Peluang Usaha

Beginilah Cara Cepat untuk Dapatkan Ide dan Gagasan Peluang Usaha, Yuk Terapkan!

 

Untuk merintis dan menjalankan sebuah usaha atau bisnis memang tak bisa dilakukan secara gegabah. Ada banyak yang perlu dipikirkan dan direncanakan termasuk salah satunya ide atau gagasan. Ide atau gagasan bisnis memang sangat penting untuk membuat usaha berprospek lebih bagus. Jadi bila ide bisnis yang dimiliki bagus maka akan ada peluang seseorang untuk bisa sukses mengembangkan usahanya. Dan sebaliknya bila ide bisnis yang digagas tidak brilian maka akan sulit bagi seseorang untuk meraih sukses.

Begitu pentingnya sebuah ide bisnis ini bahkan membuat beberapa orang melakukan riset dalam waktu satu hingga dua tahun. Sayangnya untuk mendapatkan ide dan gagasan bisnis yang baik ini tidaklah mudah. Anda sebagai pengusaha haruslah jeli dan tajam menangkap apa yang sedang terjadi di dalam dan di luar lingkungan. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang tepat dan cepat untuk Anda bisa terapkan guna memperoleh ide dan gagasan peluang usaha. Berikut ulasannya.

  1. Cari dari Sesuatu yang Sedang Trend

Pertama, cara yang paling umum dan sering digunakan seseorang untuk mendapatkan peluang usaha dengan cepat adalah mencarinya dari sesuatu yang sedang tren atau ngetrend. Perubahan selera publik setiap waktunya memang seringkali berpeluang menciptakan ide atau gagasan menarik untuk bisnis. Sebut saja tren baju yang setiap tahunnya berganti-gati atau juga tren kuliner yang kini sedang tren makanan pedas, dan lain sebagainya. Dari sini tren yang sedang menggejala di masyarakat tersebut bisa Anda tangkap dan Anda eksekusi menjadi sebuah ide aatau gagasan bisnis yang cemerlang.

  1. Fokus Pada Kemampuan Anda

Ide atau gagasan bisnis juga bisa muncul dari keahlian atau apa-apa yang kita kuasai. Namun sebelum menemukan ide bisnis dari cara kedua ini Anda diharuskan terlebih dahulu untuk melakukan eksplorasi diri. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya kemampuan yang terdapat dalam diri seseorang tidak jarang membuatnya binggung. Dari sinilah dibutuhkan fokus dan konsentrasi. Jadi fokuslah pada apa yang benar-benar Anda paling kuasai dan juga paling nyaman untuk dikerjakan. Biasanya hal ini disebut dengan passion.

  1. Jalankan Riset Pasar

Jika Anda masih belum yakin dengan tren dan kemampuan yang benar-benar dimiliki, maka Anda bisa beranjak pada cara ketiga yakni dengan melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar memang tidak semudah dengan melakukan pencarian sesuatu yang sedang trend. Hal ini dikarenakan riset pasar akan melibatkan beberapa isntrumen penelitian seperti persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Dari panjangnya proses yang harus dilakukan membuat cara keempat mendapatkan ide bisnis ini umumnya membutuhkan waktu yang lama. Meski lama tapi riset pasar biasanya mampu menghadirkan data yang akurat dan optimal untuk ide bisnis.

  1. Terapkan Metode ATM

Selanjutnya, cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ide dan peluang usaha secara cepat adalah dengan menerapkan metode ATM. Metode ATM sendiri adalah akronim dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Kegiatan ini tidak bisa dikategorikan sebagai plagiat. Hal ini dikarenakan ada unsur modifikasi. Jadi setelah Anda mengamati produk lain maka  akan muncul ide dan gagasan bisnis untuk kemudian Anda eksekusi menjadi produk unik dengan sentuhan modifikasi. Dengan menggunakan metode ATM ini maka Anda akan bisa mendapatkan ide dan gagasan yang bisa jadi sebelumnya tak terpikirkan.

  1. Ciptakan Ide Baru Sendiri

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan gagasan bisnis dengan cepat adalah dengan menciptakan sendiri ide baru. Cara yang satu ini memang menyimpan tingkat risiko yang tinggi untuk gagal. Maklum hal ini merupakan sebuah terobosan yang bisa saja terbilang masih sangat baru dan belum ada di lapangan. Namun dibalik risiko kegagalan yang ada, ide baru yang Anda gagas juga punya peluang besar untuk sukses. Jadi bila Anda sudah buntu dengan semua cara di atas maka tak ada salahnya untuk menciptakan ide baru sendiri.

Inilah beberapa cara untuk mendapatkan ide dan gagasan bisnis dengan cepat. Dari beberapa cara yang ada tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Maka dari sini Anda pun bisa memilih salah satu cara sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top