Peluang Usaha

5 Tips Sukses Bisnis Cuci Motor, Coba Jalankan!

bisnis-cuci-motor

Cuci motor adalah salah satu bisnis yang ada di sekitar kita. Dengan jumlah motor yang semakin banyak dan kebutuhan akan motor bersih yang tinggi, memang membuat bisnis cuci motor ini tetap mendapat tempat di masyarakat. Apalagi saat musim hujan dan membuat motor cepat kotor, maka permintaan akan jasa cuci akan meningkat drastis. Tapi meski demikian karena bisnis cuci motor ini terbilang sudah ketat persaingannya, maka Anda perlu berjuang ekstra keras untuk bisa sukses dalam menjalankannya. Tapi bagaimana cara untuk bisa meraih sukses dalam bisnis cuci motor ini. Berikut tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Pastikan Kualitas Cuci yang Berkualitas

Pertama, tips sukses menjalankan bisnis cuci motor adalah dengan memastikan kualitas cuciannya. Produk dari bisnis ini memang berwujud hasil kebersihan dari motor yang telah dicuci. Jadi bila motor yang dicuci tidak bersih maka itu artinya kualitasnya buruk. Tapi bila motor yang dicuci bersih maka bisa dikatakan kualitasnya baik. Bila Anda dari bisnis cuci motor tersebut mampu menghadirkan kebersihan pada setiap motor maka konsumen akan merasa puas. Ketika konsumen puas maka mereka tak akan segan untuk terus berlangganan pada bisnis Anda. Dan saat banyak konsumen yang menjadi pelanggan, maka bisnis Anda pun akan berpeluang lebih sukses.

  1. Hadirkan Kecepatan dan Pelayanan yang Ramah

Anda tidak hanya bisa mengandalkan kualitas kebersihan saja bila mendapati persaingan yang sangat ketat dibidang bisnis ini. Faktanya, bisnis cuci motor memang semakin hari semakin ketat tingkat persaingannya. Nah saat bisnis cuci motor yang Anda jalankan mendapatkan persaingan yang sengit dari kompetitor maka Anda perlu bergerak untuk menghadirkan beberapa hal selain hanya kualitas kebersihan. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan kecepatan dan pelayanan yang ramah. Dengan melayani lebih cepat tapi tetap memperhatikan kebersihannya, maka akan banyak orang yang menyukai bisnis Anda. Apalagi bila kemudian Anda juga menghadirkan pelayanan yang ramah, maka bisnis Anda pun akan semakin diminati konsumen.

  1. Berikan Garansi

Berikutnya, tips sukses menjalankan bisnis cuci motor adalah dengan menghadirkan garansi. Bila Anda merasa bahwa bisnis cuci motor Anda sepi peminat karena konsumen yang lebih memilih kompetitor, maka usaha yang perlu dijalankan harus lebih keras. Nah salah satu usaha keras yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen adalah memberikan garansi. Garansi untuk bisnis cuci motor yang bisa Anda berikan adalah garansi bersih dalam 3 hari atau garansi cuci kembali bila kotor dalam pemakaian 2 hari. Memang memberikan garansi seperti ini seperti berjudi dengan risiko. Tapi yakinlah bila Anda yakin dengan kualitas kebersihan yang dihadirkan maka Anda tak perlu ragu untuk menghadirkan garansi.

  1. Ciptakan Tempat Menunggu yang Nyaman

Ketika mencuci motor, seseorang pastinya diharuskan untuk menunggu. Nah saat menunggu inilah konsumen akan merasakan bagaimana mereka puas atau tidak. Mengapa demikian? Sebab, saat menunggu dan konsumen merasa tidak nyaman maka mereka akan tidak puas dengan bisnis cuci motor tersebut. Tapi bila bisnis cuci motor tersebut mampu menghadirkan tempat menunggu yang nyaman maka konsumen akan merasa puas. Saat konsumen puas dengan kenyamanan yang dihadirkan dari tempat cuci motor Anda maka mereka akan senang dan terus berlangganan pada Anda. Untuk membuat tempat menunggu yang nyaman, Anda bisa menghadirkan beberapa hal seperti tempat duduk yang nyaman, ruangan ber-AC atau juga menghadirkan televisi dan lain sebagainya.

  1. Hadirkan Promo

Terakhir, tips sukses bisnis cuci motor adalah menghadirkan promo. Jangan ragu untuk menghadirkan promo untuk bisnis cuci motor Anda. Sebab, promo akan banyak mengundang banyak konsumen datang dan mencuci motornya pada Anda. Tentu supaya tidak merugi, Anda perlu memperhitungkan dengan benar promo yang akan dihadirkan. Bentuk promo yang bisa Anda hadirkan untuk bisnis cuci motor ini antara lain cuci 10 kali gratis cuci satu kali, cuci 5 kali diskon setengah harga untuk cuci ke-6 atau juga promo cashback setiap berapa kali cuci motor. Dengan promo yang tepat maka Anda akan bisa menaikkan omset dan akhirnya mencapai sukses.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top