Bisnis Online

5 Jenis Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Para Pensiun

Berbisnis merupakan hal lumrah yang dilakukan sebagian besar orang untuk bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan. Pilihannya pun juga sangat banyak. Seseorang bisa melakukan bisnis apapun sesuai dengan minat, ketrampilan, peluang, hingga besarnya ketersediaan modal. mengingat bisnis merupakan sesuai yang bisa jadi akan dilakukan seumur hidup, maka usahakan untuk memilih bisnis yang benar-benar sesuai dengan pribadi anda, serta kondisi keuangan.

Umumnya, seseorang akan memulai bisnis pada usia muda atau usia-usia produktif. Karena, pada usia produktif seseorang akan lebih memiliki kebebasan dalam melakukan segala hal berhubungan dengan bisnis tersebut. Lalu bagaimana dengan mereka yang memulai bisnis pada usia pensiun ? apakah mereka masih dapat memulai bisnis ? atau bisnis apa yang cocok untuk mereka ?

Nah, meskipun usia produktif dianggap usia yang tepat untuk memulai membangun bisnis, namun nyatanya mereka yang telah masuk usia pensiun juga masih banyak yang tak mau kalah. Jika anda salah satu orang sebentar lagi memasuki usia pensiun, atau malah sudah pensiun, beberapa bisnis berikut bisa jadi cocok untuk anda lakukan.

  1. Membuka jasa rental kendaraan (motor atau mobil)

Selain bisnis sewa rumah atau kos-kosan, bisnis selanjutnya yang cocok bagi anda yang telah pensiun adalah bisnis jasa rental kendaraan, baik motor atau mobil. Bisnis ini juga memerlukan modal yang tak sedikit, namun keuntungannya juga sangat besar. Anda bisa mencoba memanfaatkan tabungan masa tua anda yang telah terkumpul bertahun-tahun sebelumnya untuk memulai membuka bisnis ini. Untuk memudahkan pemasaran dan pemesanan anda juga bisa mencoba bisnis ini melalui pemesanan online.

  1. Membuka toko kelontong atau toserba

Selanjutnya ada anda bisa juga mencoba keberuntungan dengan membuka toserba atau toko kelontong. Jika dibandingkan dengan bisnis sebelumnya, bisnis ini memerlukan modal yang jauh lebih rendah. Terlebih jika anda telah memiliki bangunan atau rumah sendiri yang bisa digunakan untuk membuka toko. Namun untuk menekan pengeluaran, anda juga bisa mencoba melakukan pemasaran, penjualan, dan pembelian secara online. Seperti kita tahu sekarang ini sudah semakin banyak produk-produk yang dijual secara online.

  1. Bisnis Kuliner

Selanjutnya, anda bisa mencoba bisnis kuliner. Saat ini bisnis kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang paling diperhitungkan. Banyak pebisnis berlomba-lomba membuka bisnis kuliner dengan menawarkan berbagai jenis makanan yang menarik. Nah, biasanya mereka yang masuk usia pensiun telah memiliki banyak pengalaman terhadap masak-memasak. Jika iya, anda bisa mencoba memulai bisnis ini dengan inovasi tertentu. Apakah bisnis ini bisa dijalankan secara online ? tentu bisa. Anda bisa mencoba startegi pemasaran dengan menyediakan pembelian online dan delivery order.

  1. Membuka Toko Pakaian

Bukan suatu yang baru lagi jika saat ini toko pakaian online sudah menyebar luas bak jamur di musih hujan. Toko online memang hadir untuk memudahkan banyak orang memilih, memesan, serta membeli pakaian tanpa harus keluar rumah, bermacet-macetan dijalan, atau berdesa-desakan di pasar atau mall. Sejauh ini cara ini dirasa cukup efektive digunakan berbisnis tanpa harus mengeluarkan modal banyak. Anda juga boleh mencoba bisnis ini, namun pikirkan matang-matang jenis brand seperti apa yang ingin anda berikan. Jangan sampai anda hanya ikut-ikutan tanpa memiliki ciri khas sendiri.

  1. Penulis Lepas

Saat ini penulis lepas juga banyak dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya anak remaja, atau dewasa saja, anda yang telah masuk usia pensiun juga bisa menjadi penulis lepas secara online. Aktifitas ini selain untuk mengisi waktu, juga bisa anda ikuti untuk memenuhi hobi anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: