Peluang Usaha

5 Bisnis Sampingan yang Bisa Ditekuni di Sela Jam Kuliah dan Kerja, Coba Yuk!

Di zaman sekarang ini jika tidak kreatif pasti akan ketinggalan, begitu pula dengan hal menambah pendapatan dan pintar memanfaatkan peluang. Apalagi, melihat jutaan anak muda di Indonesia yang saling berlomba untuk menjadi sukses dengan caranya masing-masing. Bagaimana dengan diri Anda? Apakah Anda juga terpacu untuk semangat menempuh kesuksesan? Meskipun, terkadang kesibukan menjadi alasan dan penghalang untuk Anda melakukan hal yang demikian. Mengingat bahwa Anda memiliki pekerjaan yang terbilang padat dan sibuk dari pagi hingga sore, sehingga tidak sempat mengerjakan hal lainnya. Sebenarnya meski Anda sibuk kuliah dan bekerja menjadi seorang karyawan, tetap masih bisa kok mempunyai bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Nah, bagi Anda yang ingin memulai usaha sampingan yang bisa ditekuni di sela jam kuliah dan kerja. Cobalah 5 ide bisnis yang mudah dilakukan dan potensial penghasilannya berikut ini.

  1. Bisnis Kuliner

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa bisnis kuliner adalah bisnis yang memiliki potensi sangat besar bahkan tidak akan pernah mati. Untuk memulainya, Anda tidak harus membuka bisnis kuliner yang mewah dan besar. Namun, Anda bisa memulainya dengan menjual camilan atau jajanan kekinian di area car free day atau online. Jika mempunyai mobil, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai lapak yang bisa berpindah-pindah seperti food truck yang menarik. Selanjutnya, pilihlah menu makanan yang sedang ngehits atau sedang banyak di cari oleh para pemburu makanan seperti ice cream, kebab, roti maryam dan lain-lain. Selain untungnya lumayan, bisnis ini juga tidak akan mengganggu waktu kuliah dan kerja Anda kok. Cukup lakukan bisnis ini, sepulang kuliah atau sepulang jam kerja.

  1. Jasa Titip di Akhir Pekan

Anda sering keluar kota untuk melaksanakan tugas kantor atau pulang kampung yang kebetulan daerahnya mempunyai banyak outlet potensial? Nah, Anda bisa sekalian untuk mencoba jenis usaha jasa titip dong. Pertama Anda bisa menawarkan kepada teman-teman kampus atau kantor, bahwa di kampung halaman Anda terdapat banyak makanan favorit dan lezat-lezat. Jika mereka berminat untuk membeli, maka Anda bisa menampungnya sebanyak mungkin apa yang mereka pesan. Asalkan barang yang dibeli juga ditambah biaya jasa titip, sehingga Anda mendapatkan keuntungan dari sini. Lumayan kan?

  1. Membuka Bisnis Online Shop dengan Sistem Barang Dropshipping

Bisnis online shop merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan, apalagi menggunakan sistem dropshipping. Tanpa perlu modal yang banyak, hanya memerlukan ketelitian dan relasi yang banyak pun Anda sudah bisa menjalankannya. Pertama, Anda harus mencari supplier yang menyediakan harga paling rasional. Kemudian, mintalah izin kepada supplier tersebut untuk menjadi reseller yang ikut memasarkan produk-produk mereka. Lalu, mulailah untuk memasarkan barang melalui media sosial atau kepada teman kuliah dan rekan kerja Anda. Namun, jangan lupa untuk menaikkan harga terlebih dahulu agar menjadi pemasukan ke dompet Anda. Jika ada pesanan, mintalah supplier untuk mengirimkan barangnya ke alamat pembeli. Dengan cara begini, Anda tidak perlu memikirkan produksi dan stok barang, waktu pun tidak akan banyak tersita dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

  1. Menjual Produk dari Bakat Seni yang Anda Miliki

Apabila Anda memiliki bakat seni, kenapa tidak memanfaatkannya sebagai ladang bisnis? Seni merupakan keindahan, Anda bisa menghasilkan sebuah produk lalu menjualnya dengan harga yang lumayan. Contohnya Anda memiliki bakat menggambar, buatlah sketsa wajah yang sering dibutuhkan orang sebagai kado atau hadiah untuk orang yang spesial. Sedangkan, jika Anda memiliki bakat menulis maka manfaatkan akhir pekan untuk menjadi seorang freelance writer atau merancang plot untuk novel Anda sendiri. Menyalurkan bakat seni ini tidak harus terikat instansi kok, Anda hanya membutuhkan kemauan dan kesempatan untuk mengembangkannya. Jika sudah ada kesempatan, maka lakukanlah semaksimal mungkin. Karena selain potensial dalam keuangan, mungkin saja pekerjaan tersebut menjadi bisnis utama Anda.

  1. Menjual Pernak-Pernik yang Unik dan Langka

Untuk menambah pundi-pundi rupiah, Anda juga bisa menjual pernak-pernik yang unik dan langka. Selain mudah didapatkan, pernak-pernik ini juga timeless atau tidak kadaluwarsa. Dengan sistem pre-order, tentu bisnis ini tidak akan mengusik uang saku dan tabungan Anda. Hal yang perlu Anda lakukan di sini adalah kekreatifitasan dan pandai memilih barang-barang yang unik. Apalagi jika pernak-pernik yang dibuat tersebut adalah buatan tangan Anda sendiri, pasti bisa lebih mahal.

Itu dia 5 bisnis sampingan yang bisa ditekuni di sela jam kuliah dan kerja. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tidak harus selalu menjalankan bisnis yang mewah dan besar kok. Yang penting, teruslah buka mata dan lihat peluang emas disekeliling Anda. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top