StartUp dan UKM

Berapa Sih Modal Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Start Up?

Salah satu alasan mengapa usaha Startup banyak diminati adalah adanya anggapan jika usaha ini mudah dan murah untuk memulai. Apakah anda salah satu yang berpendapat dengan uang $ 100.000 dan skill anda sudah bisa mendirikan sebuah usaha Startup? Kenyataannya mendirikan usaha Startup tidak semudah itu dan membutuhkan dana yang tidak sedikit dan ditunjang dengan skill developer yang tepat sehingga bisnis dapat berjalan serta menguntungkan. Jika anda penasaran, berikut beberapa ulasan bisnis Startup yang telah sukses serta berapa biaya yang digunakan untuk memulainya. Mungkin beberapa diantaranya bisa memberikan perkiraan bagi anda yang juga tertarik dengan usaha ini.

  1. Twitter

Hendrick Werdelin selaku Managing Partner dari PreHype mengatakan bahwa membuat sebuah aplikasi seperti Twitter tidaklah semudah yang dibayangkan. Masalahnya bukan pada cakupan teknologi yang dibutuhkan namun tentang bagaimana menciptakan experience layer dari interface yang membuat suatu produk relevan dan intuitif untuk digunakan banyak orang sekaligus mempromosikan value dengan cepat dari produk tersebut dalam waktu yang bersamaan. Produk tanpa scability maka tidak akan ada apa-apanya. Dalam membangun bisnis Startup seperti Twitter diperlukan proses, struktur, analytic, feedback dan tentunya komunitas yang akan menunjang kesuksesan aplikasi ini kedepannya. Belum lagi jika ditambahkan dengan biaya Minimum Viable Product pada pasar maka perkiraan dana yang dibutuhkan adalah dalam kisaran $ 50.000 sampai $ 250.000.

  1. Instagram

Skill untuk menangani filtering gambar untuk iOS yang cakupannya luas dan muatan dari gambar yang menjadi keunggulan utama sangat diperlukan dalam pengembangan Instagram, apalagi gambar ini juga memiliki muatan yang berat. Dana yang dibutuhkan untuk pembuatan Instagram berkisar $ 100.000 sampai $ 300.000. Kevin Systrom meluncurkan Instagram dengan 25.000 beta user pada tanggal 6 Oktober 2010. Dua tahun setelah diciptakan Instagram tetap memperlihatkan performa yang besar hingga memilliki 150 juta users aktif. Kevin Systrom saat ini telah menjadi seorang multi-millionaire dari hasil menjual perusahaan ke Facebook seharga 1 milyar dollar.

  1. Facebook

Ben Schippers yang merupakan cofounder dari HappyFunCorp, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang web development yang membangun situs untuk Teepublic, Of A Kind dan Yeah TV!, mengatakan bahwa Facebook membutuhkan dana sebesar $ 500.000 dan waktu sembilan bulan untuk mengembangkan desainnya. Biaya ini tergolong kecil dibandingkan dengan biaya operasionalnya. Melihat pertimbangan perbedaan biaya storage pada tahun 2002, Schipper mengestimasi bahwa Facebook akan menghabiskan dana sebesar $ 3.000 per bulan untuk biaya hosting pada tahun pertama dan $ 10 juta per bulan pada tahun 2006 saat jaringan Facebook semakin tumbuh besar seperti saat ini.

  1. Uber

Uber membutuhkan dana sebesar $ 50 juta untuk membangun produknya dari awal hingga dengan literasinya saat ini. Dana ini kemudian ditunjang dengan Google dan Benchmark yang berinvestasi sebesar $ 258 juta pada bulan Agustus 2013. Jika dilihat berdasarkan pendanaan awalnya, Minimum Viable Product untuk Uber membutuhkan dana kisaran $ 1 juta sampai $ 1.5 juta.

  1. Pinterest

Founder Neverbland, Same Mathew mengatakan bahwa Pinterest dapat diciptakan oleh tim yang terdiri atas 4 orang dalam waktu 120 hari dengan dana $ 120.000. Mathews juga mengestimasikan biaya Pinterest yang perusahaannya berbasis di San Fransisco dengan jumlah karyawan 150 orang dan dana $ 2 juta perbulan untuk biaya developer dan storage sebagai maintain produknya agar terus dapat berkembang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top