Lainnya

Alami Stress Karena Kerja, Ini Tandanya! Jangan Sepelekan dan Segera Istirahat

stress-kerja

Bekerja adalah bagian dari kegiatan sehari-hari yang harus dijalani seseorang dalam hidupnya. Tapi dengan tuntutan hidup yang semakin tinggi membuat banyak pekerja yang kemudian mengalami stress. Stress akibat bekerja ini memang bukanlah sesuatu yang baik. Sebab untuk mencapai keseimbangan hidup, Anda juga harus bisa membuat harmoni dalam bekerja. Dan gejala stress yang Anda alami menjadi pertanda bahwa Anda tidak bisa mencapai harmoni dalam bekerja. Apapun sebabnya, stress dalam bekerja bukanlah sesuatu yang baik dan harus dihindari. Tapi seperti apakah tanda stress karena kerja tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Sulit Menyelesaikan Pekerjaan

Tanda pertama Anda mengalami stress kerja adalah sulit menyelesaikan pekerjaan. Bila selama ini Anda selalu kesulitan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan maka Anda harus waspada. Sebab bisa jadi Anda sedang mengalami stress kerja akibat beban kerja yang menguras pikiran. Pekerjaan yang sesuai bidang dan keseharian, memang sudah selayaknya bisa Anda selesaikan dengan baik. Bila Anda selama ini terbiasa menyelesaikan pekerjaan namun disuatu waktu kemudian Anda menjadi sulit atau membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikannya, maka Anda harus waspada. Sebab, bila keadaan ini dibiarkan saja maka stress kerja yang sedang Anda alami bisa mempengaruhi kesehatan diri. Perubahan atau perbedaaan yang terjadi ketika Anda menyelesaikan pekerjaan memang keanehan tersendiri. Biasanya hal ini terjadi karena pekerja yang sudah sangat bosan dengan pekerjaan yang sama setiap harinya atau juga ada pikiran lain yang mengganggu.

  1. Emosi Tidak Stabil

Untuk menghasilkan produktivitas kerja yang baik maka memang dibutuhkan emosi yang stabil. Dengan emosi yang stabil maka Anda bisa bekerja dengan tenang dan penuh fokus dan konsentrasi. Ketika Anda sudah bisa bekerja dengan fokus dan konsentrasi maka Anda pun akan mampu menghadirkan produktivitas kerja yang baik. Sebaliknya Anda yang bekerja dengan emosi tidak stabil maka akan membuat hasil pekerjaan menjadi buruk. Dan bukan tiu saja Anda yang bekerja dengan emosi tidak stabil bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami stress kerja. Beberapa karyawan yang mengalami emosi tidak stabil ini sendiri biasanya terjadi karena mereka hal lain yang menguras emosinya.

  1. Jenuh dengan Pekerjaan

Perasaan jenuh dan bosan memang bisa saja menyebabkan seorang pekerja mengalami stress. Ini karena dengan aktivitas yang sama setiap harinya akan membuat bekerja jadi tidak bersemangat. Dengan tidak adanya tantangan lebih, kebosanan dan kejenuhan yang dialami para pekerja ini dapat mengakibatkan stress. Apalagi bila keadaan jenuh ini ditambah dengan beberapa beban pikiran lain maka stress kerja yang dialami bisa bertambah berlipat-lipat. Maka dari itu ketika Anda mendapati kejenuhan dalam bekerja sebaiknya sesegera mungkin Anda untuk mengatasinya sebelum hal ini memunculkan stress.

  1. Susah Tidur Pada Malam Hari dan Insomnia

Gejala susah atau sulit tidur pada malam hari memang akan menjadi masalah tersendiri. Pasalanya Anda sebagai pekerja harus kembali memulihkan tenaga agar bisa kembali bekerja esok hari dengan lebih bersemangat. Bila Anda adalah salah satu orang yang sering mengalami gejala susah tidur pada malam hari hingga memicu insomnia maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami stress kerja. Stress kerja memang bisa membuat sistem dalam tubuh jadi bermasalah hingga menjadikan Anda sulit beristirahat pada malam hari. Tentu saja keadaan ini harus segera diatasi karena bila Anda terus-menerus mengalaminya maka akan membuat Anda jadi makin tak karuan.

  1. Mengalami Gangguan Kesehatan

Terakhir, tanda bahwa Anda mengalami stress kerja adalah Anda yang mengalami gangguan kesehatan. Dari semua hal yang disebutkan di atas memang akibat akhir yang harus Anda terima adalah kesehatan yang mengalami gangguan. Dalam dunia medis bahkan banyak pakar yang telah menyatakan bahwa pangkal semua penyakit yang ada adalah pada pikiran. Jadi bila pikiran Anda kacau akibat stress maka akan sangat mudah tubuh Anda terserang penyakit. Bila kesehatan Anda sudah mengalami gangguan akibat stress kerja tentu akan banyak hal merugikan yang harus Anda terima. Jadi untuk menghindari gangguan kesehatan ini maka jalan satu-satunya adalah Anda harus bisa mengatasi keadaan stress kerja tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top