Tips

Bisnis Batik Sedang Bersaing Ketat, Ini yang Harus Anda Lakukan

bisnis-batik

Batik saat ini memang tak lagi bisa dianggap sebelah mata. Sebab seni lukis yang diaplikasikan ke kain khas Indonesia ini terus mengalami peningkatan nilai. Sejak batik sebagai diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 membuat karya leluhur nusantara tersebut semakin diminati dan digemari masyarakat. Dari antusias masyarakat pada batik, kemudian banyak orang atau pihak yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan batik. Dari sinilah kemudian muncul persaingan usaha atau bisnis dibidang batik yang semakin hari semakin ketat. Sebagai pengusaha sejati, Anda yang sedang menjalankan usaha dibidang batik tak perlu panik menghadapi persaingan tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada berikut ini Anda akan lebih mudah untuk mengatasi persaingan yang ada.

  1. Jadikan Brand Produk yang Kuat

Pertama, hal yang harus Anda usahakan agar dapat mengatasi persaiangan bisnis dibidang batik ini adalah dengan menciptakan brand usaha yang kuat dan populer. Brand memang sesuatu yang bisa membuat konsumen yakin untuk membeli produk batik Anda. Lihat saja beberapa brand batik ternama sekarang seperti Danar Hadi, Batik Keris, Batik Semar, Alleira, dan Parang Kencana. Mendengar nama brand batik tersebut, konsumen sudah akan percaya dengan kualitasnya. Maka dari itu Anda yang ingin sukses dan memenangkan persaingan bisnis batik harus bisa menjadikan brand Anda populer. Langkah menciptakan brand yang kuat dan populer bisa Anda mulai dengan membuat nama merk yang mudah diingat. Jangan lupa juga hadirkan produk yang bermutu dan berkualitas agar dapat menyakinkan konsumen. Setelah itu lakukan strategi promosi yang gencar untuk memperkenalkan brand batik Anda di masyarakat. Jika brand batik Anda sudah mencapai tahap dikenal dan populer di masyarakat, maka tugas Anda selanjutnya adalah menjaga citra dan image brand tersebut.

  1. Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat Anda tak bisa berdiam diri. Anda harus memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk menumbuhkan bisnis batik dan memenangkan persaingan. Pemanfaatan teknologi untuk memenangkan persaingan bisnis batik ini beragam caranya. Salah satu caranya adalah Anda bisa memanfaatkan penggunaan website atau media sosial. Besarnya pengguna internet, termasuk media sosial membuat Anda juga harus ikut terjun mengikuti pergerakan konsumen yang semakin besar di dunia online. Jadi buat dan kelola dengan baik beberapa akun media sosial untuk bisnis batik Anda. Lebih baik lagi bila Anda mampu membuat website yang profesional agar konsumen semakin yakin dan percaya dengan kredibilitas batik Anda.

  1. Ciptakan Diferensisasi Produk

Berikutnya, hal yang harus Anda lakukan untuk bisa mengatasi persaiangan bisnis batik ini adalah membuat batik berbeda dari lainnya. Ditengah banyaknya produk batik di pasaran, Anda harus bisa mencari celah dengan menciptakan pembeda. Jadi ciptakan saja model atau corak batik yang jarang atau bahkan tidak pernah dibuat produsen lain. Dengan menciptakan diferensiasi maka batik Anda akan terlihat paling menonjol dan tampil beda. Tapi jangan lupa juga melakukan riset pasar agar diferensisasi yang Anda ciptakan masih sejalan dengan permintaan pasar sehingga batik tetap diminati. Untuk menciptakan diferensisasi sendiri Anda membutuhkan kreativitas. Asah terus kreativitas Anda untuk menciptakan batik yang berbeda dengan mencari inspirasi yang tepat.

  1. Terus Konsisten Berusaha dan Pantang Menyerah

Terakhir, hal yang harus dilakukan untuk dapat mengatasi persaingan pada bisnis batik adalah dengan terus konsisten berusaha dan pantang menyerah. Terkadang orang melupakan hal ini. Padahal kesuksesan dalam bidang apapun, termasuk dalam bisnis batik ini membutuhkan konsitensi usaha yang terus-menerus. Jadi lakukan hal-hal di atas tanpa kenal lelah hingga Anda mampu mengatasi persaingan dan meraih kesuksesan. Dalam perjalanan menjalakan konsistensi usaha bisa jadi akan banyak halangan yang menghadang. Nah menyikapi banyaknya rintangan tersebut, Anda harus pantang menyerah menghadapinya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai pebisnis batik untuk mengatasi persaingan yang ada. Sebagai pengusaha sejati Anda tak perlu takut dengan persaingan, seketat apapun bentuk kompetisinya. Sebab adanya persaingan menandakan bahwa pasar atau permintaan dari masyarakat masih ada. Anda tinggal berusaha saja bagaimana bisa mengatasi persaingan yang ada dengan menerapkan beberapa hal di atas.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top