harus merekrut beberapa karyawan untuk membantu Anda. Untuk mencari dan merekrut karyawan ini Anda harus memilih yang terbaik. Pastikan etos kerja mereka bisa Anda andalkan. Dengan mendapatkan karyawan terbaik maka Anda pun akan bisa membuat bisnis terus berkembang sesuai apa yang Anda inginkan. Ketika Anda sudah mendapatkan karyawan terbaik ini usahakan untuk membuat mereka selalu betah bekerja dengan Anda. Sebab, bila Anda kehilangan mereka, maka sebuah kerugian yang akan Anda dapatkan.

  1. Promosikan dengan Strategi Pemasaran yang Tepat

Terakhir, tips jalankan bisnis es krim sendiri adalah dengan mempromosikannya dengan strategi pemasaran yang tepat. Anda memang sudah pasti harus menjalankan pemasaran yang intens. Ini dikarenakan bisnis Anda yang belum dikenal oleh publik. Saat menjalankan pemasaran sendiri, Anda harus memilih media yang tepat sesuai dengan target pasar. Karena bisnis es krim ini target pasarnya rata-rata adalah kalangan muda, maka Anda bisa memilih media-media pemasaran kekinian seperti media sosial, YouTube, email, instan messaging dan lainnya. Pastikan Anda menjalankan strategi pemasaran ini dengan konsisten agar hasilnya bisa segera Anda dapatkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top