Peluang Usaha

6 Tips Membuka Usaha Konveksi Rumahan, Yuk Coba!

konveksi-rumahan

Pakaian merupakan salah satu produk kebutuhan primer yang akan selalu dicari. Dari sini maka Anda yang sedang memikirkan cara mendapatkan penghasilan yang besar, maka menjadikan bisnis konveksi akan tepat untuk dijalani. Meski hanya dengan modal terbatas, Anda tak perlu khawatir untuk memulainya. Sebab, dengan modal yang tak terlalu besar Anda masih bisa menjalankan usaha konveksi dengan konsep rumahan. Dengan usaha konveksi rumahan tentu ada banyak hal yang bisa Anda hemat. Dari keuntungan yang diperoleh sedikit demi sedikit maka Anda bisa mengembangkan usaha konveksi ini menjadi lebih besar. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk menjalankan usaha konveksi rumahan.

  1. Optimalkan Lahan di Rumah

Pertama, tips membuka usaha konveksi rumahan adalah dengan mengoptimalkan lahan. Keuntungan menjalankan bisnis konveksi rumahan bagi Anda yang terkendala modal adalah mampu mengoptimalkan lahan di rumah sebagai tempat usaha. Jadi dari sini Anda tak perlu membeli atau menyewa tempat lagi yang membutuhkan biaya besar. Tapi memang untuk menjadikan rumah sebagai tempat usaha konveksi ini Anda harus merelakan sebagian lahan yang akhirnya membuat rumah jadi terasa lebih sempit. Namun jangan khawatir, ini kan hanya permulaan, karena seiring pertumbuhan bisnis nantinya Anda akan bisa mendapatkan dana untuk membeli atau menyewa tempat.

  1. Persiapkan dan Efektifkan Modal

Dalam usaha konveksi rumahan, modal memang menjadi urusan yang sangat riskan dan penting. Ini karena dengan keterbatasan dana yang ada, membuat Anda harus pintar memutar otak bagaimana bisa mengefektifkan modal. Tapi sebelum mengefektifkan modal, Anda terlebih dulu harus bisa mempersiapkan modalnya. Usahakan modal yang ada adalah dari diri Anda sendiri dan bukan dari hasil berhutang. Sebab, bila modal tersebut berasal dari berhutang maka hal ini bisa membebani keuangan Anda ketika merintis bisnis. Gunakan saja modal sendiri yang ada dan efektifkan semuanya untuk bisa memulai usaha. Tak masalah bila Anda hanya memulai dengan satu mesin. Sebab, nantinya setelah ini ada tips untuk memaksimalkan modal terbatas tadi untuk memproduksi pakaian lebih banyak.

  1. Tawarkan Kerjasama

Berikutnya, tips menjalankan bisnis konveksi rumahan adalah menawarkan kerjasama. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa dengan modal terbatas, Anda bisa memaksimalkannya dengan menawarkan kerjasama pada pihak lain. Jadi tanpa harus membeli mesin dalam jumlah banyak, Anda bisa menawarkan kerjasama menjahit yang dikenal dengan istilah makloon. Jadi dari kerjasama makloon ini produk Anda akan dibuat oleh pihak lain dan Anda hanya perlu membayar sewanya saja.

  1. Jangan Ragu untuk Menambahkan Bordir dan Sablon

Dengan persaingan yang semakin ketat dibidang konveksi, maka Anda perlu takut untuk berinovasi guna menghadirkan sesuatu yang disukai konsumen. Salah satu bentuk inovasi yang bisa Anda hadirkan dalam bisnis konveksi rumah adalah menambahkan bordir dan sablon. Dengan menambahkan bordir dan sablon maka produk konveksi Anda akan nampak lebih baik dan lebih baik. Tapi memang tidak semua produk konveksi bisa ditambahkan bordir atau sablon. Namun bila memang produk konveksi bisa Anda hadirkan bordir dan sablon maka jangan pernah ragu untuk mengaplikasikannya agar konsumen puas.

  1. Rencanakan dan Jalankan Strategi Pemasaran

Setelah produk konveksi rumahan Anda sudah jadi maka saatnya untuk menjalankan strategi pemasaran. Seperti pada bisnis-bisnis lainnya, pemasaran memang menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Sebab dari pemasaran inilah maka bisa ditentukan nasib usaha konveksi rumahan Anda. Bila Anda mampu menghadirkan pemasaran yang efektif maka Anda akan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dan usaha pun menjadi eksis. Di zaman dimana teknologi sudah sangat bertumbuh pesat maka pemasaran yang efektif untuk Anda jalankanlah adalah marketing online. Tapi jangan lupakan juga marketing offline yang bisa juga Anda jalankan seiring penerapan pemasaran online.

  1. Pertimbangkan Harga dan Kualitas

Terakhir, tips yang bisa Anda terapkan untuk jalankan usaha konveksi rumahan yaitu dengan mempertimbangkan harga dan kualitasnya. Meski Anda hanya menjalankan usaha konveksi skala kecil, tapi harga yang Anda tetapkan untuk produk perlu dipertimbangkan. Perlu Anda pahami bahwa harga-harga di pasaran untuk produk konveksi ini sangat bersaing ketat. Beberapa produsen bahkan ada yang menjual dengan harga murah. Harga murah yang dihadirkan tentu karena usaha konveksinya sudah besar. Nah Anda yang masih menjalankan usaha konveksi rumahan jangan ragu untuk menetapkan harga lebih asal sesuaikan juga dengan kualitasnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top