Keuangan

Begini Cara Tukar Uang Receh Untuk Lebaran Tanpa Beranak Pinak

Setelah satu bulan lamanya berpuasa kini lebaran tinggal menghitung hari. Saat lebaran tak hanya menjadi hari kemenangan namun juga hari berkumpul bersama keluarga. Salah satu tradisi lebaran di tanah air dari dulu hingga kini ialah tradisi memberi angpao. Besaran angpao ini juga beragam sesuai kemampuan sipemberi. Biarpun beragam namun ada satu persamaan yang dimiliki ialah uang angpao biasanya menggunakan uang receh baru. Tak heran jika menjelang lebaran banyak ditemukan jasa tukar uang receh di pinggir jalan.

Inginnya tukar Rp.100.000 untuk pecahan Rp.2.000 namun beranak pinak menjadi Rp.120.000 yang mana Rp.20.000 bisa jadi biaya tukar uang itu sendiri. Bagi anda yang ingin tukar uang receh tanpa ingin beranak pinak bisa juga kok melalui beberapa lembaga berikut ini :

Bank Indonesia

Bank Indonesia memang menyediakan jasa penukaran uang mulai dari Rp.20.000 , Rp.10.000, Rp.5.000 hingga Rp.2.000.  Untuk menukarkan uang masyarakat dimintai kartu tanda penduduk.  Terdapat pula sistem paket yang diberlakukan yakni per orang maksimal menukarkan Rp.3.900.000 yang terdiri dari pecahan uang kecil. Dari paket tersebut terdapat pecahan Rp.20.000 sebesar Rp.2.000.000, pecahan Rp.10.000 sebesar Rp.1.000.000, pecahan Rp.5.000 sebesar Rp.500.000 dan pecahan Rp.2.000 sebesar Rp.400.000.

Lokasi Penukaran Uang Ada Di Tol

Selain di bank Indonesia, anda juga bisa menukarkan uang receh ini di beberapa tempat. Salah satunya ialah jalan tol seperti tol berikut ini :

  • Tol Ngawi – Kertosono Rest Area kilometer 597 – 626
  • Tol Cikampek kilometer 57
  • Tol Cipularang dan Purbaleunyi kilometer 72, 97, dan 147
  • Tol Surabaya
  • Tol Cipali kilometer 166
  • Tol Ungaran Rest Area kilometer 26
  • Tol Mojokerto-Jombang Rest Area kilometer 694 – 678

Anda juga bisa menukarkan uang di pelabuhan merak dengan menuju mobil kas BI keliling. Beberapa tempat wisata juga menjadi lokasi mobil kas BI keliling ini seperti alun-alun hingga Monas.

Seluruh Bank Negeri dan Swasta

Penukaran uang receh juga tersedia di seluruh bank negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan pecahan uang receh di bank tersebut anda juga perlu mengambil nomor antrian. Biasanya nomor antrian dibagikan satu hari sebelumnya dan masing-masing orang hanya bisa menukarkan satu paket saja.

Tips Menukarkan Uang Receh

Ada keuntungan jika anda menukarkan uang di bank – bank diatas. Salah satu keuntungannya ialah terhindar dari penipuan uang palsu yang marak terjadi setiap tahunnya. Anda juga tidak dikenakan biaya tambahan sehingga jumlah uang yang ditukarkan sama dengan jumlah uang yang diterima. Untuk menukarkan uang pecahan ada baiknya lakukan hal berikut ini agar transaksi anda berjalan lancar :

Tentukan Kebutuhan Uang Pecahan Yang Diperlukan

Langkah pertama ialah menentukan jumlah uang pecahan yang diperlukan. Apabila jumlah uang yang dibutuhkan tidak sampai satu paket maka ajaklah teman atau saudara yang ingin menukarkan uang.

Cari Tahu Lokasi Penukaran

Selanjutnya carilah informasi terkait  lokais penukaran uang. Anda bisa menanyakan customer service bank untuk mengetahui ketentuan penukaran uang receh. Mungkin ada persyaratan seperti menyerahkan kartu tanda pengenal sehari sebelumnya dan lain-lain.

Gunakan Busana Yang Nyaman

Tidak lupa untuk mengenakan busana yang nyaman agar saat antri anda tidak ribet dengan busana. Kadang antrian penukaran uang ini membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi jika mobil kas BI di parkir di luar ruangan. Tentu anda butuh busana yang nyaman dan adem seperti katun. Persiapan fisik juga perlu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya saat melakukan penukaran uang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top