Bisnis Online

6 Panduan Ini Akan Membuat Anda Mampu Menghadirkan Toko Online di Instagram yang Mumpuni

toko-online-instagram

Instagram saat ini memang telah menjadi media sosial yang banyak digemari publik. Dengan menyandarkan basisnya pada konten gambar dan didukung beragam fitur, menjadikan Instagram semakin menarik bagi kalangan masyarakat biasa atau juga para pebisnis. Bagi para pebisnis, Instagram bahkan bisa dijadikannya sebagai toko online yang menjual beragam produk serta layanannya. Dengan besarnya jumlah pengguna Instagram membuat para pebisnis dengan toko online-nya memang dapat meraih banyak pembeli. Tapi untuk bisa mendapatkan banyak konsumen, para pebisnis perlu menerapkan beberapa panduan berikut ini.

  1. Membuat Akun Instagram Khusus untuk Toko Online Anda.

Hal pertama dan harus diperhatikan oleh pebisnis untuk membuat toko online di Instagram adalah membuat akun Instagram khusus untuk toko online. Karena bersifat khusus, maka dalam akun yang dibuat, haruslah benar-benar diperuntukkan untuk bisnis, bukan pribadi. Jadi meski Anda sendiri yang mengelola akun, jangan sampai Anda memposting sesuatu yang bersifat pribadi pada akun Instagram bisnis. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar memisahkan antara akun pribadi dan bisnis. Mengapa demikian? Sebab bila sebuah akun toko online bercampur dengan postingan pribadi, akan membuat bisnis terlihat tidak profesional. Jadi pastikan akun Instagram toko online benar-benar Anda gunakan khusus untuk keperluan bisnis saja.

  1. Mencari Pengikut atau Follower Sebanyak Mungkin

Setelah membuat akun khusus Instagram untuk bisnis, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari pengikut atau followers sebanyak mungkin. Keberadaan pengikut atau followers memang sangat diperlukan bisnis untuk meningkatkan kredibilitasnya. Semakin banyak pengikut yang didapatkan, semakin banyak pula peluang toko online meraih pembeli. Cara untuk bisa mendapatkan followers sendiri bisa Anda jalankan dengan tiga cara. Pertama, Anda bisa beriklan di Instagram. Kedua, Anda bisa menghadirkan kuis di akun populer dengan syarat harus mem-follow akun bisnis Anda. Dan cara ketiga adalah dengan membeli followers ke beberapa pihak yang menjualnya. Tapi pastikan Anda membeli followers yang benar-benar real atau nyata, bukan fake followers.

  1. Rajin Memposting Konten Bisnis

Berikutnya, panduan untuk membuat toko online di Instagram adalah dengan memposting konten-konten seputar bisnis. Setelah mendapatkan followers, tentu para pengikut bisnis Anda menunggu selalu postingan dari Anda. Nah maka dari itu rajin-rajinlah memposting konten yang berkaitan dengan bisnis Anda dengan baik. Jangan teralu juga sering memposting, karena hal ini bisa membuat followers bosan. Setidaknya dalam sehari ada sekitar 2-3 postingan saja itu sudah cukup baik untuk bisnis dan followers Anda. Tema postingan sendiri adalah seputar bisnis Anda seperti promosi produk/layanan, kegiatan bisnis dan lainnya.

  1. Perindah Foto Produk Anda

Karena Instagram merupakan media sosial berbasis gambar, maka mau tak mau Anda harus menghadirkan gambar atau foto yang paling bagus dan menarik. Untuk membuat foto jadi lebih bagus, pastikan Anda sedikit banyak memahami teknik dasar fotografi seperti pencahayaan, sudut kamera dan lainnya. Bila Anda butuh untuk editing, maka lakukan saja agar hasilnya lebih baik saat diposting. Dengan beberapa fitur editing yang ada di Instagram, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memperindah foto produk yang akan ditampilkan.

  1. Jangan Lupa Hadirkan Copywriting Pada Konten

Selanjutnya, panduan untuk membuat toko online di Instagram yang mumpuni adalah dengan menghadirkan copywriting pada konten. Jadi tidak hanya memposting foto terbaik, tapi untuk menarik konsumen untuk membeli Anda harus membuat copywriting yang baik pada caption Instagram. Penulisan copywriting pada caption memang sangat berguna supaya followers atau visitor yang melihat kemudian tertarik dan melakukan pembelian. Jadi jangan hanya membuat caption yang tak bermakna, tapi buatlah caption dengan teknik copywriting yang menjual.

  1. Jalin Interaksi yang Baik dengan Followers dan Netizen

Terakhir, panduan membuat toko online mumpuni di Instagram yakni dengan menjalin interaksi yang baik dengan followers dan visitor. Bila ada netizen yang menghubungi Anda via direct message (dm), maka Anda harus menjawabnya dengan cepat dan juga baik. Bila juga ada komen yang datang dari netizen dari postingan yang Anda unggah, maka Anda juga harus meresponnya dengan baik. Dari interaksi yang baik inilah maka toko online Anda akan dianggap konsumen sebagai tempat yang baik dan profesional.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top