StartUp dan UKM

8 Keuntungan Berbisnis Franchise yang Menggiurkan

Siapa yang tidak tahu bisnis franchise atau waralaba? Bagi Anda yang ingin membuka bisnis instan tanpa harus mulai dari awal, maka bisnis franchise adalah solusinya. Selain prosesnya instan, ternyata menjalankan bisnis franchise juga bisa meraih kesuksesan dengan cepat lho. Tidak heran, di Indonesia sendiri sudah banyak yang membuktikan bahwa bisnis franchise untung dan menyukseskan. Sebut saja bisnis franchise seperti Pizza Hut, KFC, MC Donald, Hoka-Hoka Bento, A&W dan masih banyak lagi. Dalam bisnis ini, memang ada dua pihak yang saling bekerja sama untuk meraih keuntungan yaitu pihak pemilik usaha dan pelaku usaha. Prinsip usahanya bagi hasil, dimana pemilik usaha memberikan bisnis kepada pelaku usaha yang saling mengawasi agar tidak menimbulkan kesalah fahaman diantara kedua belah pihak tersebut. Nah, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis franchise sebaiknya pelajari keuntungannya terlebih dahulu yuk! Berikut ulasannya.

  1. Manajemen Bisnis yang Bagus

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari bisnis franchise adalah manajemen bisnis yang cukup bagus. Karena, di sini Anda tinggal menjalankan bisnis franchise yang sudah teruji dan terlatih dengan baik. Jadi, prosesnya akan lebih simple dan praktis bagi Anda yang akan menjalankannya.

  1. Tidak Perlu Membangun dari Awal

Selain manajemen bisnisnya bagus, Anda yang akan menjalankan bisnis franchise juga tidak perlu membangun bisnis dari awal. Hal ini dikarenakan, bisnis waralaba atau usaha yang Anda dapatkan dari pemilik usaha tersebut sudah tersusun dan tersistematis dengan baik lho. Mulai dari managemen perusahaan, strategi pemasaran, hingga cara menghadapi tantangan. Semua hal tersebut sudah diatur sedemikian rupa, sehingga Anda tidak perlu repot mengatur semuanya dari awal. Di sini, Anda tinggal menjalankan dan mengimplementasikannya dengan baik.

  1. Biaya Pemasarannya Rendah

Jika Anda menjalankan bisnis franchise, maka Anda tidak usah repot memikirkan biaya pemasarannya. Selain biaya pemasaran rendah, Anda juga tidak usah membuat iklan atau brosur untuk pengenalan produk serta tidak usah memikirkan perlengkapan ataupun segala sesuatu yang diperlukan dalam usaha tersebut. Sebab, semuanya sudah tersedia dengan lengkap. Nah, hal ini tentu akan lebih hemat bukan?

  1. Keuntungan yang Diperoleh Lebih Besar

Berbicara soal keuntungan, dalam menjalankan bisnis franchise ini tidak usah diragukan lagi. Sebab, dalam menjalankan bisnis franchise dijamin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Selain produk dan merknya sudah terkenal luas dikalangan masyarakat, peminatnya pun terbilang cukup banyak.

  1. Kemungkinan Terjadi Kegagalan dan Kerugian Sedikit

Tidak hanya keuntungan yang diperoleh lebih besar, ternyata menjalankan bisnis franchise juga memiliki kemungkinan kerugian yang sedikit lho. Karena, sudah ada sistem dan manajemennya yang bagus dan teruji. Hal ini, tentu berbeda dengan bisnis sendiri yang memiliki kemungkinan terjadi kegagalan cukup besar serta tidak ada pemandu yang ahli dan tidak ada pengawasan dari pihak lain.

  1. Tidak Usah Bingung Mencari Pelanggan

Selanjutnya, keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis franchise yaitu Anda tidak usah bingung mencari pelanggan. Jadi, Anda tidak perlu capek-capek untuk mengenalkan produk dan mencari konsumen. Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa merk dan produk dari bisnis franchise sudah dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian, konsumen akan datang sendiri tanpa harus Anda promosikan.

  1. Dukungan dan Keamanan Lebih Terjamin

Dukungan dan keamanan juga merupakan keuntungan yang bisa Anda raih dari bisnis franchise. Karena, pemilik usaha akan senantiasa memberikan bantuan dan arahan bagi Anda pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya. Mulai dari membantu menyediakan peralatan yang dibutuhkan, keamanan, hingga membantu dalam menciptakan kondisi yang baik dan efektif. Selain keamanan yang lebih terjamin karena dibimbing oleh ahli-ahli yang sudah profesional di bidangnya, pemilik usaha juga bisa menjadi jembatan bagi Anda untuk terhubung dengan pihak lain yang Anda butuhkan.

  1. Menggunakan Asas Keterbukaan

Terakhir, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis franchise adalah menggunakan asas keterbukaan. Pasalnya, keterbukaan menjadi salah satu hal yang harus ada pada bisnis franchise. Hal ini dikarenakan, sistem kerja dari bisnis franchise sendiri adalah kerjasama antara dua belah pihak yang saling berkaitan dengan suatu kesepakatan tertentu. Jadi, pelaku usaha harus selalu membuat laporan keuangan yang digunakan sebagai bahan laporan kepada pemilik usaha franchise tersebut.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis franchise. Jadi, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis yang praktis dan mudah mendapatkan keuntungan, maka bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top