StartUp dan UKM

Bidang Bisnis UKM yang Memiliki Prospek Masa Depan Bagus dan Menguntungkan

UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah salah satu usaha yang dapat membantu menggerakkan perekonomian Indonesia. Beberapa informasi menyatakan bahwa UKM menyumbang sekitar 60% dari PDB yang juga memberikan kesempatan kerja bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itulah, bisnis UKM akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha yang menguntungkan. Meskipun kelihatannya mudah, namun ada juga beberapa orang yang mengalami kesulitan dalam memilih bisnis yang tepat dan cocok. Nah, bagi Anda seseorang yang juga kesulitan untuk menentukan pekerjaan yang cocok. Simak 5 bidang bisnis UKM yang memiliki prospek masa depan bagus dan menguntungkan berikut ini.

  1. Bidang Fashion (Pakaian)

Fashion (pakaian) adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan oleh manusia. Oleh karena itu, bisnis pakaian tidak mungkin dihilangkan. Dalam bisnis fashion atau pakaian, Anda akan menemui beberapa jenis pakaian yang bisa dipasarkan. Diantaranya yaitu pakaian anak, remaja dan dewasa yang dikategorikan untuk laki-laki atau perempuan. Ada juga model atau jenis pakaian yang bervariasi seperti casual, muslim dan masih banyak lagi. Melihat banyaknya kategori tersebut, tentunya ini akan menambah potensial bagi bisnis Anda. Bagusnya lagi, untuk memulai bisnis ini modalnya cukup minim lho. Karena, sekarang ini sudah banyak suplier fashion yang memberikan penawaran untuk mereka yang ingin menjadi seorang dropship atau reseller. Melihat begitu pentingnya peranan fashion bagi semua orang, maka fashion menjadi bisnis yang memiliki prospek masa depan bagus dan menguntungkan.

  1. Bidang Kuliner (Makanan dan Minuman)

Selain bisnis fashion (pakaian), bisnis kuliner juga merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan dan dicari oleh semua orang. Itulah mengapa bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, bahkan disebut sebagai bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu alias tidak akan mati. Dalam dunia bisnis kuliner, Anda juga dapat memilih segmen yang mau ditekuni. Misalnya bisnis makanan pokok (makanan khas daerah dan lain-lain), makanan ringan (camilan) ataupun minuman segar. Untuk memilih segmen mana yang cocok untuk Anda tekuni, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu mulai dari jenis makanan, lokasi usaha, ataupun target pemasarannya. Sama halnya dengan bisnis fashion, kuliner juga menjadi bisnis yang memiliki prospek masa depan bagus dan menguntungkan lho.

  1. Bidang Agrobisnis

Agrobisnis juga termasuk kedalam bisnis yang memiliki prospek masa depan bagus dan menguntungkan. Apalagi, sekarang ini sudah banyak yang menyadari bahwa hidup sehat adalah suatu kebutuhan yang penting. Selain itu, Indonesia sendiri terkenal dengan kekayaan alam yang dimilikinya bukan? Baik itu buah-buahan, sayur-sayuran, rempah-rempah dan masih banyak lagi. Ada juga bidang peternakan yang sangat potensial untuk digeluti seperti ikan, daging dan lain sebagainya. Nah, cukup dengan alasan inilah bisnis agrobisnis menjadi sangat menguntungkan.

  1. Bidang Otomotif

Jika kita melihat perkembangan otomotif di Indonesia saat ini, tentunya mengalami kemajuan yang pesat bukan? Hal ini, dapat Anda lihat dari banyaknya kendaraan seperti mobil dan motor yang semakin meningkat. Nah, melihat perkembangan otomotif yang signifikan ini maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis di bidang otomotif. Caranya, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa cuci motor atau mobil, bengkel, toko spart part dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin mulai membukanya, tentu saja harus kreatif dalam memanfaatkan kendaraan yang ada. Sehingga, Anda akan melihat banyaknya peluang bisnis di sana.

  1. Bidang Teknologi Internet

Sekarang ini, banyak orang menggunakan internet sebagai peluang bisnis. Bukan hanya untuk mencari informasi saja, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi sekarang sudah bermunculan startup di Indonesia, yaitu bisnis internet yang khusus dibangun untuk bisnis jangka panjang. Dengan berbisnis teknologi internet, berati Anda telah memilih peluang usaha yang prospeknya bagus dan menguntungkan.

Demikian ulasan tentang 5 bidang bisnis UKM yang memiliki prospek masa depan bagus dan cukup menjanjikan dengan mendatangkan keuntungan untuk saat ini ataupun dimasa-masa yang akan datang. Ke-5 bidang bisnis UKM di atas hanyalah beberapa dari sekian banyaknya bisnis UKM yang menguntungkan. Asalkan Anda pandai dalam membaca setiap peluang, maka bukan hal yang tidak mungkin kesuksesan akan menghampiri Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top