StartUp dan UKM

6 Kiat Atasi Persaingan yang Semakin Ketat pada Bisnis Kuliner

persaingan-dunia-kuliner

Dunia kuliner saat ini memang tumbuh semakin menggeliat. Bukti maraknya dunia kuliner bisa kita lihat dari semakin banyaknya pebisnis yang menekuni bisnis ini. Tentu saja bukan tanpa sebab para pebisnis kuliner ini berbondong-bondong menekuni usaha tersebut. Pasalnya permintaan pasar di masyarakat yang besar menjadi daya dorong para pebisnis kuliner ini hadir. Karena banyaknya para pebisnis yang muncul, tentu Anda yang juga sedang merintis bisnis kuliner ini akan merasakan persaingan yang cukup berat. Dari persaingan yang berat inilah tidak jarang banyak pebisnis yang tidak mampu melanjutkan usahanya. Anda sebagai pebisnis sejati, tentu Anda tak boleh menyerah dengan persaingan tersebut. Untuk bisa mengatasi persaingan yang ada, berikut ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan.

  1. Hadirkan Rasa yang Otentik

Kiat pertama untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat pada bisnis kuliner adalah menghadirkan rasa yang otentik. Bisnis kuliner memang bisnis yang mengandalkan kekuatan utamanya pada rasa. Tapi untuk bisa membuat Anda memenangkan persaingan, Anda tidak bisa mengandalkan rasa yang sama dengan tempat lainnya. Meskipun enak, tapi rasa yang sama dengan kuliner di tempat lain tidak akan membuat pembeli terkesima dengan bisnis Anda. Maka dari itu solusinya cobalah membuat perbedaan dengan menghadirkan rasa otentik. Dengan tidak mengkesampingkan unsur enak, Anda bisa menambahkan paduan rasa yang hanya bisa didapati di tempat Anda. Nah inilah yang dinamakan rasa otentik.

  1. Berikan Sebuah Pengalaman Berkuliner yang Berbeda pada Konsumen

Biasanya konsumen yang datang ke tempat kuliner akan melakukan tiga hal yakni pesan, makan dan pulang. Nah untuk Anda yang ingin memenangkan persaingan, cobalah untuk menghadirkan pengalaman lain yang unik dan menarik pada konsumen ketika berkuliner di tempat Anda. Beberapa contoh hal menarik yang bisa dihadirkan agar konsumen mendapatkan pengalaman berbeda saat berkuliner adalah berfoto selfie, bermain atau juga hal lainnya. Bila Anda memiliki kemampuan desain interior maka Anda bisa menyulap tempat Anda menjadi sebuah spot instagramable yang pastinya membuat konsumen mendapatkan pengalaman berbeda saat berkuliner. Hal lain yang bisa Anda hadirkan seperti menyediakan tempat nongkrong dan nobar atau kegiatan lain yang bisa membuat konsumen memperoleh pengalaman berkuliner yang menyenangkan.

  1. Hadirkan Kekhasan atau Ciri Khas dari Bisnis Kuliner Anda

Berikutnya, kiat mengatasi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis kuliner adalah dengan menghadirkan kekhasan atau ciri khas dari bisnis Anda. Tidak hanya dalam soal rasa yang otentik, tapi cobalah untuk menghadirkan hal lain yang bisa menjadi keistimewaan bisnis kuliner Anda. Untuk menghadirkan kekhasan atau ciri khas dari bisnis kuliner ini Anda tidak harus menghadirkan hal-hal yang mewah. Dengan hal-hal kuno atau jadul pun Anda bisa membuat ciri khas yang dapat membuat konsumen selalu tertarik ingin ke tempat kuliner Anda.

  1. Lakukan Strategi Marketing yang Tepat

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu hal yang pastinya dilakukan setiap pengusaha, termasuk pebisnis kuliner. Tapi sayangnya dalam kenyataanya, tidak sedikit pebisnis yang salah menjalankan strategi marketing. Dampaknya tentu saja mereka kemudian kedodoran dalam persaingan yang ketat tersebut. Maka dari itu jangan sampai salah menjalankan strategi marketing ini. Pastikan juga strategi marketing yang Anda jalankan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan. Contoh strategi marketing yang tidak tepat adalah menjalankan pemasaran online tapi target pasar adalah kalangan orang tua.

  1. Hadirkan Pelayanan Terbaik

Anda sebagai pebisnis sejati, tentu ingin konsumen Anda merasakan kepuasan yang bisa berdampak positif pada bisnis. Walau bisnis kuliner ini sejatinya bukan termasuk bisnis jasa, namun dalam praktiknya, ada sebuah service atau layanan yang muncul dalam kegiatan usaha tersebut. Nah dari sinilah bila Anda meremehkan faktor pelayanan, bukan tidak mungkin konsumen akan merasa kecewa. Jika konsumen sudah kecewa maka mereka akan berpindah ke tempat lain yang akhirnya membuat Anda berada di posisi sulit dalam persaingan.

  1. Jalin Retensi yang Baik dengan Setiap Konsumen yang Telah Membeli

Terakhir, kiat atasi persaingan yang semakin ketat pada bisnis kuliner adalah dengan menjalin retensi yang baik dengan setiap konsumen. Agar Anda mendapatkan pelanggan yang terus membeli produk kuliner Anda, memang diperlukan sebuah usaha. Nah salah satu usaha yang efektif untuk bisa membuat konsumen nyaman dengan bisnis Anda adalah menjalin hubungan baik atau retensi. Jadi setiap ada konsumen baru yang sudah datang, pastikan Anda mendapatkan kontaknya, baik itu berupa nomor telepon atau email, untuk Anda jadikan media komunikasi guna menjalin retensi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top