Bisnis Online

Hi Pebisnis Online, Sebaiknya Kemas Produkmu Dengan Cara Ini

Dalam bisnis kualitas memang yang utama. Melalui kualitas produk konsumen akan mendapatkan manfaat yang diharapkannya atas produk tersebut. Biarpun begitu jangan sampai anda melupakan packaging. Packaging merupakan proses mengemas barang agar bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan yang baik dan tidak cacat.  Walau kelihatannya sepele namun packaging yang baik selalu ditekankan kepada setiap produsen. Apalagi jika produk yang ditawarkan merupakan produk online. Konsumen tidak hanya mereview dari kualitas produk atau layanan toko online anda saja namun juga kerapian dari packaging produk tersebut. Ada baiknya anda menyimak cara mengemas produk berikut ini agar packaging produk anda mendapatkan review yang baik dari pelanggan.

Kenali Produk Anda

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam proses packaging ialah mengetahui produk anda sendiri. Apakah produk anda ini aman diletakkan dalam wadah berbahan karton atau kardus atau harus mengenakan kotak kayu. Produk yang mudah pecah memiliki perlakuan khusus ketimbang produk lainnya. bagi produk yang berupa makanan cari dahulu apakah produk anda aman bila diletakkan dalam bahan plastik atau sterefeom. Apakah menimbulkan jamur jika menggunakan wadah berbahan tersebut atau tidak.

Jamin Keamanannya

Selanjutnya jamin keamanan produk anda dengan memilih kemasan yang tepat. Apabila produk anda termasuk barang pecah belah gunakan label fragile pada kemasan. Label ini sebagai penanda bahwa barang tersebut rentan pecah sehingga saat membawanyapun tidak sembarangan. Barang tidak ditindih dengan barang lain maupun diletakkan terbalik sehingga tumpah dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan buble wrap agar produk tidak bocor ketika terjadi goncangan.

Pastikan Tidak Ada Ruang Kosong

Saat mengemas barang jangan sampai ada ruang kosong dalam kemasan produk tersebut. Ruang kosong ini riskan membuat produk anda  mengalami benturan atau tabrakan pada dinding kemasan ketika diantar. Untuk memenuhi ruang kosong anda bisa menggunakan styorofoam. Lapisi pula bagian luar kemasan dengan plastik maupun karton agar memberikan keamanan ekstra.

Sertakan Informasi Barang

Tidak lupa sertakan informasi barang pada kemasan. Informasi produk ini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Bila perlu display produk anda sejelas mungkin pada kotak pembungkusnya. Tidak lupa sertakan izin terkait pada kemasan untuk menjamin keamanan produk ini bila dipergunakan. Adanya informasi barang ini juga membuat produk anda mudah dikenali  tanpa harus membuka isinya. Pihak jasa pengiriman juga akan memahami bagaimana memperlakukan produk anda saat diantar.

Keindahan Itu Penting

Selain memperhatikan bahan dan model packaging anda juga butuh memperhatikan keindahan kemasan produk itu sendiri. Kemasan yang indah membuat konsumen merasa istimewa dan lebih dihargai. Faktor  keindahan bisa dimulai dengan menggunakan warna, logo, huruf maupun gambar. Tampilan kemasan yang cantik dan rapi membuat produk terlihat lebih mewah. Selain itu anda juga bisa menambahkan pita maupun menggunakan kertas bermotif untuk membungkus produk yang dipesan.

Pilih Kurir Dengan Layanan Terbaik

Terakhir, pilihlah kurir yang memberikan layanan pengantaran barang terbaik. Pilih kurir yang memiliki reputasi baik dan bertanggung jawab. Tambahkan asuransi untuk memberikan keamanan ekstra atas hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masa depan kepada produk tersebut. Adanya asuransi memberikan anda penggantian barang atau ganti rugi bila barang rusak saat pengantaran seperti jika rusak karena bencana alam. Tidak lupa berikan nomor resi agar konsumen mudah untuk memantau barang yang dipesannya.

Sudah siap mengemas produk dengan baik dan benar dimulai dari sekarang?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top