StartUp dan UKM

Agar Produk UMKM “Go International” Lakukan Tips Berikut Ini

umkm-go-internasional

Meskipun hanya merupakan usaha mikro, kecil dan menengah, UMKM tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, jika sukses, produk yang dihasilkan UMKM bisa “go internasional”. Bukti UMKM yang sudah “go internasional” ini sendiri sudah banyak. Nah Anda sebagai pelaku usaha UMKM tentu sangat berharap produk Anda bisa mencapai luar negeri atau “go internasional”. Sebab produk yang bisa dipasarkan hingga mancanegara akan membuat kredibilitas dan omset semakin meningkat. Namun untuk bisa “go internasional”, seseorang pelaku UMKM haruslah berusaha dan bekerja dengan giat. Selain itu agar sukses menembus pasar global, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dan terapkan. Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat produk UMKM Anda bisa “go internasional”.

  1. Ciptakan Produk yang Memiliki Daya Saing yang Kuat

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar produk UMKM Anda bisa “go internasional” adalah dengan menciptakan produk yang berdaya saing. Dengan semakin besarnya pasar maka otomatis membuat tingkat persaingan menjadi semakin ketat. Nah karena makin ketatnya persaingan di pasar global, maka mau tak mau Anda harus membuat produk yang memiliki daya saing yang kuat. Produk yang berdaya saing kuat sendiri adalah produk yang memiliki hal yang serba mumpuni, termasuk salah satunya yang paling diperhitungkan adalah kualitas. Kualitas produk memang akan menjadi semacam garansi atau jaminan untuk memperbesar peluang Anda menembus pasar mancanegara. Semakin berkualitas dan bermutu produk UMKM yang Anda hasilkan maka semakin besar peluang Anda untuk bisa “go internasional”.

  1. Pastikan Kapasitas Mumpuni

Berikutnya, tips untuk pelaku usaha UMKM yang ingin produknya bisa “go internasional” adalah dengan membuat atau memastikan kapasitas produksi yang mumpuni. Dalam sekali pesan ke mancanegara memang dibutuhkan jumlah yang besar. Sebab bila mengirim dalam jumlah sedikit pastinya Anda atau pemesan akan mengalami kerugian. Nah jadi setelah Anda menciptakan produk berkualitas, maka saatnya untuk menambah kapasitas produksi agar pembeli tidak ragu untuk memesan dan membawa barang Anda ke mancanegara.

  1. Cermati Pasar

Agar produk UMKM Anda diterima dan disambut baik oleh pasar maka Anda harus cermat menentukan pasar yang tepat. Di macanegara sendiri memang ada beberapa jenis pasar, yakni pasar branded untuk kelas high end yang ada di Eropa serta pasar low end yang ada di China dan Vietnam. Nah untuk produk UMKM Indonesia sendiri paling pas mencari pasar yang ditengah-tengahnya. Dengan menempatkan diri di posisi tengah maka produk UMKM Anda akan lebih fleksibel dan juga lebih menguntungkan.

  1. Sesuai Produk Anda dengan Tren Global

Tidak hanya pasar di dalam negeri saja yang memiliki tren. Tapi di luar negeri atau mancanegara juga ada tren pasar yang harus Anda ketahui dan pahami. Dengan mengetahui tren pasar di luar negeri maka Anda akan lebih mudah untuk menarik pembeli. Sebab produk UMKM yang sesuai tren memang lebih banyak mendapat perhatian dari pada yang sudah ketinggalan zaman. Jadi jangan lupa untuk menyesuaikan produk UMKM Anda dengan tren global yang ada saat ini.

  1. Unik dan inovatif

Selain berkualitas serta sesuai dengan tren, produk UMKM yang mampu untuk “go internasional” biasanya memiliki karakteristik yang unik dan inovatif. Produk-produk yang biasa memang akan sulit bagi UMKM untuk menembus pasar luar negeri. Ini dikarenakan bila UMKM tidak menghadirkan kreativitas, maka produk yang dihasilkan akan sama saja dengan yang ada di sana. Produk yang sama dan tidak ada bedanya tentu akan membuat pembeli jadi enggan memesan. Nah maka dari itu agar produk UMKM “go internasional” maka Anda harus bisa menghadirkan keunikan dan inovaasi pada produk Anda tersebut.

  1. Lakukan Komunikasi Bisnis Internasional yang Baik

Terakhir, agar produk UMKM Anda bisa “go internasional” maka cobalah untuk melakukan komunikasi dengan baik dengan dunia internasional. Karena Anda akan menjual produk ke dunia internasional maka bahasa yang digunakan tentu adalah bahasa internasional atau bahasa Inggris. Nah maka dari itu supaya produk UMKM Anda bisa benar-benar “go internasional” Anda harus bisa berbahasa inggris yang baik. Jika memang Anda belum fasih berbahasa Inggris, belajarlah, hingga komunikasi bisnis Anda dapat membantu produk UMKM untuk “go internasional”.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top