Tips

5 Cara Ampuh Atasi Risiko dalam Bisnis Rental Mobil

bisnis-rental-mobil

Dalam bisnis, termasuk bisnis rental mobil pasti punya risiko di dalamnya. Meski memiliki risiko, kita sebagai pebinsis tak perlu takut menghadapinya. Sebab, risiko yang ada pada bisnis, termasuk bisnis rental mobil ini bisa diminimalisir bahkan dinihilkan. Cara untuk meminimalisir atau menihilkan risiko yang ada, seseorang perlu berinisiatif dan berusaha bagaimana risiko-risiko yang ada pada bisnis rental mobil bisa diatasi.

Risiko Usaha Rental Mobil

Usaha rental mobil dimana ada layanan atau jasa menyewakan mobil pada orang lain, pastinya memiliki risiko didalamnya. Nah berikut ini adalah beberapa risiko yang bisa menhampiri para pengusaha bisnis rental mobil bila tak mewaspadainya :

  • Penjualan mobil sewa oleh penyewa secara sengaja
  • Pencurian mobil oleh pihak oknum penyewa
  • Penggadaian mobil sewa
  • Pemakaian mobil sewa untuk tindak kejahatan
  • Pelanggaran kesepakatan tentang pengembalian mobil tanpa pemberitahuan

Cara Mengatasi Risiko Bisnis Rental Mobil

Untuk menghindari risiko-risiko yang ada pada bisnis rental mobil maka ada beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan para pebisnis, yakni :

  1. Memperketat Persyaratan

Pertama, cara ampuh atasi risiko bisnis rental mobil adalah dengan memperketat persyaratan untuk sewa mobil. Cara ini dilakukan bukan untuk mempersulit penyewa, tapi hal ini dilakukan untuk saling menjaga kepercayaan. Bila Anda bisa menjelaskan pada penyewa maka pihak penyewa pasti setuju dan tak akan merasa disulitkan. Tapi jika ada calon penyewa yang tidak setuju dengan persayaratan yang diajukan justru penyewa tersebut bisa terindikasi sebagai penipu. Jadi jangan ragu dan takut kehilangan pelanggan saat melakukan hal ini. Beberapa persyaratan yang bisa diajukan untuk sewa mobil untuk keamanan dan kenyamanan bersama adalah KTP asli, kartu keluarga (KK), dan surat atau serta dokumen penting lainnya.

  1. Memasang Alat Pelacak Pada Mobil Rental

Bila punya dana lebih maka Anda bisa meminimalisir risiko pencurian mobil rental oleh oknum ini dengan cara memasang alat pelacak pada mobil. Dengan adanya alat pelacak tersebut Anda bisa mengetahui posisi mobil yang sedang disewa. Jadi bila mobil terlihat tidak di posisi sebenarnya maka Anda bisa dengan cepat mengantisipasi pencurian dengan mendatangi oknum atau melaporkan ke polisi.

  1. Menilai Calon Peminjam

Tidak ada salahnya Anda melakukan penilaian pada calon penyewa mobil asal dilakukan secara wajar. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti nama, alamat dan keperluan menyewa mobil untuk melakukan penilaian. Lakukan juga pengamatan terhadap sikap dan tingkah laku dari penyewa. Jika kemudian didapati jawaban atau juga sikap yang mencurigakan yang mengarah pada munculnya risiko, maka Anda bisa saja membatalkan penyewaan.

  1. Melakukan Administrasi Rental yang Baik

Tak jarang munculnya risiko pada bisnis rental mobil ini dikarenakan adanya administrasi yang buruk. Ketika administrasi dikelola dengan buruk memang memungkinkan munculnya beberapa hal yang terlupakan seperti penyewa dan mobil yang disewakan. Nah saat pebinis lupa ada mobil yang keluar atau disewakan maka keadaan tersebut memicu adanya penipuan yang dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

  1. Bergabung dengan Asosiasi Pengusaha Rental Mobil

Terakhir, cara ampuh yang bisa dilakukan pebisnis rental mobil untuk meminimalisir risiko usaha adalah dengan bergabung dengan asosiasi pengusaha rental mobil. Asosiasi pengusaha rental mobil Indonesia yang tergabung dalam ASPERKINDO memang sudah mempunyai afiliasi dengan beberapa lembaga negara seperti POLRI. Dengan kerjasama dengan POLRI maka jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tindak pencurian akan segera bisa diatasi. Selain bisa terbantu oleh POLRI dalam urusan-urusan tadi, dengan bergabung dengan asosiasi pengusaha rental mobil akan membuat Anda bisa mendapatkan info-info penting berkaitan dengan dunia rental mobil.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pengusaha rental mobil untuk mengantisipasi risiko bisnis rental mobil. Ketika Anda bisa meminimalisir atau bahkan menihilkan risiko pada bisnis rental mobil maka akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh seperti keuangan yang sehat dan omset yang terus meningkat. Jadi jangan ragu untuk melakukan hal-hal di atas bila Anda ingin membuat bisnis rental mobil Anda sukses dan berjaya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top