Peluang Usaha

Gaji Bulanan Anda Tidak Cukup? Simak 7 Bisnis Sampingan untuk Karyawan Swasta yang Layak Dijajal dan Pastinya Menguntungkan

Bisnis sampingan, memang sangat berbeda dengan konsep bisnis full time. Salah satu profesi yang cocok untuk menjalankan bisnis sampingan ini adalah karyawan swasta. Namun, profesi karyawan swasta harus benar-benar siap untuk bisa bekerja dalam 2 pekerjaan sekaligus. Mengingat, bahwa seorang pekerja karyawan swasta memiliki keterkaitan terhadap perusahaan atau instansi tempat ia bekerja. Itulah sebabnya, tidak semua bisnis dapat dijalankan oleh karyawan swasta. Hanya ada beberapa pekerjaan yang layak dijajal oleh karyawan, yakni pekerjaan yang memiliki waktu senggang saja. Sebab, dari segi rasio seorang karyawan harus lebih memfokuskan diri pada pekerjaan utamanya. Lalu, bisnis sampingan apa yang layak dijajal untuk karyawan swasta? Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

  1. Bisnis Content Writer

Di era internet sekarang ini, penulis menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan sekalipun Anda kerjakan sebagai bisnis sampingan. Untuk menjalankannya, Anda bisa memanfaatkan waktu senggang selama 2-3 jam untuk menulis artikel. Namun, jangan sampai waktu senggang tersebut mengganggu waktu istirahat dan waktu kerja Anda di kantor. Dengan demikian, pekerjaan sampingan ini benar-benar dapat menjadi sebuah keuntungan bagi Anda baik uang maupun kesehatan tubuh.

  1. Bisnis Makanan

Selain bisnis content writer, bisnis makanan juga merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi, jika Anda memiliki hobi memasak atau membuat kue. Berawal dari hobi ini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai sebuah potensi bisnis sampingan. Caranya cukup mudah, dalam tahap awal ini Anda cukup membuat serta mengkreasikan makanan yang unik dan menarik. Lalu, mempromosikannya dengan cara membuka penawaran kepada tetangga, keluarga atau teman kantor sebagai pembuka pasar pertama usaha Anda. Layani permintaan mereka dalam waktu yang tersedia dan jangan sampai mengganggu aktivitas kerja Anda. Dengan demikian, pekerjaan antara kantor dengan sampingan dapat dilaksanakan dengan baik dan aman.

  1. Bisnis Online Shop

Bisnis sampingan yang layak dijalankan oleh karyawan swasta selanjutnya adalah bisnis online shop. Jika Anda tertarik di dunia bisnis ini, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha online shop dengan model dropshipping. Bisnis ini memang sangat cocok untuk Anda para wanita karir, caranya dengan memanfaatkan jaringan pertemanan dari kalangan yang sama. Maksud dari kata kalangan yang sama di sini adalah orang-orang yang memiliki kecenderungan tinggi terhadap produk-produk online. Dari sini, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk menarik lebih banyak para konsumen.

  1. Bisnis Pulsa Elektrik

Sekarang ini, teknologi sudah semakin maju dan meningkat. Jika Anda ingin berbisnis pulsa, maka Anda dapat memilih pulsa elektrik sebagai tahapan awal. Karena, bisnis menjual pulsa elektrik ini adalah ide bisnis yang sangat menjanjikan. Selain tidak harus berbentuk kartu yang membutuhkan sebuah tempat usaha, namun bisnis pulsa elektrik juga dapat dijalankan melalui smartphone yang Anda miliki saja. Uniknya, prosesnya pun sangat mudah dan barangnya praktis dibawa kemana-mana.

  1. Jasa Cuci Motor

Selain smartphone, motor juga merupakan salah satu barang elektronik yang banyak penggunanya. Dari peluang yang terbuka lebar ini, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan yaitu dengan membuat jasa cuci motor. Dari sisi peralatannya, memang cukup sederhana seperti kompresor, pompa air, shampo motor dan peralatan untuk semir ban motor. Sedangkan dari sisi modal, Anda cukup mengeluarkan modal kurang lebih Rp. 2 juta rupiah untuk bisa membuka jasa cuci motor sederhana. Namun jika Anda ingin membuka jasa cuci motor yang lebih besar dan professional, maka Anda bisa mengeluarkan dana atau modal sebesar Rp. 10 juta rupiah.

  1. Jasa Laundry

Jika Anda ingin membuka jasa laundry, maka hal pertama yang wajib Anda pertimbangkan adalah pasar. Untuk itu, carilah tempat usaha yang letaknya strategis dan ramai seperti dekat kantor, kampus dan tempat ramai lainnya. Dengan memilih lokasi yang ramai dan strategis, maka pendapatan Anda dijamin akan lebih banyak dan menguntungkan.

  1. Bisnis Blog

Terakhir, bisnis sampingan yang layak dijajal oleh karyawan swasta adalah bisnis blog. Bisnis ini dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat menguntungkan, caranya dengan melakukan postingan yang berkualitas. Selain itu, Anda dapat mencobanya dengan menulis postingan yang sesuai tentang pekerjaan Anda. Uniknya, modal yang dapat Anda sediakan untuk bisa memulai blog ini juga sangat minim yakni sekitar Rp 1 juta rupiah.

2 Comments

2 Comments

  1. Kang Jawal

    August 8, 2017 at 8:01 am

    Bisnis jaringan kok gak masuk om Admin…seperti bsinis air kesehatan Milagros yg saya jalankan. Cukup menggunakan media online, prospek bisnisnya bagus, produknyapun sudah direkomendasikan para dokter karena khasiatnya yang RUARRR BIASA. Btw, makasih banyak om Admin, semoga webnya ramai pengunjung. Salam.

    • Uang Online

      August 9, 2017 at 1:03 am

      Bisnis jaringan atau MLM juga bagus untuk dijalankan, asalkan memilih MLM yang resmi terdapat ijin SIUPL dan tergabung di APLI

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: