Peluang Usaha

17 Cara untuk Mendapatkan Uang Lebih

Mengapa penghasilan kita selalu terasa tidak cukup? Jawabannya sederhana, penghasilan itu sifatnya terbatas, di sisi lain pengeluaran sifatnya tidak terbatas. Kamu jangan terpaku pada nominal slip gaji yang segitu-gitu aja, fokus pada solusi untuk mendapatkan uang lebih.

Sehebat apapun kamu, pada akhirnya kamu akan kehilangan pekerjaanmu, karena kantormu bangkrut, dipecat, atau karena kamu pensiun.

Berikut ini adalah salah satu cara yang dapat kamu pilih, untuk mendapatkan uang lebih, yaitu.

  1. Ganti pekerjaan, jika kemampuanmu tidak dihargai dan dibayar dengan sangat rendah, siapkan CV terbaru, dan layangkan surat lamaranmu ke kantor yang lebih bonafit. Lakukan perencanaan yang matang sebelum kamu resign, dan kamu harus bersikap profesional ketika mengundurkan diri. Mengundurkan diri itu, mundur beberapa langkah untuk persiapan melompat jauh ke depan. Mengundurkan diri sinonim dengan kata memajukan diri.
  2. Freelance, berisiko jika kamu hanya punya satu sumber pendapatan. Ambillah pekerjaan freelance sesuai dengan kemampuan terbaikmu. Situs freelance yang dapat kamu kunjungi antara lain :
    sribulancer.com,
    projects.co.id
    freelancer.co.id
    serabutan.id
    carijasa,co.id
    ruangguru.com
  3. Buatlah blog, tulislah sesuatu yang bermanfaat, tips menulis kreatif, cara membuat CV yang menarik, dan lain sebagainya. Blog dapat menjadi etalase karyamu, sehingga kamu menjadi terkenal di internet, lewat blog pribadimu.
  4. Kursus online, pada jaman serba internet ini, kamu bisa membuka kursus online di grup WhatsApps, workshop online tanpa perlu bertatap muka.
  5. Bekerja paruh waktu, ada banyak kantor yang butuh tenaga freelance, seperti konsultan pajak, editor, penulis content, bartender, pelayan toko, penjaga rumah, dll.
  6. Membuat hasta karya, manfaatkan bekas bungkus kopi untuk membuat tas tangan, tas laptop, atau barang-barang lainnya.
  7. Jadilah pemandu wisata, bekali dirimu dengan kemampuan berbahasa asing seperti Bahasa Inggris, Belanda, German, atau bahasa asing lainnya, kemudian kunjungilah tempat-tempat wisata di kotamu, tawarkan dirimu untuk menjadi pemandu wisata bagi turis yang singgah di kotamu.
  8. Kuliner, belajarlah membuat kue, roti bakar, atau gorengan, berikan makanan tersebut kepada teman-temanmu, mintalah pendapat mereka. Jika menurut 9 dari 10 temanmu bilang bahwa kuemu enak, artinya kamu sudah bisa berbisnis dan menjual kue itu dengan sistem konsinyasi (dititipkan) di warung-warung dekat rumahmu.
  9. Ojek Online, jika kamu punya motor, bergabunglah dengan ojek online untuk mendapatkan penghasilan tambahan, pendapatanmu bisa untuk membayar cicilan motor, tabungan dan untk bersenang-senang, selain itu kamu jadi lebih mengenal kotamu.
  10. Steam motor, bukalah tempat pencucian motor, tak perlu modal untuk membeli mesin yang hebat, pergunakan saja dahulu alat-alat yang sudah ada, seperti selang air, ember dan sabun cair khusus motor, atau mobil.
  11. Waiter, pekerjaan ini tidak membutuhkan syarat khusus, kamu hanya perlu bersikap ramah dan santun kepada pelanggan, dan tak menolak jika sewaktu-waktu diminta atasan untuk mengepel lantai atau mencuci piring kotor.
  12. Fotografer, hari ini semua orang memiliki kamera di smartphone, dan kamera saku bisa dipakai dengan mudah oleh siapapun, namun orang-orang yang punya kamera di ponsel dan kamera saku tetap butuh fotografer profesional demi menghasilkan gambar yang mampu menangkap fakta sekaligus keindahan.
  13. Organ tunggal, hobimu benyanyi sambil bermain organ dapat disalurkan dengan bekerja sebagai pemain organ tunggal, kamu memainkan instrumen untuk mengiringi para tamu undangan makan, kamu juga bisa berkolaborasi dengan seorang penyanyi.
  14. Ngamen, penyanyi legenda seperti Om Iwan Fals awalnya juga pengamen, bahkan Om Iwan dengan suara beratnya ini pernah disiram kopi oleh tuan rumah yang ia datangi. Ngamen itu batu loncatan sebelum jadi penyanyi beneran, dan bernyanyi di depan orang banyak, itu bagian keren dari uji mental. Yuk, kumpulin receh dengan mengamen.
  15. Sales Promotion Girl/Boy (SPG/SPB), perusahaan-perusahaan membutuhkan tenaga muda yang ganteng, cantik,dan berwawasan luas, sebagai marketing agar produk mereka laris manis, itu peluang emas buat kamu. Kenapa nggak dicoba?
  16. Jual foto, bawalah kamera saku ke manapun kamu pergi, potret objek dan moment yang menarik, kemudian tawarkan foto karya orisinilmu ke shutterstock.com, photoshelter.com, istock.com, dreamsTime.com, atau fotolia.com.
  17. Penonton bayaran, lihatlah program musik, talk show, kuis, dan lain sebagainya di televisi, mereka butuh penonton bayaran untuk memenangkan persaingan. Kamu bisa menawarkan diri menjadi penonton bayaran, almarhum Budi Anduk pun meniti karier melawak pada mulanya sebagai penonton bayaran, sebelum menjadi pelawak yang pintar membuat perut kita terpingkal-pingkal.

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/p-625892/?no_redirect

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: