Peluang Usaha

Ide Makanan Khas Jepang untuk Bisnis Kuliner Anda

Jepang menjadi salah satu negara tujuan favorit bagi wisatawan Indonesia. Tentunya tidak salah jika banyak orang ingin mengambil keuntungan dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mencintai Jepang. Salah satu cara mengambil keuntungan dari kecintaan masyarakat terhadap Jepang di Indonesia adalah dengan membuka bisnis kuliner Jepang. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa makanan khas Jepang cukup digandrungi oleh orang Indonesia.

Dengan membuka bisnis kuliner khas Jepang, setidaknya Anda sudah membuat orang yang belum beruntung untuk mengunjungi Negeri Sakura tetap bisa menikmati enaknya kuliner Jepang. Selain itu, bisnis kuliner Jepang di Indonesia tentu bisa mengobati rasa kangen para pecinta Jepang yang sudah pernah pergi kesana. Nah, kali ini kami akan bagikan beberapa makanan khas Jepang yang bisa Anda jadikan menu dalam bisnis kuliner yang Anda rintis. Apa saja menunya?

  1. Sushi

Siapa sih yang mampu menolak pesona sepiring sushi? Kuliner yang satu ini memang khas Jepang banget dan menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin membuka usaha kuliner dengan menu ini di Indonesia, sebaiknya sediakan pilihan daging mentah dan daging matang. Atau Anda juga bisa menyediakan sushi dengan variasi daging matang saja. Kenapa? Hal ini karena mayoritas masyarakat Indonesia masih belum bisa mengkonsumsi daging mentah. Selain itu, sushi untuk anak-anak di Jepang juga rata-rata merupakan varian matang. Jadi menu ini bisa mencakup pasar orang dewasa dan anak-anak sekaligus.

  1. Okonomiyaki

Kuliner khas Jepang ini, sangat mudah ditemukan dijual di pinggir jalan hingga restoran. Tentunya, menu streetfood yang satu ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk dijual di Indonesia. Sebenarnya beberapa orang Indonesia menganggap okonomiyaki ini mirip dengan bakwan atau martabak di sini. Hanya saja, okonomiyaki Jepang standarnya diisi dengan seafood. Jika okonomiyaki asli Jepang, mungkin beberapa orang Indonesia kurang suka karena teksturnya yang kurang matang. Nah, Anda bisa membuat okonomiyaki dengan kearifan lokal tentunya, agar bisa diterima oleh masyarakat secara umum.

  1. Takoyaki

Streetfood Jepang lain yang disukai oleh wisatawan Indonesia adalah takoyaki. Jajanan berbentuk bola-bola ini biasanya diisi dengan seafood, daging dan lain sebagainya. Untuk menjualnya di Indonesia, tentu Anda bisa memodifikasi isi takoyaki dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak membuat sang takoyaki kehilangan ciri khasnya. Sama dengan okonomiyaki, saus pelengkap pada takoyaki memiliki peran penting dalam rasa lezat streetfood ini.

  1. Mie Ramen

Jika Indonesia punya mie ayam, maka Jepang punya mie ramen. Mie yang satu ini memiliki kuah kaldu yang khas dengan toping beragam. Perbedaan visual antara mie ayam dan mie ramen memang cukup mencolok, karena mayoritas mie ayam di Indonesia hanya diberi topping potongan ayam saja. Mungkin Anda bisa mengkombinasikan bisnis mie di mana menu yang tersedia tidak hanya mie ayam saja, tetapi juga ada mie ramen. Kombinasi keduanya bisa membuat masyarakat merasa penasaran lho.

  1. Matcha

Matcha menjadi salah satu menu yang identik dengan Jepang. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai menu dengan varian matcha di sana. Untuk itu, Anda juga bisa menyediakan beberapa varian menu dari matcha mulai dari es krim, milk shake, cake hingga original matcha yang tersaji sebagai teh untuk bisnis kuliner di Indonesia. Menu-menu ini tentu akan terasa spesial di antara menu-menu biasa di bisnis desert Anda yang lainnya.

Selain kelima menu di atas, beberapa menu lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah dorayaki, karage (ayam goreng Jepang), taiyaki, dango, yakitori hingga yakisoba. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda..

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top