Keuangan

Gila!Banyak Orang Pakai Kredit Tanpa Anggunan, Untungnya Apa Sih

Dalam kehidupan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Mungkin kita bisa merencanakan, namun tidak dapat menentukan apa yang bisa didapatkan. Kadang hal baik terjadi, namun terkadang hal sebaliknya juga menghadang. Hal ini juga terjadi dalam masalah ekonomi. Masalah ekonomi juga merupakan salah satu hal yang kadang terjadi tidak sesuai dengan keinginan kita. Kadangkala masalah ekonomi datang menghadang ditengah kehidupan kita.

Untuk mengatasi masalah keuangan yang ada banyak hal yang bisa dilakukan. Jika kita kekurangan dana, yang bisa dilakukan adalah menggadaikan barang atau melakukan pinjaman. Namun hal ini tidak semata-mata mudah dilakukan. Sebelum mengajukan pinjaman atau menggadaikan barang kita juga perlu memenuhi syarat yang di ajukan. Syarat-syarat tersebut seperti dokumen-dokumen penting dan juga tidak lupa menyerahkan agunan atau juga yang disebut jaminan.

Biasanya pinjaman bisa diberikan sesuai dengan kemampuan kita membayar dan juga besarnya agunan yang dijaminkan. Jika kita tidak mampu memenuhinya maka bisa jadi pinjaman yang kita ajukan tidak akan disetujui. Jika sudah begini tidak segan ada yang berani meminjam kepada rentenir walaupun bunga yang ditanggung sangat besar dan kadang tidak sesuai.

Akan tetapi, saat ini ada tempat-tempat pinjaman uang yang mana tidak membutuhkan jaminan yang juga dikenal sebagai KTA atau Kredit Tanpa Agunan. KTA merupakan produk unggulan dari bank yang akan memberikan jalan terhadap masalah-masalah keuangan yang ada. KTA dianggap sebagai produk inovatif agar masyarakat dapat menjangkau kredit dengan lebih mudah. Seperti namanya, KTA memiliki keunggulan utama berupa pengajuan kredit tanpa membutuhkan agunan atau jaminan dan beberapa keunggulan lain sebagai berikut.

Praktis

Ketika menerbitkan produk KTA, pihak bank berusaha menawarkan kepercayaaan kepada nasabah agar dapat mengelola pinjaman dengan baik. Pengaju kredit bisa menggunakan dana ini untuk modal kerja dan berbagai kemudahan lainnya. Masayarakt tidak perlu terbebani dengan berbagai agunan seperti yang biasa diajukan seperti BPKB, sertifikat rumah, perhiasan, barang mewah dan lainnya. Hal ini juga menjadi bagian dari promosi bank terhadap produk KTA.

KTA akan memungkinkan pengaju kredit tetap dapat menggunakan barang-barang berharga yang tadinya bisa digunakan untuk jaminan. Misalnya pengkredit memiliki motor yang jika ia mengajukan kredit biasa, maka motor tersebut pasti akan dijadikan jaminan. Namun dengan KTA, motor tersebut tidak perlu dijaminkan dan masih dapat digunakan untuk usaha seperti menjadi tukang ojek yang hasilnya dapat digunakan untuk menyicil angsuran KTA.

Kendati tanpa jaminan, namun pengkredit harus membayar angsuran dengan tepat waktu agar hubungan baik pengkredit dengan bank memiliki hubungan jangka panjang yang baik. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan fasilitas atau bonus ketika mengajukan kredit kembali. Jika kredit yang anda ajukan macet, pihak bank tentu tidak memiliki wewenang untuk menyita aset yang anda miliki. Namun sebagai gantinya, pihak bank akan melaporkan nasabah kepada Bank Indonesia. Bank Indonesia akan memproses dan mengevaluasi, ketika nasabah terbukti memiliki kredit macet yang parah maka nasabah akan masuk dalam daftar hitam kredit bank.

Lebih fleksibel

Keunggulan berupa kefleksibelan KTA adalah yang mana nasabah bisa menggunakan dana kredit untuk keperluan apapun, bahkan yang konsumtif sekalipun. Hanya saja anda disarankan tetap menggunakan pinjaman tersebut dalam batasan yang sudah anda pahami dan jangan sampai menimbulkan kredit macet.

Proses pengajuan yang cepat dan mudah

Jika pada pengajuan kredit umum biasanya akan ada survei, evaluasi aset jaminan dan lainnya. Namun jika anda mengajukan KTA prosedur yang rumit dan panjang ini tidak akan kita alami. Bahkan saat ini lembaga perbankan sudah menyediakan fasilitas online untuk mengisi form KTA yang dapat diunduh dimana saja dan kapan saja.

Proses pencarian dana yang cepat

Selain pengajuan kredit yang mudah, mencairkan dana KTA juga tergolong cepat. Biasanya nasabah hanya membutuhkan waktu 1 minggu hingga dananya dapat digunakan. Hal ini tentu sangat membantu jika nasabah memang akan memggunakan KTA untuk keperluan yang mendesak seperti biaya pengobatan, biaya pendidikan, biaya pernikahan dan keperluan mendesak lainnya.

Keunggulan KTA tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang tengah membutuhkan dana dengan cepat. Kendati KTA tidak membatasi akan digunakan untuk apa dana ketika cair, namun pastikan anda memang benar-benar membutuhkan dana sebelum mengajukan kredit dalam bentuk apapun.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top