Peluang Usaha

Ingin Menjadi Seorang Guru? Yuk, Perhatikan Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan Terlebih Dahulu!

Setiap manusia, pada dasarnya adalah seorang pendidik atau pelajar antara satu dengan yang lainnya. Anda mungkin merupakan seorang guru baru atau memiliki cita-cita menjadi seorang guru? Untuk menjadi seorang guru, tentu tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun, bagi sebagian orang mungkin menganggap profesi ini cukup mudah untuk digapainya. Bagi Anda seorang guru baru, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan saat sedang menyampaikan materi atau pelajaran kepada muridnya. Karena, materi yang disampaikan haruslah benar dan bisa dipahami oleh muridnya. Selain itu, menjadi guru tentu harus memiliki kesadaran terhadap tanggung jawab sebagai pengajar yang bisa mencerdaskan peserta didiknya dengan baik. Lalu, apa saja hal yang harus dipersiapkan agar Anda bisa dikatakan sebagai guru yang baik dan professional? Berikut ulasan yang bisa dipraktekkan ke dalam kehidupan Anda saat menjalani profesi sebagai guru baru.

  1. Kuasai Materi dengan Baik Sebelum Mengajar Peserta Didik

Pertama, hal yang harus Anda lakukan saat menjalani profesi sebagai guru baru adalah menguasai materi pelajaran. Bagaimana tidak? Seorang guru wajib menguasai materi pelajarannya dengan baik, karena guru merupakan salah satu sumber belajar para siswa dimana mereka akan mendapatkan ilmu dari Anda. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk lebih banyak membaca berbagai sumber pelajaran baik dari buku atau media lainnya. Sehingga, pengembangan ilmu para murid pun tidak terbatas pada buku pelajaran mereka saja. Jangan lupa, persiapkan juga mental Anda dalam menghadapi para pelajar yang sekarang ini mungkin akan lebih kritis daripada pelajar zaman terdahulu.

  1. Pilihlah Metode Pembelajaran yang Baik dan Tepat

Di era globalisasi sekarang ini, kita harus menyadari bahwa zaman semakin maju dan berkembang. Sekarang ini bukan lagi zamannya teacher center, melainkan student center. Dimana para siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, sedangkan tugas guru di sini adalah sebagai fasilitator atau mediator dan controler. Melihat hal ini, maka Anda sebagai guru harus memiliki metode yang tepat dalam menyampaikan materi atau pelajaran agar ilmu tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan maksimal.

  1. Perhatikan KD, SK dan Indikator Sesuai dengan Karakteristik Siswanya

Memperhatikan sk,kd dan indikator yang sesuai dengan karakteristik siswa juga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan agar pembelajaran dapat dilakukan dengan maksimal. Pasalnya, orang yang akan lebih mengetahui bagaimana karakteristik siswa adalah guru. Maka dari itu, guru diberi keleluasaan dalam mengembangkan indikator yang kemudian dituangkan ke dalam RPP. Jadi, kembangkanlah RPP tersebut sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui karakteristik siswa, yaitu dengan mempelajari berbagai teori psikologi dan menerapkannya kepada para siswa supaya Anda bisa lebih mengetahui kemampuan pribadinya.

  1. Sampaikan Materi Pembelajaran dengan Menggunakan Bahasa yang Mudah

Berikutnya, hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru saat mengajar adalah menyampaikan sesuatu yang sulit dipahami menjadi mudah dipahami oleh para siswanya dengan berbagai penjelasan yang disertai contoh. Seorang guru perlu menjelaskan materi dengan disertai contoh, karena jika ada murid yang tidak mengerti apa yang Anda jelaskan maka diharapkan mereka jadi mengerti dari contoh yang Anda berikan. Ingat, gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh siswa. Sekalipun Anda menggunakan bahasa yang sulit, maka sebaiknya jelaskan terlebih dahulu apa maksudnya. Dengan demikian, para siswa akan memahaminya dengan baik.

  1. Gunakan Media dengan Semenarik Mungkin

Jika cara mengajar Anda menggunakan media yang menarik, ketahuilah hal ini akan membuat mereka jadi lebih fokus belajar. Maka dari itu, hindarilah penggunaan media yang monoton atau kurang menarik. Saat mengajar, Anda juga bisa sesekali memberikan motivasi  yang membangun dan penguatan kepada siswa agar mereka semakin giat untuk belajar.

  1. Kaitkan Materi yang Akan Disampaikan dengan Berbagai Macam Perspektif yang Sesuai

Hal terakhir agar materi yang disampaikan lebih luas dan mendalam, seorang guru harus mengintegrasikan materi dengan berbagai macam perspektif seperti sejarah, sosial, normatif, budaya dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan materi dengan pelajaran tertentu. Misalnya pelajaran geografi, mengenai barang tambang dengan ayat Al-Qur’an yang isinya tentang larangan berbuat kerusakan di muka bumi. Dengan begitu, mereka akan berfikir dan dapat menerima hikmah dari pelajaran yang telah disampaikan tadi.

Itu dia beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum atau saat menjalani profesi sebagai guru. Sebenarnya, masih banyak hal yang harus dipersiapkan oleh para guru untuk menghadapi siswanya. Terlepas dari semua itu, sebagai seorang guru tentu harus memupuk tanggung jawab dan keprofessionalitasan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top