StartUp dan UKM

Crowde, Jadi Platform Andalan Para Petani

Pertanian masih menjadi lahan bisnis yang cukup tinggi di Indonesia. Terlebih dengan tanahnya yang subur membuat pekerjaan sebagai petani dapat anda temukan dengan mudah diberbagai daerah nusantara. Tak ada salahnya menjadi seorang petani biarpun anda memiliki gelar sarjana. Banyak ditemukan petani yang berhasil dan sukses dari hasil pertanian yang ditanamnya.  Kelebihan dari pekerjaan sebagai petani ialah jam kerja yang tidak ketat karena bisa anda atur sendiri.  Hasil panennya juga tak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen anda saja namun juga diri sendiri. kekurangan dari pekerjaan ini ialah masih banyaknya petani yang mengaku kesulitan dalam memperoleh modal berupa uang.

Crowde Bisa Jadi Solusi Pedanaan Para Petani

Tak hanya perusahaan model startup saja yang bisa menghimpun dana via online karena kini bisnis pertanian juga bisa melakukannya. Melalui aplikasi Crowde para petani dapat meminta dana dari investor secara langsung via online. Crowde sendiri berdiri pada tahun 2015 silam yang didirikan oleh Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis. Crowde sendiri kini bermitra lebih dari 300 komunitas petani yang sudah memiliki pengalaman dan terpercaya. crowde menjadi platform untuk mempertemukan antara investor dengan pihak petani secara langsung.

Keunggulan Crowde

Keunggulan dari platform ini juga banyak dan mampu memberikan transaksi yang aman dan terpercaya. beberapa kelebihan dari platform ini juga bisa anda temukan dibawah ini :

  • Siapapun Bisa Menjadi Investor

untuk menjadi investor di crowde tak perlu syarat yang sulit cukup mendaftarkan diri sebagai anggota. Keanggotaannya juga tidak dikenai biaya dan pendanaan bisa dimulai dengan nominal paling rendah yakni Rp.10.000.

  • Nominal Pendanaan Yang Tak terbatas

Keunggulan lainnya dari platform ini ialah tidak terbatasnya jumlah investasi yang dibutuhkan petani. Hanya saja untuk modal minimal ditetapkan sebesar Rp.50.000.

  • Memberikan Proyeksi Keuntungan Secara Jelas

Keunggulan lainnya ialah anda bisa mendapatkan proyeksi keuntungan secara langsung sebelum berinvestasi. Perhitungan ini sangat penting bagi investor untuk mengetahui berapa profit yang diterimanya jika proyek pertanian berjalan lancar.

  • Bisa Dijadikan Alat Pengawasan Atas Kinerja Petani

Keunggulan lainnya dari crowde ialah mampu dijadikan alat pengawasan untuk kinerja petani. Setiap modal yang digelontorkan akan ditransfer sesuai modal yang diminta. Selain itu perkembangan atas proyek akan dilaporkan kepada investor melalui dashboard permodalan.

  • Memiliki Periode Waktu Yang Jelas

Crowde juga memiliki periode waktu yang jelas. Ketika proyek diposting dalam laman crowde petani harus mengisi kapan proyek ini berakhir.

  • Keuntungan Menjanjikan dan Resiko Kecil

Keuntungan yang ditawarkan kepada investor juga tergantung berapa besar dana yang diinvestasikan. Biarpun begitu resiko dari pendanaan juga kecil jika tidak mendapoatkan keuntungan dana yang  anda pinjamkan pasti akan dikembalikan.

Cara Kerja Crowde

Untuk cara kerja crowde sendiri terdapat empat langkah yang perlu diperhatikan. Langkah-langkah tersebut dimula dengan mendaftarkan dirimu menjadi anggota crowde. Anda bisa memilih menjadi pihak petani ataupun investor. Isilah informasi tentang dirimu sebenar-benarnya dan lengkapi contact person yang  bisa dihubungi. Selanjutnya untuk pihak petani akan diminta mengisi daftar proyek yang ingin diposting. Anda akan dimintai foto, berapa keuntungan yang ditawarkan untuk investor, berapa lama proyek berlangsung hingga peluang bisnis atas proyek pertanian yang ditawarkan. Bagi investor anda tinggal memilih proyek yang ingin diinvestasikan, mentransfer uang dan memantau perkembangan proyek. Crowde sendiri juga pernah memenangkan kompetisi startup dan mendapatkan pendanaan dari pihak asing.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top