Tips

5 Tips Jitu Menjalankan Usaha Kafe dengan Budget Pas-Pasan, Cobalah!

 

Merintis usaha di usia muda, memang cukup sulit dan banyak rintangannya. Namun tahukah Anda, bahwa merintis usaha sebaiknya dilakukan di waktu muda agar bisa hidup tenang di waktu tua. Bagi Anda kaum muda yang ingin memulai usaha, maka segmen pasar yang cocok dijalankan untuk anak muda adalah usaha kafe. Sayangnya, modal untuk memulai usaha yang satu ini tidaklah sedikit. Meski tidak dengan modal yang besar, usaha kafe ini juga bisa diwujudkan kok. Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha kafe dengan budget pas-pasan. Simaklah 5 tips jitunya berikut ini.

  1. Buatlah Konsep yang Unik, Agar Banyak Orang Tertarik untuk Mengunjungi Kafe Anda

Sebelum terjun ke bisnis kafe, sebaiknya buatlah konsep terlebih dahulu. Tanyakan dan survei, kira-kira Anda ingin memiliki kafe yang seperti apa? Nah, konsep dari kafe ini sangatlah berpengaruh terhadap kebutuhan yang nantinya akan dibeli. Misalnya, kafe yang cocok untuk nongkrong bersama teman dengan desain bangku-bangku panjang agar kapasitasnya lebih luas. Dekorasi pun bisa Anda sesuaikan dengan sekreatif mungkin, tidak perlu membeli peralatan yang mahal jika Anda sendiri mampu membuat berbagai hiasan unik yang bisa dimanfanfaatkan untuk mempercantik ruangan kafe. Namun jika target pasar Anda menyosor para pasangan yang mencari tempat nyaman dan romantis, maka desainlah kafe dengan meja atau kursi yang kapasitasnya dua orang. Agar lebih romantis lagi, Anda bisa menambahkan lilin dan bunga serta pencahayaan temaram sehingga mendukung suasana romantis di kafe Anda. Selain membantu Anda untuk membangun ide yang unik, membuat konsep juga memberikan deferensiasi untuk mengeliminasi barang-barang yang tidak diperlukan.

  1. Memanfaatkan Paviliun atau Teras Rumah Sendiri Sebagai Lapak Sementara

Selain konsep, hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah tempat dimana lokasi usaha akan didirikan. Menyewa ruko atau toko, pasti akan menghabiskan biaya sewa yang besar. Apalagi, modal yang Anda miliki cukup terbatas dan ala kadarnya saja. Jangan khawatir, selalu ada cara lain yang bisa dilakukan jika Anda mau terus berfikir. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan garasi atau paviliun rumah Anda sendiri atau partner bisnis. Apabila rumah Anda berada di pinggir jalan dan strategis, pasti akan lebih mudah menarik perhatian para pembeli. Selain itu, para konsumen juga akan lebih mudah menemukan lokasi kafe milik Anda tersebut.

  1. Memanfaatkan Peralatan Dapur yang Bisa Dipinjam

Peralatan dapur yang nantinya dibutuhkan untuk menjalani bisnis kafe, ternyata membutuhkan alokasi dana yang lumayan besar. Daripada Anda harus mengeluarkan dana yang besar, sebaiknya manfaatkan saja perabotan masak yang ada di rumah sendiri. Seperti wajan, panci, kompor, sendok makan dan lain-lain. Untuk sementara waktu ini, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan yang ada terlebih dahulu sampai usaha kafe benar-benar berhasil dan memiliki keuntungan lebih.

  1. Lakukan Penghematan Besar-Besaran Saat Membeli Perabotan atau Piring

Jika panci atau kompor bisa disiasati dengan meminjam, namun hal ini tidak berlaku bagi piring. Karena, Anda pasti akan membutuhkan banyak piring untuk menghidangkan makanan kepada para konsumen. Lantaran harga piring tidak murah, maka Anda bisa membeli piring yang terbuat dari rotan. Sebagai alas di atas piring rotannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan kertas nasi dan daun pisang. Nah selain hemat biaya, Anda juga bisa menghemat tenaga karena tidak perlu mencuci piring cukup hanya dengan membuang kertas nasi atau daun pisangnya saja.

  1. Temukan Strategi Promosi yang Unik Agar Pengunjung Terus Bertambah

Sebagai pebisnis muda ingin yang sukses, Anda tidak boleh kehabisan kreativitas untuk menarik perhatian para konsumen. Salah satunya adalah strategi promosi yang bisa terus Anda cari untuk menarik perhatian mereka. Contohnya Anda melakukan teknik promo “pesan sepuasnya, bayar ala kadarnya” atau diskon 50% untuk pengunjung yang memakai baju biru dengan berdasarkan waktu mulai dari jam 13.00-14.00. Nah, pada intinya teknik promosi ini dibuat agar orang-orang penasaran untuk berkunjung ke kafe milik Anda tersebut. Agar semakin dilirik dan dikenal oleh banyak orang, jangan lupa juga untuk memberikan bonus atau diskon seperti ice cream bagi mereka yang mau memposting kafe milik Anda di media sosial mereka.

Itulah dia 5 tips jitu menjalankan usaha kafe dengan budget pas-pasan yang bisa Anda terapkan. Dari sekian banyak poin di atas, hal yang paling penting adalah kerja keras dan jangan mudah putus asa. Selamat berusaha yah!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top