Lainnya

4 Soft Skill yang Seharusnya Anda Dapatkan Semasa Kuliah, Agar Suatu Saat Bisa Jadi Sarjana yang Siap Kerja

Sebagai mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai bagus, tentu Anda akan terpacu untuk selalu giat belajar di kelas bahkan hingga khidmat karena saking giatnya. Mulai dari menyerap semua materi yang dosen sampaikan dalam beberapa jam, hari, bulan, semester, hingga Anda mendapatkan nilai yang memuaskan. Jika Anda melakukan hal ini, memang tidak salah. Itu hak Anda, karena Anda pasti ingin melakukan yang terbaik guna mencapai cita-cita bukan? Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu bagaimana kompetensi Anda dalam bertanggung jawab atas ilmu atau gelar yang telah Anda dapatkan selama ini. Mampukah Anda bersaing dengan dunia kerja yang jelas berbeda dengan dunia pendidikan? Sungguh disayangkan sekali saat Anda bisa lulus dengan nilai sempurna, namun ternyata belum menguasai beberapa kemampuan atau skill yang sebenarnya bisa Anda dapatkan dari aktivitas lain selain duduk dan mendengarkan dosen menyampaikan pembelajaran saja. Paling tidak, dari aktivitas lain tersebut Anda bisa mendapatkan beberapa skill yang berguna untuk menunjang kemampuan Anda dalam dunia kerja suatu saat nanti. Lalu, apa saja soft skill yang seharusnya Anda dapatkan tersebut? Berikut 4 soft skill yang seharusnya Anda dapatkan semasa kuliah, agar suatu saat jadi sarjana yang siap kerja.

  1. Berani Berbicara di Depan Orang Banyak (Public Speaking)

Saat di kelas, Anda pasti dilatih untuk percaya diri seperti berbicara melalui presentasi individu maupun kelompok. Namun, faktanya masih banyak mahasiswa yang malu untuk mengeluarkan suaranya di depan orang banyak bahkan membiarkan temannya sendiri menjawab semua pertanyaan. Tidak hanya berdiam diri saja, biasanya mereka yang pemalu juga cenderung melakukan presentasi dengan membaca teks secara cepat tanpa ada kontak mata. Jika mereka terus-menerus seperti ini, maka akan sulit berkembang untuk bisa sukses di dunia kerja nanti. Bahkan, mereka akan lebih nyaman menjadi bawahan yang mendengarkan saja lho. Oleh karena itu, cobalah untuk bergabung dalam organisasi kampus yang bisa melatih kemampuan bicara Anda di depan umum.

  1. Mengatur Kebebasan Waktu yang Dimiliki dengan Bertanggung Jawab

Berbeda dengan sekolah yang jadwalnya pakem, jadwal kuliah justru Anda sendiri yang mengaturnya. SKS Anda yang memilih sendiri, kegiatan organisasi pun bisa Anda pilih sesuai keinginan. Waktu yang tersedia cukup fleksibel namun penuh dengan tanggung jawab, karena semua pilihan tersebut pasti mempunyai aturan yang tidak bisa ditinggalkan dengan sesuka hati. Menyikapi hal ini, maka Anda harus memiliki soft skill dalam manajemen waktu. Tentu saja manajemen waktu ini sangatlah penting dimiliki, agar hidup Anda seimbang dan bahagia. Seiring bertambahnya usia, urusan pribadi maupun pekerjaan pun akan semakin banyak yang harus diseimbangkan. Mulai dari urusan keluarga, karir, asmara, hingga cita-cita pribadi.

  1. Mengasah Skill untuk Bertahan Hidup Sendiri, Mulai dari Kemampuan Memasak Hingga Mengelola Keuangan Pribadi

Kuliah merupakan masa yang paling tepat untuk mengasah skill bertahan hidup sendiri, terutama bagi mereka yang merantau pasti akan merasakan bagaimana sulitnya hidup tanpa berpangku tangan kepada orang tua. Untuk bertahan hidup, tentu Anda akan selalu membutuhkan yang namanya makan. Daripada Anda hanya membeli makanan ke warteg atau ke rumah makan, lebih baik masaklah sendiri. Selain bisa menghemat uang, kemampuan Anda juga akan ikut terasah bukan? Namun bagi Anda yang tidak merantau, belajarlah skill ini dan mengganggapnya sebuah tantangan untuk diri sendiri. Cepat atau lambat, pasti semua orang dituntut harus bisa hidup mandiri guna untuk kebertahanan hidupnya.

  1. Belajar Multitasker, Karena Akan Ada Saatnya Bertemu dengan Pekerjaan yang Harus Diselesaikan dalam Satu Waktu

Melakukan pekerjaan dalam satu waktu memang menyulitkan, terutama jika semua pekerjaan mempunyai deadline yang waktunya hampir bersamaan. Namun hal ini bisa dilakukan dengan baik kok, asalkan Anda mau berusaha untuk terus menyelesaikannya. Apabila saat duduk di perkuliahan Anda terbiasa dengan tumpukan tugas-tugas yang waktunya bersamaan, kemungkinan saat menghadapi pekerjaan seperti ini Anda juga akan terbiasa untuk menyelesaikan pekerjaan dengan deadline yang hampir bersamaan.

Itulah beberapa soft skills yang seharusnya Anda dapatkan semasa kuliah, agar suatu saat bisa jadi sarjana yang siap kerja. Setelah Anda menguasai soft skills yang bisa di asah tersebut, maka  lama dan mahalnya biaya kuliah pun mungkin tidak akan menjadi suatu masalah besar bukan? Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top