Bisnis Online

Dunia Internet Marketing

Internet marketing atau bisnis online adalah kegiatan usaha yang dilakukan melakui media internet dengan tujuan memperoleh keuntungan. Apakah kita bisa kaya dari bisnis internet marketing? Ya, kita bisa kaya dari bisnis internet marketing jika kita tahu cara meraihnya dengan benar. Dalam dunia internet marketing, pihak yang berperan melakukan perputaran uang adalah terdiri dari tiga komponen, yaitu: market, vendor, dan affiliate.

Saat ini kamu di posisi mana? Apakah menjadi market, menjadi vendor, atau menjadi affiliate? Atau kamu adalah semuanya? Market adalah tempat berkumpulnya calon pembeli potensial, vendor adalah pihak yang membuat produk/jasa untuk dipromosikan ke affiliate ke market. Sedangkan affiliate adalah makelar yang menjual produk/jasa dari vendor ke market.

Market mendapatkan uang dari transaksi penjualan yang diiklanlan affiliate, vendor mendapatkan uang dari promosi atas penjualan barang/jasa yang dilakukan affiliate, dan affiliate mendapatkan uang berdasarkan komisi yang diberikan vendor. Misalnya : situs sribulancer.com adalah sebuah situs yang menyediakan proyek freelance dan tenaga freelance yang kompeten dan profesional.

Freelancer (vendor) mendapat uang dari proyek freelance yang mereka kerjakan, affiliate (admin sribulancer.com) mendapat uang fee dari hasil mempromosikan jasa freelancer (vendor), sedangkan perusahaan pemberi kerja (market) mendapat uang karena pekerjaan yang didelegasikan kepada freelancer (vendor) berhasil dikerjakan dengan baik dan mengundang transaksi penjualan. Ini adalah win win solution.

Tugas utama market adalah menyediakan pembeli potensial, tugas utama vendor adalah memproduksi barang/jasa, dan tugas utama affiliate adalah mempromosikan barang dan jasa ke para pembeli potensial. Pilihlah salah satu peran tersebut sesuai kemampuan terbaikmu. Ini lebih efektif dan efisien. Sebuah team work yang saling mendukung.. Seandainya kamu ingin menguasai ketiganya, mulailah kariermu dari menjadi market, kemudian menjadi vendor, baru setelah mahir menjadi afiliate.

Market bertugas mendatangkan banyak pengunjung, cara praktisnya adalah dengan membuat website online yang informatif dan menarik minat netizen sebagai calon pembeli potensial, misalnya kamu membuat website berita dan trend, qulila.com, website tersebut menyediakan informasi dan berita yang mampu menyedot pengunjung sebanyak 1.000 viewer per hari atau lebih, cepat atau lambat para affiliate akan datang untuk memasang iklan di websitemu.

Setelah websitemu ramai, dan disukai affiliate, barulah kamu bisa mengambil peran sebagai vendor dengan mengumumkan produk dan jasa kamu kepada pengunjung websitemu dan para affiliate, orang selalu bersemangat mengiklankan produkmu kepada para netizen.
Berikut ini adalah penjelasan detail tentang market, vendor, dan affiliate, yaitu:

Market
Market adalah pasar, tempat berkumpulnya calon pembeli potensial yang ingin membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan. Beberapa contoh website market adalah sebagai berikut:
linkedin.com (sosial media yang berisi para pekerja profesional)
facebook.com (sosial media yang berisi teman-teman kamu di dunia maya)
• kaskus (website berbasis forum jual beli yang berkategori: musik, film, bisnis, dll)
• google (para netizen yang mencari informasi melalui kata kunci)
• iklanbarismax, website iklan baris yang selalu update setiap hari
• WhatApps, aplikasi untuk chating di ponsel pintar
• Black Berry Messenger
• Instagram
• Twiter
• Dan lain sebagainya

Vendor
Vendor adalah produsen yang memproduksi atau membuat barang/jasa, dan mereka menjual produk tersebut di internet. Beberapa contoh vendor adalah sebagai berikut.
• Amazon (toko buku online terbesar di dunia)
• Dermadoctor (website yang menjual produk kecantikan dan konsultasi gratis kepada pengunjung website)
• Bhineka (website yang menjual produk berupa komputer dan aksesorisnya)
• Gramedia (toko buku teresar di Indonesia)
• Dan lain sebagainya.

Affiate
Affiliate adalah perantara / agen/ makelar yang membantu mempromosikan dan menjual produk vendor kepada para pembeli potensial di internet. Affiliate mendapat komisi 10 % -15 % dari harga jual sebuah produk barang atau jasa yang berhasil mereka tawarkan. Affiliate, diberikan web replika yang berisi id, dan user name, untuk kepentingan promosi. Beberapa contoh website yang bergerak di bidang tersebut adalah.
• Clikbank (menjual e-book dan software)
• Neverblue (menjual e-book dan software)
• Bukabuku.com (website toko buku online di Indonesia)
• Blibli.com
• Dan lain sebagainya

Selamat menjalankan peran barumu di dunia internet marketing (bisnis online), salam sukses.

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/p-1246457/?no_redirect

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: