Lainnya

5 Tips Mudah Mengasuh Anak Sambil Bekerja

mengasuh_sambil_bekerja

Menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karir memang merupakan sebuah pekerjaan yang cukup sulit untuk diambil keputusannya. Apalagi jika seorang ibu harus bisa membagi waktunya antara anak dan pekerjaan. Bukannya bisa bekerja konsentrasi, tapi malah jadi gak karuan. Namun karena untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka banyak wanita lebih memilih bertahan menjadi wanita karir sekaligus menjadi ibu rumah tangga. Meskipun ini cukup berat dilalui, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menjalankan kedua pekerjaan ini dengan mudah. Lalu, apa saja cara tersebut? Berikut adalah 5 tips mudah mengasuh anak sambil bekerja.

  1. Selalu Meluangkan Waktu di Pagi atau Malam Hari

Jika tuntutan pekerjaan membuat waktu Anda terbatas, sehingga tidak bisa bertemu dengan anak di siang atau bahkan malam. Maka, salah satu solusinya adalah berupaya meluangkan waktu untuk si kecil. Misalnya saat pagi hari Anda membangunkan anak sembari melakukan hal-hal yang bisa membuatnya tertawa, mengantarnya ke sekolah dan menyiapkan sarapan serta bekal untuknya. Sementara jika di malam hari atau sepulang Anda bekerja, upayakan untuk menemaninya belajar atau sekedar bercanda gurau dengan si kecil. Ini memang terlihat sepele, namun bagi si kecil waktu dan kehadiran Anda akan sangat berarti baginya. Oleh karena itu, sesibuk apapun pekerjaan yang Anda jalani jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk anak baik di pagi maupun di malam hari.

  1. Buatkan Makanan Kesukaannya

Saat meluangkan waktu di pagi hari untuk si kecil, selanjutnya sering-seringlah membuatkan makanan kesukaan untuknya. Dengan membuatkan makanan kesukaannya, maka hal ini akan membuatnya terbiasa memakan masakan Anda dan akan membuatnya merasa kesulitan memakan masakan orang lain. Jika si kecil seperti ini, dia akan jadi rewel karena tidak mau makan masakan orang lain dan dia pun akan semakin merindukan Anda. Oleh karena itu, sebelum berangkat bekerja sebaiknya siapkan makanan kesukannya agar hubungan kalian menjadi semakin lengket dan harmonis. Anda pun juga bisa memperhatikan si kecil melalui vidio call saat di kantor, sehingga si kecil bisa merasakan kehadiran Anda setiap saat dan Anda pun tidak perlu cemas terhadap aktifitas si kecil.

  1. Menghubunginya di Sela-Sela Kesibukan

Tips berikutnya yang harus Anda lakukan dalam mengasuh anak sambil bekerja, yaitu menghubunginya di sela-sela kesibukan. Karena sesibuk apapun Anda di tempat kerja, sebaiknya selalu luangkan waktu dengan cara menghubungi si kecil. Selain itu, berikan dia perhatiaan dengan memberikan pertanyaan kecil seperti sudah makan atau apa yang sedang dia lakukan sekarang. Anda bisa lakukan hal ini dengan menghubunginya melalui vidio call, sehingga dia bisa melihat wajah Anda. Dengan demikian, dia tidak akan merasa kekurangan kasih sayang dan perhatian meskipun Anda tidak selalu berada di sampingnya setiap saat.

  1. Jangan Pernah Bohongi Dia Sekecil Apapun

Tips yang satu ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua, yaitu membohongi anak supaya mereka tidak menangis saat Anda pergi bekerja. Misalnya Anda hendak pergi bekerjanamun si kecilmalah menangis, lalu Anda membohonginya dengan mengatakan bahwa Anda hanya keluar sebentar. Padahal, si kecil bisa saja menunggu Anda sepanjang hari dan hanya akan membuatnya jadi rewel. Akhirnya, ini akan mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus berterus terang dan jelaskan saja dengan halus bahwa Anda pergi bekerjauntuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Buatlah dia paham dan mengerti akan kondisi Anda, sehingga dia dapat memahami dan tidak akan rewel saat ditinggal bekerja.

  1. Sediakan We Time Bersama Si Kecil

Setelah Anda sibuk bekerja, maka sediakanlah waktu luang khusus untuk si kecil. Ambilah waktu tersebut di akhir pekan atau bahkan di waktu cuti. Anda bisa mengambil cuti untuk membuat kegiatan rutin yang bisa meningkatkan ikatan bersama keluarga dan si kecil,seperti melihat movie marathon di rumah dengan menyediakan beberapa camilan. Dengan melakukan ini, maka dia tidak akan merasa kekurangan perhatian Anda sebagai orang tua.

Nah, itu dia 5 tips mudah mengasuh anak sambil bekerja. Bagaimana, tidak sulit bukan menjadi ibu rumah tangga dan wanita karir? Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top