Peluang Usaha

Ingin Jalankan Bisnis Ikan Hias? Coba Terapkan 4 Tips Berikut Ini

bisnis-ikan-hias

Ikan hias saat ini memang tak bisa diremehkan keberadaannya. Dengan besarnya pecinta ikan hias, menjadikan binatang yang satu ini jadi semakin mahal. Bahkan beberapa ikan hias seperti ikan arwana harnya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dari sinilah maka menjadikan ikah hias sebagai peluang usaha pastinya akan sangat menguntungkan. Tapi untuk bisa sukses menjalankan bisnis ikan hias ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Agar bisnis ikan hias yang Anda jalankan terus berada pada track yang tepat, maka Anda sebagai owner harus bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Mengenal Jenis Ikan Hias

Pertama, tips menjalankan bisnis ikan hias adalah dengan mengenal jenis-jenis ikan hias itu sendiri. Sebelum mengetahui jenis ikan hias yang menguntungkan jika dijual, Anda terlebih dahulu harus mengetahui jenis-jenis ikan hias berdasarkan habitatnya. Jadi ikan hias yang bisa dijual ini ada dua macam yakni ikan hias air laut dan air tawar. Dari jenis ikan hias inilah maka Anda tidak bisa sembarangan ketika memeliharanya, karena harus disesuaikan dengan habitat asli di mana ikan hias itu hidup. Dari kedua jenis ikan hias ini, ikan hias air laut adalah yang sulit saat dirawat. Ini karena ikan air laut membutuhkan kadar garam yang sesuai habitat aslinya untuk bisa bertahan hidup. Karena sulitnya perawatan ikan hias air laut inilah maka Anda yang ingin memulai, disarankan untuk memilih ikan hias air tawar. Satu hal lagi yang perlu Anda kenali dari ikan hias adalah sifat atau karakternya. Ini karena ada ikan hias yang bersifat predator yang sudah pasti tidak bisa dijadikan satu akuarium dengan ikan hias lainya. Nah, setelah mengetahui jenis dan karakternya, maka Anda sudah bisa berfokus pada pemilihan ikan hias yang menguntungkan untuk dijual.

  1. Mengetahui Perawatan dan Pemeliharaan Ikan Hias

Salah satu hal yang bisa membuat bisnis ikan hias Anda mengalami kebangkrutan adalah tidak bisa memeliharanya dengan baik. Ketika Anda tidak bisa memelihara ikan hias dengan baik maka sudah pasti binatang ini akan mati dan membuat Anda mengalami kerugian. Dari sini maka Anda yang ingin sukses menjalankan bisnis ikan hias, Anda harus benar-benar memahami cara perawatan atau pemeliharaannya. Sebenarnya perawatan ikan hias ini tidaklah terlalu seulit. Anda sebagai pemiliknya hanya perlu menjaga kondisi akuarium, menjaga air tetap bersih serta tidak terlambat memberikan makanan atau pakan. Jangan lupa juga untuk menjaga suhu air dan kadar oksigen serta menghindari media hidup ikan hias dari senyawa kimia.

  1. Cari dan Jalin Relasi dengan Pemasok Ikan Hias

Untuk bisa mendapatkan ikan hias ini tidaklah mudah. Sebab ikan hias sudah terbilang langka untuk didapati. Maka dari itu agar Anda tetap bisa mendapatkan ikan hias dengan harga yang menguntungkan pastikan untuk mencari peternak atau orang yang memasok ikan hias. Dengan membeli ikan hias dari pemasok maka harga yang bisa Anda dapatkan terbilang murah. Nah dari harga murah inilah Anda bisa menjual ikan hias ke konsumen dengan mengambil keuntungan lebih besar. Setelah menemukan pemasok atau peternak yang tepat, maka pastikan Anda untuk menjalin hubungan atau relasi yang baik dengan mereka. Sebab, dari hubungan yang baik inilah Anda bisa terus menjalankan dan mengembangkan usaha bisnis ikan hias dengan baik.

  1. Pelajari Kompetitor Bisnis Ikan Hias Anda

Terakhir, tips jalankan bisnis ikan hias adalah dengan mempelajari kompetitor. Bisnis ini memang bukan bisnis baru yang berarti saat Anda menjalankannya, di sana ada pesaing atau kompetitor yang harus dihadapi. Dari sini Anda harus siap berkompetisi mendapatkan konsumen. Nah supaya banyak konsumen yang lebih memilih Anda dibanding kompetitor maka Anda harus menjalankan trik yakni mempelajari kompetitor. Dengan mempelajari kompetitor maka Anda akan mendapatkan gambaran untuk merancang strategi bisnis yang tepat.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjalankan bisnis ikan hias. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, usahakan Anda untuk menerapkan tips-tips tadi dengan sungguh-sungguh dan juga konsisten. Ini karena hanya dengan kesungguhan dan konsistensi lah sebuah usaha akan bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top