Tips

5 Kebiasaan yang Membuat Anda Sulit Naik Jabatan, Waspadalah!

Setiap pegawai yang bekerja, baik di perusahaan swasta maupun negeri pasti ingin mendapatkan promosi jabatan yang posisinya lebih baik. Hal ini dikarenakan, promosi jabatan menjadi lompatan karir yang sangat penting sebab dapat mempengaruhi remunerasi seseorang. Sebagai karyawan, tentu saja Anda tidak mau kan terus menerus menjadi bawahan dengan tugas yang sama serta gaji yang tidak mengalami peningkatan? Tidak cuma itu, menjadi seorang bawahan terus menerus juga tidak menyenangkan karena setiap harinya berada di bawah tekanan atasan. Bagi Anda seorang karyawan yang ingin naik jabatan, sebaiknya hindari 5 kebiasaan berikut ini karena dapat membuat Anda jadi sulit naik jabatan.

  1. Tidak Inisiatif dalam Melakukan Pekerjaan

Setiap perusahaan, pasti akan memberikan independensi tertentu kepada para pegawainya dalam melakukan pekerjaan. Saat bekerja, Anda tidak boleh hanya menunggu perintah atau petunjuk apapun dari atasan. Jika seperti itu, Anda hanya akan dinilai sebagai karyawan yang pemalas dan tidak cekatan sehingga tidak pantas untuk naik jabatan. Cobalah untuk inisiatif dalam melakukan pekerjaan, agar pekerjaan yang sedang dijalankan cepat selesai. Selain itu, ingatlah selalu kalimat berikut ini. “Sebagai perusahaan, kami hanya akan mencari pegawai yang dapat menambah nilai keorganisasian, efektif dan efisien serta mampu memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan maupun klien kami. Apabila kami harus terus menerus mengecek dan memastikan apakah para pegawainya mengerjakan tugas sesuai prosedur, tentu hal ini hanya akan membuang waktu dan energi saja yang seharusnya waktu tersebut dicurahkan kepada pekerjaan lain yang dapat memberikan nilai atau pendapatan lebih”. Dengan mengingat kalimat tersebut, Anda akan terus terpacu untuk menjadi seorang pegawai yang selalu inisiatif dalam melakukan pekerjaan tertentu.

  1. Sering Datang Terlambat dan Pulang Duluan

Mungkin, selama ini Anda beranggapan bahwa atasan tidak akan selalu memperhatikan kedisiplinan bawahannya. Meskipun atasan tidak akan selalu memperhatikan Anda, namun rekan kerjalah yang akan memperhatikan jika Anda sering datang terlambat dan pulang duluan. Kenapa Anda tidak boleh datang terlambat dan pulang duluan? Hal ini dikarenakan, datang terlambat ke kantor dapat memberikan kesan bahwa pekerjaan bukanlah suatu prioritas Anda. Bahkan, Anda juga terkesan seperti tidak menghargai waktu orang lain. Oleh sebab itu, mulai sekarang biasakan untuk datang tepat waktu agar atasan menyatakan bahwa Anda layak mendapat promosi jabatan serta rekan kerja pun akan segan terhadap Anda.

  1. Anda Jarang Terlibat dalam Diskusi

Menjadi pegawai, bukan berarti Anda hanya bertugas untuk hadir di kantor saja. Melainkan, Anda juga diharapkan untuk bisa berpartisipasi dalam pembicaraan mengenai pekerjaan seperti rapat. Jika Anda hanya duduk manis dan diam di ruangan saat rapat sementara rekan kerja Anda sibuk terlibat dalam diskusi, maka hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak bergairah terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan. Harusnya, Anda semangat dan tunjukkan bahwa kinerja Anda sangat baik untuk perkembangan perusahaan. Dari sini, atasan pasti akan melirik Anda dan memberikan nilai yang positif terhadap kinerja Anda sebagai pegawai yang patut untuk mendapat promosi jabatan.

  1. Hobi Mengeluh dan Moody-an

Siapa diantara kalian yang hobi mengeluh dan moody-an? Hati-hati, ini pertanda bahwa Anda tidak akan naik jabatan atau mendapat promosi jabatan. Lagi pula, siapa sih yang senang berada di dekat orang yang hobi mengeluh? Saat bekerja secara professional, tentu hal ini akan membuat Anda jadi frustasi. Namun, bukan solusi yang tepat jika Anda harus berusaha mengubah keadaan dengan cara mengeluh. Ada kalimat yang bisa Anda ingat agar tidak cepat mengeluh saat bekerja, yaitu “Belajarlah menangani situasi dan berhenti mengeluh, sebab tidak akan ada yang mau satu tim dengan Anda yang selalu mengeluarkan aura negatif. Sebaliknya, jika Anda tidak menyukai sesuatu maka belajarlah untuk menyukainya”.

  1. Terlibat Percintaan di Kantor

Tidak sedikit perusahaan yang melarang para pegawainya untuk terlibat dalam hubungan asmara di kantor, karena hal ini dapat merugikan posisi Anda dan dinamika tim kerja. Selan itu, hubungan asmara yang terjadi juga akan berdampak buruk terhadap proyek, promosi, pengembangan tim dan tanggung jawab. Nah, hubungan seperti itulah yang dapat membuat departemen Anda jadi kesulitan dalam beroperasi secara efektif dan efisien. Jangan sampai hal ini terjadi, apalagi hanya karena kesalahan Anda yang terlibat percintaan di kantor.

Demikian ulasan tentang 5 kebiasaan yang membuat Anda sulit naik jabatan, waspadalah dan jangan sampai melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top