Peluang Usaha

Ingin Jalankan Bisnis Sembako? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kelemahannya!

bisnis-warung-sembako

Bisnis sembako merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati seseorang. Banyaknya warung sembako yang bisa didapati disetiap daerah, menjadi bukti bahwa bisnis ini begitu sangat diminati. Meski demikian, bagi Anda yang berencana ingin juga membuka bisnis sembako ini, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar Anda bisa lebih bijak. Salah satunya adalah kelebihan dan kekurangan yang ada pada bisnis ini. Nah berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis sembako tersebut.

Kelebihan Bisnis Sembako

Untuk kelebihan atau keutamaan bisnis warung sembako ini antara lain :

  1. Modal kecil

Kelebihan pertama membuka bisnis sembako adalah modal yang tidak terlalu besar untuk memulainya. Untuk memulai bisnis ini Anda memang tak perlu menyewa ruko besar. Sebab dengan menggunakan bagian depan rumah, Anda sudah bisa menjalankannya. Untuk barang dagangannya juga tak terlalu membutuhkan modal besar, tinggal Anda sesuaikan saja dengan anggaran yang ada.

  1. Selalu ada pembeli

Namanya produk yang dibutuhkan sehari-hari, maka bisnis sembako Anda akan selalu mendatangkan pembeli. Apalagi bila lokasi warung sembako Anda berada di tempat strategis, maka akan semakin besar peluang Anda mendapatkan pembeli.

  1. Bisa Beli Eceran

Berikutnya, kelebihan berbisnis dan membuka warung sembako adalah adanya peluang untuk beli eceran. Bila konsumen membeli sembako di tingkat distributor atau di supermarket, memang mereka tidak bisa membeli secara eceran. Tentu dari sini pembeli yang memiliki penghasilan rendah akan kesulitan ketika akan melakukan pembelian di supermarket. Tapi bila mereka melakukan pembelian di warung-warung sembako di tempat Anda maka konsumen akan senang karena bisa membelinya secara eceran.

  1. Bisa menentukan harga sendiri

Saat Anda membuka bisnis atau warung sembako maka Anda juga punya sebuah keuntungan atau kelebihan menentukan harga sendiri. Tentu hal ini suatu nilai plus bagi pengusaha bila dibanding dengan menjalankan kemitraan atau waralaba yang harganya dipatok oleh sang pemilik brand. Meskipun Anda memiliki kebebasan untuk menentukan harga sendiri, namun usahakan untuk tidak sembarangan mematok harga. Anda harus menyesuaikan dengan harga pasaran agar bisnis Anda tetap bisa bersaing.

Kelemahan Bisnis Sembako

Sementara itu untuk kelemahan atau kekurangan bisnis sembako antara lain :

  1. Keuntungannya tidak terlalu besar

Pertama, kelemahan membuka bisnis sembako yaitu keuntungannya tidak terlalu besar. Berbisnis sembako dengan konsep warung memang membuat Anda harus bisa mendapatkan banyak pembeli atau penjualan yang besar untuk dapat merasakan omset dan profit yang tinggi. Seorang pebisnis warung sembako memang hanya dapat menaikkan harga sedikit untuk keuntungannya. Ini karena bila harganya Anda naikkan terlalu tinggi, maka konsumen bisa saja berpindah ke warung sembako lainnya. Selain itu penetapan sedikit laba memang sudah sesuai dengan kelas target pasar Anda yang memang merupakan kalangan menengah ke bawah.

  1. Harga barangnya naik turun

Sembako memang merupakan kebutuhan yang memiliki harga tidak stabil. Nah dari sinilah Anda yang berencana membuka warung sembako harus bersiap dengan naik-turunnya barang di pasaran. Dari sini maka saat konsumen datang, Anda harus pandai memberikan penjelasan ketika harga naik agar mereka tidak lantas meninggalkan Anda gara-gara ketidaktahuan mereka akan kenaikan harga pasar.

  1. Banyak pesaing

Terakhir, kelemahan atau kekurangan dari bisnis warung sembako adalah banyaknya pesaing. Warung sembako memang bisa kita jumpai dibanyak tempat. Bahkan di gang-gang kecil pun, tak luput dari keberadaan warung sembako. Nah dari banyaknya orang yang membuka warung sembako maka Anda harus bersiap dengan tingkat persaingan yang tinggi saat menjalankan bisnis ini. Meski persaingan merupakan wujud sehatnya sebuah bisnis, tapi jika persaingan ini terlampau sengit karena banyak orang yang menjalankan, Anda bisa saja dibuat pusing. Apalagi bila tidak mampu mengatasi persaingan, maka bisnis sembako Anda bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan yang ada pada bisnis sembako. Dari adanya kelebihan dan kelemahan ini maka Anda yang berencana akan membuka bisnis sembako, harus jeli untuk menetapkan hal-hal termasuk strategi bisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top